Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Neuron – Neutropenia)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Neuron – Neutropenia) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Neuralgia – Neuroma Akustik). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Neuron - Neutropenia)

– Pengertian Neuron
Definisi Neuron (jaras) adalah
jenis tertentu dari sel yang khusus untuk menyimpan dan mengirimkan informasi. Neuron ditemukan dalam otak, batang otak dan sumsum tulang belakang serta sel-sel saraf yang mengirimkan informasi ke otot dan mengirim kembali informasi sensorik (misalnya rangsangan sentuhan). Neuron melepaskan bahan kimia yang disebut neurotransmiter ke dalam celah kecil yang disebut sinaps. Neuron lainnya menerima bahan kimia ini dan aktivitas mereka mungkin diubah. Neuron sangat bervariasi dalam ukuran, bentuk dan jenis neurotransmiter yang dirilis. Sebagian besar neuron memiliki tiga komponen: badan sel, akson dan dendrit. Ada sekitar 10 miliar dan 100 miliar neuron di otak; setiap neuron dapat terhubung dengan sekitar 1000 lainnya. Mekanisme dasar dari belajar diyakini berupa perubahan pada sambungan atau kekuatan hubungan antar neuron.

– Pengertian Neuropati
Definisi Neuropati adalah
masalah saraf yang menyebabkan nyeri, mati rasa, kesemutan, pembengkakan, atau kelemahan otot pada bagian tubuh yang berbeda. Hal ini biasanya dimulai di tangan atau kaki dan memburuk dari waktu ke waktu. Neuropati mungkin dapat disebabkan oleh cedera fisik, infeksi, zat beracun, penyakit (seperti kanker, diabetes, gagal ginjal, atau malnutrisi), atau obat-obatan, termasuk obat antikanker. Juga disebut neuropati perifer.

– Pengertian Neuropati Jebakan
Definisi Neuropati jebakan (entrapment neuropathy) adalah
kondisi di mana saraf terperangkap di sebuah situs anatomis atau fisiologis yang dihasilkan secara abnormal. Sering disebut sebagai “saraf terjepit”.

– Pengertian Neuropati Otonom
Definisi Neuropati otonom adalah 
jenis neuropati yang mempengaruhi paru-paru, jantung, lambung, usus, kandung kemih, atau alat kelamin.

– Pengertian Neuropatologi
Definisi Neuropatologi adalah
sebuah subspesialisasi patologi yang berhubungan dengan penyakit otak, sumsum tulang belakang, saraf perifer dan otot.

– Pengertian Neurosains
Definisi Neurosains (neuroscience) adalah
studi tentang sistem saraf, termasuk penglihatan, pendengaran, penciuman, dan kontrol gerakan dan perilaku lainnya.

– Pengertian Neurosis
Definisi Neurosis adalah
gangguan emosional relatif ringan (seperti depresi ringan dan fobia).

– Pengertian Neurotmesis
Definisi Neurotmesis adalah
cedera kelas V di mana ada gangguan saraf lengkap menyebabkan kematian akson distal dan degenerasi mielin wallerian.

– Pengertian Neurotoksik
Definisi Neurotoksik adalah
zat beracun pada jaringan saraf.

– Pengertian Neurotransmiter
Definisi Neurotransmiter adalah
salah satu dari kelas zat kimia yang membawa pesan antar neuron. Biasanya, neuron pengirim melepaskan sejumlah kecil neurotransmiter, yang mengaktifkan reseptor pada neuron penerima. Aktivasi reseptor kemudian memulai serangkaian perubahan kimia di neuron penerima, dan jika cukup reseptor yang diaktifkan, neuron penerima mungkin menjadi aktif dan mengirim pesan bersama. Berbagai jenis neurotransmiter telah diidentifikasi, termasuk asetilkolin, dopamin, serotonin, dan norepinefrin. Biasanya, reseptor saraf khusus hanya menanggapi satu jenis neurotransmiter. Hal ini memungkinkan untuk spesialisasi tingkat tinggi dalam pengiriman pesan antara neuron: satu neuron dapat merespon kuat terhadap neurotransmiter tertentu sementara tetangganya mungkin relatif tidak sensitif. Ketidakseimbangan neurotransmitter terlibat dalam beberapa penyakit seperti penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson, dan berbagai penyakit kejiwaan seperti skizofrenia dan depresi. Banyak obat bekerja dengan mengubah tingkat neurotransmitter tertentu dalam otak.

– Pengertian Neurotropik
Definisi Neurotropik
berarti dapat memengaruhi atau menyerang jaringan saraf. Virus neurotropik dapat menimbulkan gangguan fungsi saraf, vitamin neurotropik dapat memperbaiki dan melancarkan fungsi saraf, dll. Istilah lain yang terkait dengan neurotropik adalah neuroinvasif dan neurovirulen.

– Pengertian Neurovirulen
Definisi Neurovirulen adalah
virus yang mampu menyebabkan penyakit dalam sistem saraf. Contoh virus neurovirulen adalah herpes simplex virus.

– Pengertian Neutrofil
Definisi Neutrofil adalah
satu jenis sel darah putih, khususnya yang berbentuk granulosit, yang berisi pewarnaan butiran netral, kantung-kantung kecil enzim yang membantu sel untuk membunuh dan mencerna mikroorganisme setelah ditelan oleh fagositosis. Neutrofil matang memiliki nukleus tersegmentasi (disebut segmen atau poli) sedangkan neutrofil imatur memiliki nukleus berbentuk pita (disebut band). Neutrofil memiliki umur sekitar 3 hari.

– Pengertian Neutrofilia
Definisi Neutrofilia adalah
peningkatan proporsi neutrofil dalam darah atau jaringan, yang merupakan temuan umum pada infeksi bakteri akut; juga sering dianggap sinonim dengan leukositosis, karena yang terakhir ini umumnya akibat dari peningkatan jumlah granulosit neutrofilik dalam darah yang beredar (atau jaringan, atau keduanya).

– Pengertian Neutropenia
Definisi Neutropenia adalah
penurunan proporsi neutrofil, dapat dilihat pada infeksi virus dan setelah radioterapi dan kemoterapi. Neutropenia menurunkan tingkat kekebalan terhadap infeksi bakteri dan jamur.


Comments are closed.