Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Nebulizer – Nefrologi)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Nebulizer – Nefrologi) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Narsisisme – Nebcin). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Nebulizer - Nefrologi)

– Pengertian Nebulizer
Definisi Nebulizer adalah
perangkat yang berisi obat cair yang berubah menjadi kabut halus dan mudah terhirup ke dalam saluran udara dan paru-paru.

– Pengertian Necrobiosis Lipoidica Diabeticorum
Definisi Necrobiosis lipoidica diabeticorum adalah
kondisi kulit yang biasanya pada bagian bawah kaki. Lesi dapat kecil atau memanjang ke area yang luas, biasanya menonjol, kuning, dan berlilin dalam penampilan dan seringkali memiliki perbatasan ungu. Paling sering pada remaja putri.

– Pengertian Necrotizing Enterocolitis
Definisi Necrotizing enterocolitis adalah
penyakit inflamasi usus pada bayi prematur..

– Pengertian Nefrektomi
Definisi Nefrektomi adalah
pembedahan untuk menghapus seluruh ginjal atau sebagian dari ginjal. Ada tiga variasi dalam nefrektomi, yang mencakup nefrektomi sederhana, parsial atau radikal, baik pada salah satu sisi (unilateral) atau kedua sisi (bilateral). Pembedahan dapat dilakukan dengan sayatan melalui pinggang, punggung (dorsal) atau perut. Nefrektomi laparoskopik semakin banyak digunakan sebagai alternatif untuk nefrektomi konvensional dalam kasus-kasus tertentu. Ketika ginjal diangkat, ginjal tersisa yang sehat akan mengambil alih fungsi ginjal yang diangkat. Jika kedua ginjal diangkat, dialisis harus dilakukan untuk mengambil alih fungsi ginjal, kecuali dilakukan transplantasi dengan ginjal baru.

– Pengertian Nefrektomi Bilateral
Definisi Nefrektomi bilateral adalah
prosedur pembedahan yang menghapus kedua ginjal.

– Pengertian Nefrektomi Parsial
Definisi Nefrektomi parsial,
atau hemi-nefrektomi, adalah operasi untuk mengangkat hanya sebagian dari ginjal yang rusak atau mengandung tumor.

– Pengertian Nefrektomi Radikal
Definisi Nefrektomi radikal adalah
prosedur pembedahan yang menghapus seluruh bagian dari satu ginjal bersama dengan lemak sekitar, fasia, dua pertiga ureter, kelenjar adrenal dan kelenjar getah bening di sisi yang sama. Indikasi medis dilakukannya nefrektomi radikal biasanya adalah karsinoma sel ginjal (hipernefroma) atau penyakit ginjal polikistik yang telah benar-benar merusak jaringan ginjal.

– Pengertian Nefrektomi Sederhana
Definisi Nefrektomi sederhana adalah
prosedur pembedahan yang mengangkat sebuah ginjal bersama dengan bagian kecil dari tabung yang menghubungkan ginjal ke kandung kemih (ureter). Nefrektomi sederhana dilakukan untuk kelainan ginjal bawaan atau dapatan parah yang merusak ginjal dan mengganggu fungsinya.

– Pengertian Nefritis Interstisial
Definisi Nefritis interstisial adalah
peradangan pada sel-sel ginjal yang bukan bagian dari unit pengumpulan cairan, suatu kondisi yang dapat menyebabkan gagal ginjal akut atau penyakit ginjal kronis.

– Pengertian Nefritis Lupus
Definisi Nefritis lupus adalah
peradangan pada ginjal yang disebabkan oleh suatu penyakit autoimun yang disebut lupus eritematosus sistemik. Kondisi ini dapat menyebabkan hematuria dan proteinuria, dan mungkin berkembang menjadi stadium akhir penyakit ginjal.

– Pengertian Nefroblastoma
Definisi Nefroblastoma adalah
sebuah kanker pada ginjal yang cepat berkembang, paling sering terjadi pada anak di bawah usia 4 tahun.

– Pengertian Nefrolitotomi
Definisi Nefrolitotomi adalah
bedah untuk membuang batu ginjal. Seorang ahli bedah melakukan nefrolitotomi untuk menghilangkan rasa sakit atau penyumbatan yang disebabkan oleh batu ginjal. Pembedahan biasanya hanya dilakukan pada pasien yang memiliki batu ginjal yang lebih besar dari 2 cm diameternya, yang menghambat aliran urin dari ginjal, dan yang tidak dapat diobati dengan cara lain (misalnya dengan obat peluruh atau prosedur litotripsi).

– Pengertian Nefrolitotomi Perkutan
Definisi Nefrolitotomi perkutan
(PCN): perkutan berarti “melalui kulit.” Dalam PCN, ahli bedah atau ahli urologi membuat sayatan 1-sentimeter di bawah anestesi lokal pada punggung pasien, di mana alat yang disebut nefroskop dilewatkan langsung ke ginjal dan, jika perlu, ureter. Batu yang lebih kecil dapat secara manual diekstraksi. Yang besar mungkin perlu dipecah dengan ultrasonik, probe elektrohidrolik atau laser sebelum dapat diekstraksi. Sebuah tabung dapat dimasukkan ke dalam ginjal untuk drainase.

– Pengertian Nefrolitotomi Terbuka
Definisi Nefrolitotomi terbuka adalah
prosedur yang paling invasif untuk menghilangkan batu ginjal. Karena begitu traumatis, ginjal hanya dapat dapat menahan tidak lebih dari dua operasi tersebut. Anestesi besar diperlukan, sebelum ahli bedah membuat sayatan besar (10-20 centimeter) di punggung atau perut pasien, tergantung pada di mana batu berada. Batu di ureter atau ginjal kemudian diambil. Kebanyakan pasien memerlukan rawat inap lama sesudahnya, dan pemulihan bisa memakan waktu hingga dua bulan.

– Pengertian Nefrolog
Definisi Nefrolog adalah
seorang dokter yang mengkhususkan diri dalam penyakit ginjal.

– Pengertian Nefrologi
Definisi Nefrologi adalah
spesialisasi medis yang berkenaan dengan studi tentang struktur, fungsi, dan penyakit dan gangguan pada ginjal. Nefrologi memiliki kaitan dengan urologi (yang berfokus pada masalah saluran kemih yang lebih umum). Kata “nefrologi” berasal dari kata Yunani untuk ginjal, “nephros”. Istilah lain yang umum digunakan dalam referensi ke ginjal adalah “renal”, seperti pada kolik renal. Kata ini berasal kata Latin untuk ginjal, “renes”. Orang yang sehat memiliki dua ginjal. Perawatan untuk masalah ginjal bersifat kompleks dan membutuhkan pengetahuan seorang spesialis di bidang itu.


Comments are closed.