Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Neuralgia – Neuroma Akustik)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Neuralgia – Neuroma Akustik) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Nematoda – Nervus Optikus). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Neuralgia - Neuroma Akustik)

– Pengertian Neuralgia
Definisi Neuralgia adalah
serangan tiba-tiba dan berulang dari kejang dan nyeri, berdurasi pendek, dan mengikuti distribusi serabut saraf.

– Pengertian Neuralgia Trigeminal
Definisi Neuralgia trigeminal (NT) adalah
neuralgia pada saraf trigeminal (saraf kranial kelima) yang bertanggung jawab untuk sensasi di wajah Anda. Kondisi ini ditandai dengan rasa nyeri hebat, mati rasa ekstrim, atau terbakar pada bagian wajah, mungkin saat menggosok gigi atau bercukur. Setiap getaran di wajah Anda, bahkan hanya berbicara, dapat mengaktifkannya. Kondisi ini dapat datang dan pergi, menghilang selama beberapa hari atau bulan. Semakin lama Anda memilikinya, semakin kerap kehadirannya. Penyebab NT mungkin pembuluh darah yang menekan saraf trigeminal. Tumor dan sklerosis multipel (multiple sclerosis) juga dapat menyebabkan NT, tetapi dalam beberapa kasus penyebabnya tidak diketahui. NT biasanya menyerang orang di atas 50, khususnya perempuan.

– Pengertian Neurektomi
Definisi Neurektomi adalah
bedah penghapusan sebagian atau seluruh bagian sebuah saraf.

– Pengertian Neuritis Optik
Definisi Neuritis optik (optic neuritis) adalah
peradangan saraf optik dan kerusakan selubung mielin yang mengelilinginya (proses yang dikenal sebagai demielinisasi). Kondisi ini biasanya terjadi pada satu mata dan menyebabkan kehilangan penglihatan yang cepat dan progresif, tetapi hanya sementara.

– Pengertian Neuritis Retrobulbar
Definisi Neuritis retrobulbar adalah
kerusakan yang terjadi pada bagian saraf optik yang terletak di belakang bola mata, paling sering dikaitkan dengan multiple sclerosis.

– Pengertian Neuro Linguistic Programming
Definisi Neuro Linguistic Programming (NLP) adalah
teknik modifikasi perilaku atau psikologi kinerja kuasi-spiritual dengan menggunakan pemodelan/peniruan (yaitu, meniru perilaku berprestasi tinggi). Richard Bandler dan John Grinder pada awalnya dirumuskan NLP pada tahun 1975, yang konon berhasil dengan gemilang menduplikasi beberapa komunikator dan terapis papan atas. (Termasuk Milton H. Erickson, MD, pencetus Ericksonian Hypnosis.) Advanced Neuro Dynamics, Inc, di Honolulu, Hawaii, telah mempromosikan gaya NLP yang “mengakui pentingnya jiwa manusia dan hubungannya dengan pikiran dan tubuh”. NLP Murni adalah merek NLP yang dipromosikan oleh The Society of Neuro-Linguistic Programming.

– Pengertian Neuroblastoma
Definisi Neuroblastoma adalah
kanker yang timbul pada sel saraf yang belum matang dan sebagian besar mempengaruhi bayi dan anak-anak.

– Pengertian Neuroendokrin
Definisi Neuroendokrin
berarti mengenai atau berkaitan dengan sistem saraf dan endokrin. Istilah ini menjelaskan produksi zat seperti hormon oleh neuron atau sel-sel seperti neuron dan cara sistem saraf dan sistem endokrin bekerja bersama-sama.

– Pengertian Neurofibromatosis
Definisi Neurofibromatosis adalah
sebuah kondisi genetik yang mempengaruhi sistem saraf, otot, tulang dan kulit.

– Pengertian Neurogenik
Definisi Neurogenik
berarti berasal dari kerusakan pada saraf pemasok.

– Pengertian Neuroglial
Definisi Neuroglial (atau glia) adalah
struktur pendukung jaringan saraf.

– Pengertian Neurohormon
Definisi Neurohormon adalah
setiap hormon yang diproduksi dan dirilis oleh neuron bukan dari sistem endokrin. Contohnya termasuk oksitosin, melatonin dan vasopresin. Neurohormon dirilis oleh impuls saraf dan merupakan hubungan antara rangsangan sensorik dan respon kimia.

– Pengertian Neuroinvasif
Definisi Neuroinvasif adalah
agen penyakit yang mampu memasuki atau menginfeksi sistem saraf pusat. Contohnya adalah rabies.

– Pengertian Neurologi
Definisi Neurologi adalah
spesialisasi medis yang berkaitan dengan studi tentang struktur, fungsi, dan penyakit dan gangguan pada sistem saraf. Sistem saraf termasuk sistem saraf pusat (SSP) yang terdiri dari otak dan sumsum tulang belakang, dan juga sistem saraf perifer (PNS) yang mencakup saraf individual di semua bagian tubuh. Dokter spesialis neurologi juga disebut ahli saraf.

– Pengertian Neuroma Akustik
Definisi Neuroma akustik adalah
tumor jinak (bukan kanker), yang timbul pada selubung saraf pendengaran. Saraf pendengaran melewati kanal tulang ke dalam otak dari telinga bagian dalam. Di sinilah tumor biasanya tumbuh. Meskipun jinak dan lambat pertumbuhannya, jika ukurannya besar, neuroma akustik dapat menyebabkan masalah berat. terutama masalah-masalah neurologis. Kondisi ini biasanya terjadi antara usia 30-40 tahun, sedikit lebih umum pada wanita.Neuroma akustik juga dapat menyebabkan gangguan pendengaran dan tinitus (suara di telinga).

To top