Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Konseling Pranikah – Kontraktur)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Konseling Pranikah – Kontraktur) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Kondisi Malabsorptif – Konkusio Serebri) . Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Konseling Pranikah - Kontraktur)

– Pengertian Konseling Pranikah
Definisi Konseling pranikah adalah
nasihat yang diberikan kepada pasangan sebelum menikah, menyangkut masalah medis, psikologis, seksual, dan sosial.

– Pengertian Konsentrik
Definisi Konsentrik adalah
latihan yang mengharuskan untuk mengubah posisi sendi dan memperpendek panjang otot yang menahan tekanan (kontraksi konsentris). Contoh latihan ini termasuk angkat besi dan gerakan melompat. Lihat juga eksentrik.

– Pengertian Konsepsi
Definisi Konsepsi (pembuahan) adalah
penyatuan yang sukses antara sperma dan ovum.

– Pengertian Konservasi Darah
Definisi Konservasi darah adalah
menggunakan strategi perawatan kesehatan dan teknologi untuk mengurangi atau sama sekali menghindari kebutuhan untuk transfusi darah.

– Pengertian Konstipasi
Definisi Konstipasi
atau sembelit didefinisikan secara medis sebagai buang air besar kurang dari tiga kali per minggu dan konstipasi parah sebagai kurang dari satu kali per minggu. Konstipasi biasanya disebabkan oleh gerakan lambat dari tinja melalui usus besar..Ada banyak penyebab konstipasi, termasuk obat-obatan, kebiasaan buang air besar yang buruk, diet rendah serat, penyalahgunaan obat pencahar, gangguan hormonal, dan penyakit, terutama dari bagian tubuh yang mempengaruhi usus besar. Evaluasi medis untuk penyebab sembelit harus dilakukan ketika konstipasi memiliki onset mendadak, parah, memburuk, berkaitan dengan masalah lain seperti penurunan berat badan, atau tidak menanggapi pengobatan sederhana yang aman.

– Pengertian Konsumsi Oksigen Maksimal
Definisi Konsumsi oksigen maksimal (VO2max) adalah
ukuran kriteria kebugaran kardiovaskular yang mencerminkan kemampuan maksimal dari sistem kardiopulmonari untuk memberikan oksigen ke otot-otot yang bekerja dan kemampuan otot untuk menggunakan oksigen yang menghasilkan adenosin trifosfat (ATP) aerobik.

– Pengertian Kontaminan
Definisi Kontaminan adalah
zat yang hadir dalam lingkungan yang bukan tempatnya atau berada dalam tingkat yang dapat menyebabkan membahayakan (merugikan) kesehatan.

– Pengertian Konterfobia
Definisi Konterfobia adalah
sengaja mencari dan mengekspos diri, bukannya menghindari, terhadap objek atau situasi yang ditakuti secara sadar atau tidak sadar.

– Pengertian Kontinensia
Definisi Kontinensia adalah
kemampuan untuk mengontrol waktu buang air kecil atau buang air besar.

– Pengertian Kontraindikasi Absolut
Definisi Kontraindikasi absolut adalah
kontraindikasi yang tidak dapat diabaikan. Contohnya, pemberian penisilin untuk mereka yang alergi terhadapnya dan madu untuk bayi (berisiko botulisme). Dalam hal ini, risiko langsung dianggap sedemikian parah sehingga tidak layak dan alternatif pengobatan (atau pemanis, dalam kasus madu) harus dicari.

– Pengertian Kontraindikasi
Definisi Relatif Kontraindikasi relatif adalah
pemberian obat atau terapi yang meningkatkan risiko pasien, tetapi dokter dapat memutuskan untuk tetap memberikannya. Misalnya, ketika seorang wanita hamil terlibat dalam kecelakaan yang menyebabkan tangannya patah. Tangannya akan diperiksa dengan sinar x-, meskipun sinar-x umumnya dikontraindikasikan untuk wanita hamil karena risiko terhadap janin. Dalam hal ini, patah tulang yang tidak diobati bisa mengakibatkan komplikasi medis yang jauh lebih serius, sehingga risikonya dianggap dapat diterima.

– Pengertian Kontraindikasi.
Definisi kontraindikasi.
secara harfiah, berarti kontra-indikasi, yaitu melawan sesuatu yang diindikasikan (dianjurkan atau diperlukan). Kontraindikasi adalah situasi di mana aplikasi obat atau terapi tertentu tidak dianjurkan, karena dapat meningkatkan risiko terhadap pasien. Misalnya, ketika seseorang memiliki alergi terhadap penisilin, dia dianggap kontraindikasi untuk pemberian penisilin, karena akan memicu reaksi alergi. Kontraindikasi adalah salah satu dari fakta medis utama yang dipertimbangkan ketika memulai rencana perawatan untuk pasien. Kontraindikasi bisa bersifat absolut atau relatif.

– Pengertian Kontraksi Atrium Prematur
Definisi Kontraksi atrium prematur (premature atrial contraction/PAC) adalah
kontraksi atrium yang diprakarsai oleh fokus ektopik dan terjadi lebih awal dari denyut sinus normal berikutnya yang diharapkan.

– Pengertian Kontraksi Braxton Hicks
Definisi Kontraksi Braxton Hicks adalah
kontraksi rahim tidak beraturan yang terjadi selama kehamilan, tetapi dapat dirasakan terutama menjelang akhir kehamilan. Kontraksi ini kadang-kadang bisa membuat tidak nyaman dan intens, tapi biasanya tidak menyakitkan..Kontraksi Braxton Hicks juga disebut his palsu, yang biasanya mendahului his sejati (kontraksi melahirkan yang sebenarnya).

– Pengertian Kontraksi Konsentris
Definisi Kontraksi konsentris adalah
kontraksi otot di mana serat otot memendek.

– Pengertian Kontraksi Rahim
Definisi Kontraksi Rahim adalah
pengetatan rahim yang bekerja untuk membuka leher rahim dan mendorong bayi menuruni jalan lahir. Juga disebut his.

– Pengertian Kontraksi Ventrikel Prematur
Definisi Kontraksi ventrikel prematur (premature ventricular contraction/PAC) adalah
kontraksi ventrikel yang diprakarsai oleh fokus ektopik dan terjadi lebih awal dari sinus normal berikutnya yang diharapkan.

– Pengertian Kontraktur
Definisi Kontraktur adalah
terbatasnya mobilitas sendi sebagai akibat dari perubahan patologis pada permukaan sendi atau jaringan lunak yang secara fungsional berhubungan dengan sendi..Kontraktur bisa fleksor, ekstensor, abduktor, aduktor, dan lainnya sesuai dengan posisi dominannya. Menurut asal, kontraktur bisa bawaan atau dapatan. Penyebab kontraktur bawaan adalah keterbelakangan perkembangan otot-otot dan sendi (tortikolis, artrogriposis, kaki pengkor, dan sebagainya) dan penutup kulit (membran kulit antara jari). Kontraktur dapatan mungkin dermatogenik, desmogenik, miogenik, tendogenik, artrogenik atau neurogenik.

To top