Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Myastenia Gravis – Narkotika)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Myastenia Gravis – Narkotika) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (MRI Fungsional – Mutasi Gen). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Myastenia Gravis - Narkotika)

– Pengertian Myastenia Gravis
Definisi Myastenia gravis adalah
penyakit neuromuskuler autoimun kronis yang ditandai dengan berbagai tingkat kelemahan otot rangka tubuh. Nama myasthenia gravis, berasal dari bahasa Latin dan Yunani yang secara harfiah berarti “kelemahan otot mematikan.” Namun, dengan terapi saat ini, sebagian besar kasus myastenia gravis tidak sampai “mematikan” seperti namanya..Ciri myastenia gravis adalah kelemahan otot yang meningkat selama periode aktivitas dan setelah periode istirahat. Beberapa otot seperti otot yang mengontrol mata dan gerakan kelopak mata, ekspresi wajah, mengunyah, berbicara, dan menelan seringkali terlibat dalam gangguan ini. Otot-otot yang mengontrol pernapasan dan gerakan leher dan ekstremitas juga mungkin terpengaruh. Miastenia gravis dapat mempengaruhi orang-orang pada usia berapa pun, namun paling umum pada wanita muda dan pria yang lebih tua.

– Pengertian Myelin
Definisi Myelin adalah
zat lemak putih yang membentuk selubung silinder meduler di sekitar sumbu dari beberapa serabut saraf. Myelin memungkinkan untuk mengalirkan impuls saraf antara otak dan bagian lain dari tubuh.

– Pengertian Myelitis Transversal
Definisi Myelitis transversal adalah
inflamasi dan pembengkakan di sepanjang sumsum tulang belakang dengan disfungsi saraf motorik dan sensorik.

– Pengertian Myelografi
Definisi Myelografi (myelography) adalah
pemeriksaan sinar x pada kanal tulang belakang. Sebuah agen radiokontras disuntikkan melalui jarum ke dalam ruang sekitar saraf tulang belakang untuk menampilkan sumsum tulang belakang, kanal tulang belakang, dan akar saraf pada foto sinar x.

– Pengertian Myelogram
Definisi Myelogram adalah
gambar sinar-x tulang belakang, mirip dengan angiogram.

– Pengertian Myelosupresi
Definisi Myelosupresi adalah
penurunan dalam produksi sel darah merah, trombosit, dan beberapa sel darah putih oleh sumsum tulang.

– Pengertian Myelotomi
Definisi Myelotomi adalah
bedah yang membuat sayatan pada serat saraf sumsum tulang belakang.

– Pengertian Myoklonus
Definisi Myoklonus (myoclonus) adalah
ketika sekelompok otot berkedut tanpa sadar.

– Pengertian Myologi
Definisi Myologi adalah 
spesialisasi medis yang berkaitan dengan studi tentang struktur, fungsi, dan penyakit dan gangguan otot..Ada banyak penyakit dan gangguan sistem otot, beberapa di antaranya juga penyakit yang berhubungan dengan sistem lain dari tubuh, seperti sistem saraf. Banyak terapis, seperti ahli pijat terapi, terapis pijat olahraga, dan fisioterapi, bekerja dengan otot-otot tubuh (serta jaringan dan struktur pendukung yang terkait).

– Pengertian Myopati
Definisi Myopati
Lihat definisi miopati.

– Pengertian N Terminus N
Definisi Terminus (N terminal) adalah
sinonim dari amino terminus, ujung dari sebuah polipeptida yang membawa sebuah gugus amino bebas. Asam amino pertama dalam sebuah peptida disebut amino terminal or asam amino N-terminus.

– Pengertian Nama Generik
Definisi Nama generik adalah
nama yang umum digunakan untuk mengidentifikasi obat, sebagai lawan dari nama merek yang digunakan oleh perusahaan tertentu untuk pemasaran (misalnya, pegylated interferon adalah nama generik dari obat yang dipasarkan di bawah nama merek Peg-Intron dan Pegasys).

– Pengertian Narkolepsi
Definisi Narkolepsi adalah
gangguan yang ditandai dengan kantuk di siang hari yang berlebihan, serangan tidur tak terkendali, dan cataplexy (tiba-tiba kehilangan kekuatan otot, biasanya berlangsung hingga setengah jam). Penderita narkolepsi tertidur tiba-tiba-di mana saja, kapan saja, bahkan di tengah percakapan. Serangan tidur dapat berlangsung dari beberapa detik hingga lebih dari satu jam. Tergantung di mana serangan tidur terjadi, kondisi itu mungkin tidak nyaman atau bahkan berbahaya untuk orang tersebut, terutama jika terjadi ketika dia sedang mengemudi. Beberapa orang terus berfungsi secara lahiriah selama episode tidur, seperti melanjutkan percakapan atau menempatkan barang-barang. Namun ketika mereka bangun, mereka tidak mengingatnya. Salah satu penyebab dari narkolepsi adalah mutasi genetik.

– Pengertian Narkosis
Definisi Narkosis adalah
sebuah keadaan mabuk seringkali disebabkan oleh obat atau agen lain.

– Pengertian Narkotik
Definisi Narkotik atau narkotika adalah
obat penawar rasa sakit dengan mengurangi kepekaan terhadap rasa sakit. Narkotik harus diambil dengan resep.

– Pengertian Narkotika
Definisi Narkotika adalah
setiap obat yang menghasilkan analgesia dan mampu menimbulkan pingsan: mengurangi nyeri sebelum terjadinya tidur atau ketidaksadaran. Secara hukum, penjualan obat dan penggunaan narkotika diatur oleh Undang-Undang.

To top