Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Leukopenia – Ligamen Uterosakral)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Leukopenia – Ligamen Uterosakral) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Lesi – Leukemia Sel-T Dewasa). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Leukopenia - Ligamen Uterosakral)

– Pengertian Leukopenia
Definisi Leukopenia adalah
jumlah sel darah putih terlalu rendah. Jumah batas bawah yang umumnya dianggap neutropenia adalah 4000-5000 per mm2.

– Pengertian Leukoplakia
Definisi Leukoplakia adalah
sebuah istilah klinis yang tidak tepat untuk lesi putih di vulva.

– Pengertian Leukorea
Definisi Leukorea (fluor albus)
 atau dalam bahasa umum disebut keputihan, adalah debit lengket kuning keputihan yang keluar dari vag1na. Biasanya, keputihan dalam jumlah tertentu adalah normal, sebagai ketidakseimbangan temporer flora vag1na alami. Jumlah normal yang lebih besar terjadi pada kehamilan, yang diharapkan menurun setelah melahirkan/ selama menyusui..Namun, keputihan mungkin merupakan gejala gangguan pada organ reproduksi atau di tempat lain dalam tubuh. Sebuah cairan putih kekuningan atau krem, terutama jika kental, sering berisi nanah dan dapat merupakan tanda infeksi seperti trikomoniasis, kandidiasis, dan vaginitis bakteri. Debit trikomoniasis biasanya kekuningan, berbau, dan gatal. Debit kandidiasis adalah cairan putih kental dengan iritasi dan gatal-gatal. Wanita dengan bakterial vaginosis sering mengeluhkan debit kuning keabu-abuan dengan bau amis ofensif (fishy odor). Leukorea juga dapat menjadi tanda infeksi leher rahim dan penyakit menular seksual.

– Pengertian Leukosit
Definisi Leukosit adalah
sel darah putih.

– Pengertian Leukosit Polimorfonuklir
Definisi Leukosit polimorfonuklir, juga disebut neutrofil, adalah
sel darah putih yang merespons fagositosis dengan cepat dan menghancurkan antigen asing, seperti mikroorganisme patogen.

– Pengertian Libido
Definisi Libido adalah
hasrat emosional atau energi yang berkaitan dengan nafsu seksual, energi naluri kehidupan, keinginan untuk hubungan dan kenikmatan seksual.

– Pengertian Lidah
Definisi Lidah adalah
otot besar di lantai mulut yang membantu mengolah makanan saat mengunyah dan menelan. Ini adalah organ utama untuk merasa, dan membantu dalam pembentukan suara.

– Pengertian Lidokain
Definisi Lidokain adalah
obat yang digunakan untuk anestesi lokal atau regional; dapat disuntikkan atau dioleskan.

– Pengertian Ligamen kardinal
Definisi Ligamen kardinal
adalah jaringan ikat padat yang menjadi pendukung utama rahim. Ligamen kardinal adalah jaringan ikat padat yang menjadi pendukung utama rahim..Ligamen berbeda dengan tendon karena ligamen menghubungkan tulang dengan tulang, sedangkan tendon melekatkan otot ke tulang.Tendon membawa stimulus listrik atau neurologis, sedangkan ligamen tidak.

– Pengertian Ligamen Kolateral Lateral
Definisi Ligamen kolateral lateral (lateral collateral ligament/ LCL) adalah
salah satu dari empat ligamen lutut yang menghubungkan femur (tulang paha) dan fibula (tulang betis). Fungsi LCL adalah mencegah permukaan luar dari sendi lutut agar tidak terbuka (gapping).

– Pengertian Ligamen Kolateral Medial
Definisi Ligamen kolateral medial (medial collateral ligament /MCL) adalah
salah satu dari empat ligamen utama dalam sendi lutut yang menghubungkan permukaan tengah (medial) tulang paha dengan tulang kering (tibia)..Fungsi MCL adalah untuk menahan kekuatan dari permukaan luar lutut dan mencegah pergeseran bagian dalam sendi di bawah tekanan.

– Pengertian Ligamen Krusiata Anterior
Definisi Ligamen krusiata anterior (anterior cruciate ligament/ ACL) adalah
salah satu dari empat ligamen utama dalam sendi lutut. ACL menempel pada ujung tulang paha (femur) di belakang sendi dan memanjang melalui sendi lutut ke bagian depan permukaan atas tulang kering (tibia)..Fungsi utama ACL adalah mencegah pergeseran maju tibia dari tulang paha dan bersama dengan ligamen krusiata posterior menjadi penstabil utama sendi lutut yang mencegah hiperekstensi dan rotasi berlebihan. Robekan lengkap ACL memerlukan rekonstruksi dan membutuhkan sampai 12 bulan rehabilitasi.

– Pengertian Ligamen Krusiata Posterior
Definisi Ligamen krusiata posterior (posterior cruciate ligament/ PCL) adalah
salah satu dari ligamen kruisata yang menghubungkan tulang paha (femur) dengan tulang kering (tibia) di dalam sendi lutut. Ligamen ini saling-bersilangan dengan ligamen krusiata anterior di tengah sendi..Ligamen Krusiata Posterior Ligamen krusiata posterior (posterior cruciate ligament/ PCL) adalah salah satu dari ligamen kruisata yang menghubungkan tulang paha (femur) dengan tulang kering (tibia) di dalam sendi lutut. Ligamen ini saling-bersilangan dengan ligamen krusiata anterior di tengah sendi.

– Pengertian Ligamen Periodontal
Definisi Ligamen periodontal (periodontal ligament) adalah
jaringan yang melekatkan gigi ke tulang alveolar. Jaringan ini bisa hancur oleh penyakit periodontal lanjut yang menciptakan peningkatan mobilitas gigi.

– Pengertian Ligamen Talofibular Anterior
Definisi Ligamen talofibular anterior (anterior talofibular ligament) adalah
ligamen dari pergelangan kaki yang menghubungkan fibula (tulang betis) ke talus (tulang engkel utama). Ligamen ini seringkali mudah keseleo.

– Pengertian Ligamen Uterosakral
Definisi Ligamen uterosakral adalah
lipatan peritoneal yang mengandung jaringan ikat, saraf otonom, dan otot polos, timbul pada setiap sisi dinding posterior uterus pada sekitar serviks, dan membujur mundur ke arah rektum.

To top