Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Korea – Korpuskula)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Korea – Korpuskula) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Kontraktur Artrogenik – Kopulasi) . Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Korea - Korpuskula)

– Pengertian Korea
Definisi Korea (chorea) adalah
gerakan tidak teratur yang cepat, tidak terkendali, tak disengaja dan berlebihan yang tampaknya mengalir secara acak dari satu bagian tubuh ke bagian lain. Kata “korea” berasal dari kata Yunani untuk menari. (Seperti pada kata koreografi, yang artinya rancangan tarian). Gerakan menyentak-nyentak pada kaki atau tangan seringkali sama dengan menari atau bermain piano..Korea dapat mempengaruhi tangan, kaki, batang tubuh, leher, dan wajah. Di wajah, korea sering menyebabkan gerakan terus-menerus dan berganti-ganti pada hidung, mata, mulut atau lidah. Gangguan ini dapat dibedakan dari tiks (tics), karena tics cenderung mengulangi set gerakan yang sama. Gerakan korea terus berubah dan mengalir dari satu bagian tubuh ke yang lain. Bentuk korea yang parah disebut balisme (ballism).

– Pengertian Koreoatetosis
Definisi Koreoatetosis (choreoathetosis) adalah
gerakan tak terkendali yang merupakan kombinasi korea (gerakan kontraksi cepat tidak teratur) dan atetosis (gerakan lambat memutar dan menggeliat). Koreoatetosis umumnya terjadi pada anak, yang cenderung memburuk dengan upaya gerakan dan sering terjadi hanya pada saat anak mencoba untuk bergerak. Anak yang terkena sering tampak gelisah dan tidak mampu duduk diam.

– Pengertian Koreoatetosis Paroksismal
Definisi Koreoatetosis paroksismal adalah
kondisi yang ditandai oleh gerakan tak terkendali, intermiten dan tidak teratur dari otot-otot wajah dan anggota badan.

– Pengertian Korioamnionitis
Definisi Korioamnionitis adalah
peradangan membran janin.

– Pengertian Koriokarsinoma
Definisi Koriokarsinoma adalah
sebuah tumor ganas yang terdiri dari lapisan trofoblasma seluler dan sinsital.

– Pengertian Kornea
Definisi Kornea adalah
bagian yang bening dari mata yang terletak di depan iris. Bagian dari pelindung mata.

– Pengertian Korneosit
Definisi Korneosit adalah
sel metabolik yang aktif dari stratum korneum. Korneosit terbentuk dari keratinosit dalam proses yang disebut kornifikasi. Korneosit aktif secara metabolisme dan akhirnya akan dibuang dari tubuh ketika korneosit baru dihasilkan di bawah mereka.

– Pengertian Kornifikasi
Definisi Kornifikasi adalah
proses di mana keratinosit menjadi korneosit di lapisan luar, epidermis. Hal ini ditandai dengan hilangnya organel intraseluler, produksi protein khusus dan lipid, dan generasi sebuah amplop tebal protein dalam membran sel.

– Pengertian Koroner
Definisi Koroner
secara harfiah berarti melingkupi seperti sebuah mahkota, dalam kardiologi koroner mengacu pada arteri jantung dan secara luas berarti penyakit, cacat atau malfungsi jantung.

– Pengertian Korpora Kavernosa
Definisi Korpora kavernosa (corpora cavernosa) adalah
kata jamak untuk korpus kavernosum yang merupakan badan spon penis (atau klitoris) yang membujur di setiap sisinya dan merupakan organ penegak ketika penis atau klitoris ereksi. Korpora kavernosa terdiri dari dua korpus kavernosum.

– Pengertian Korpus Kalosum
Definisi Korpus kalosum (corpus callosum) adalah
massa materi putih besar yang terdiri dari ikatan serat yang menghubungkan materi putih dari dua belahan otak. Korpus kalosum membawa sejumlah besar serat dari belahan otak yang lain dan merupakan rute utama komunikasi antara dua belahan otak untuk mengontrol fungsi kognitif dan motorik.

– Pengertian Korpus Kavernosum
Definisi Korpus kavernosum (corpus cavernosum) adalah
salah satu dari dua struktur ereksi yang memanjang dalam penis atau klitoris, yang juga membujur ke belakang sampai ke dasar panggul. Struktur ini mendukung tegaknya ereksi.

– Pengertian Korpus Luteum
Definisi Korpus luteum (corpus luteum) adalah
sebuah struktur endokrin kuning yang dibentuk di ovarium pada tempat pecahnya folikel setelah ovulasi.

– Pengertian Korpus Spongiosum
Definisi Korpus spongiosum (corpus spongiosum) adalah
struktur garis tengah ereksi tunggal yang mengisi glans. Pada laki-laki struktur ini memanjang ke belakang di sepanjang bagian bawah penis, di sekitar uretra.

– Pengertian Korpus Sterni
Definisi Korpus sterni, disebut juga gladiolus, adalah
bagian tengah dari tulang dada (sternum) antara manubrium sterni dan prosesus sifoideus.

– Pengertian Korpus Striatum
Definisi Korpus striatum atau “tubuh bergaris” adalah
nama kolektif untuk ganglia basal (inti basal) dan kapsula interna. Ganglia basal terdiri dari neuron, sehingga berbentuk materi abu-abu. Kapsula interna adalah sekelompok saluran yang dikelilingi oleh akson myelinasi, sehingga sangat putih. Karena kapsula interna membujur antara nukleus kaudatus dan nukleus lentikularis dari ganglia basal, kelompok struktur ini terlihat bergaris-garis sehingga membentuk “badan bergaris”, dari mana nama korpus striatum berasal. Pasokan darah korpus striatum bersala dari barisan arteri striata yang tipis dan disebut juga “arteri stroke” karena mudah pecah jika tekanan darah terlalu tinggi.

– Pengertian Korpuskel Meissner
Definisi Korpuskel Meissner adalah
mekanoreseptor dermal yang menangani sensasi sentuhan ringan.

– Pengertian Korpuskula
Definisi Korpuskula, juga disebut sel darah atau hematosit,\ adalah
salah satu dari tiga jenis sel yang ditemukan dalam darah (eritrosit, leukosit atau trombosit). Ketiga jenis sel darah ini mengisi sampai 45% dari total volume darah. Sisa 55% volume terdiri dari plasma, unsur cairan dari darah.


Comments are closed.