Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Oksitosin – Onset)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Oksitosin – Onset) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Obstructive Sleep Apnea – Oksigen). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Oksitosin - Onset)

– Pengertian Oksitosin
Definisi Oksitosin adalah
hormon yang disekresi oleh kelenjar hipofisis yang menyebabkan kontraksi rahim. Sintetik oksitosin (Pitocin) dapat diberikan untuk menginduksi persalinan.

– Pengertian Olekranon
Definisi Olekranon
digunakan untuk menggambarkan siku. Siku adalah sendi putar yang memungkinkan lengan kita bebas bergerak.

– Pengertian Oligoastenospermia
Definisi Oligoastenospermia adalah
kondisi di mana jumlah sperma abnormal rendah (oligospermia) dengan motilitas sperma yang buruk (astenospermia).

– Pengertian Oligodendrosit
Definisi Oligodendrosit (oligodendrocyte) adalah
sebuah sel pendukung yang menyediakan isolasi bagi sel-sel saraf dengan membentuk selubung mielin di sekitar akson.

– Pengertian Oligohidramnion
Definisi Oligohidramnion adalah
kondisi di mana cairan ketuban terlalu sedikit, yang didefinisikan sebagai indeks cairan amnion (AFI) di bawah persentil 5. Volume cairan ketuban meningkat selama masa kehamilan, dengan volume sekitar 30 ml pada 10 minggu kehamilan dan puncaknya sekitar 1 L di 34-36 minggu kehamilan.
Oligohidramnion biasanya dikaitkan dengan salah satu kondisi berikut:
> Pecahnya membran ketuban.
> Masalah kongenital tidak adanya jaringan ginjal fungsional atau uropati obstruktif seperti kondisi yang mencegah pembentukan urin atau masuknya urin ke dalam kantung ketuban dan malformasi saluran kemih janin.
> Penurunan perfusi ginjal yang menyebabkan produksi urin berkurang.
> Kehamilan post-term
> Oligohidramnion adalah komplikasi pada sekitar 4,5% dari seluruh kehamilan, dan oligohidramnion berat adalah komplikasi pada 0,7% dari kehamilan.

– Pengertian Oligopoten
Definisi Oligopoten adalah
tingkat diferensiasi yang kurang dari multipoten dan menggambarkan sel-sel progenitor yang mampu membentuk sejumlah kecil jenis sel berbeda.

– Pengertian Oligospermia
Definisi Oligospermia
didefinisikan sebagai jumlah sperma dalam ejakulasi kurang dari 20 juta sperma per mililiter. Jumlah sperma normal adalah 20 juta / mililiter sampai 120 juta / mililiter.

– Pengertian Oliguria
Definisi Oliguria adalah
produksi urin sedikit, biasanya kurang dari 400 ml / hari pada orang dewasa, dan dapat menjadi salah satu tanda awal dari gagal ginjal dan masalah urologi lainnya atau penyumbatan di dalam saluran kemih. Kondisi ini dapat diobati dengan diagnosis yang tepat dan pengobatan. Oliguria dapat menjadi prekursor untuk Anuria, yaitu tidak adanya produksi urin atau urin sangat sedikit.

– Pengertian Onikomikosis
Definisi Onikomikosis adalah
infeksi jamur pada kuku jari atau jari kaki. Kondisi ini bisa sangat sulit disembuhkan. Seringkali seseorang memiliki kaki atlet (tinea pedis) untuk waktu yang lama sebelum mengembangkan onikomikosis. Kadang-kadang trauma atau kerusakan pada paku predisposes untuk pengembangan onikomikosis.

– Pengertian Onikoskizia
Definisi Onikoskizia (onychoschizia) atau pemisahan kuku adalah
salah satu masalah paling umum dalam kunjungan ke dokter kulit. Istilah ini mencakup onikoskizia membelah, lemah, kuku yang lembek atau tipis dan kuku bergelombang. Onikoskizia lebih sering terjadi pada wanita. Pembasahan dan pengeringan kuku berulang dan berkepanjangan adalah penyebab tunggal paling umum perpecahan dan gelombang di kuku. Pemisahan kuku jarang disebabkan oleh penyakit internal atau kekurangan vitamin.

– Pengertian Onkogen
Definisi Onkogen adalah
gen dalam virus yang mampu menghasilkan perubahan ganas pada sel yang terinfeksi; beberapa telah diidentifikasi dalam jaringan manusia sebagai potensi penyebab kanker. Para peneliti sedang berusaha untuk mengisolasi anti-onkogen yang menekan tumor dan dapat digunakan dalam pengobatan kanker. Onkogen tertentu mungkin berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan normal, namun jika mengalami mutasi dapat menyebabkan sel-sel untuk tumbuh terlalu cepat dan membentuk tumor.

– Pengertian Onkolog
Definisi Onkolog atau ahli kanker adalah
dokter spesialis dengan pelatihan khusus dalam diagnosis dan pengobatan kanker. Beberapa ahli kanker mengkhususkan diri pada sub-spesialisasi tertentu pengobatan kanker. Sebagai contoh, seorang ahli radiasi onkologi mengkhususkan diri dalam pengobatan kanker dengan radiasi (radioterapi).

– Pengertian Onkologi
Definisi Onkologi adalah
spesialisasi medis yang berkenaan dengan studi dan praktek pengobatan kanker atau tumor. Istilah ini berasal dari kata Yunani “onkos” yang berarti “massal atau massa”, dan akhiran -logi yang berarti “studi tentang”.. Onkologi merupakan disiplin yang sangat penting dalam bidang perawatan kanker, dan seringkali dibagi ke dalam klasifikasi onkologi medis, onkologi bedah dan onkologi radiasi.

– Pengertian Onlay
Definisi Onlay 
mirip dengan mahkota gigi, tetapi membutuhkan lebih sedikit pemangkasan gigi.Onlay diberikan ketika komposit tidak memadai untuk merestorasi gigi. Meskipun tidak mutlak diperlukan, onlay biasanya menutupi seluruh permukaan gigit gigi. Sebelumnya,onlay hanya dibuat dalam bentuk emas. Kini onlay juga bisa dari porselin yang estetis.

– Pengertian Onset
Definisi Onset adalah
penampilan pertama dari tanda-tanda atau gejala suatu penyakit.

To top