Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Kolera – Kolpositogram)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Kolera – Kolpositogram) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Koefisien Korelasi – Kolelitiasis). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Kolera - Kolpositogram)

– Pengertian Kolera
Definisi Kolera adalah
penyakit diare parah dengan onset tiba-tiba disertai muntah-muntah dan kram perut. Gejala khas ini menyebabkan kolera juga disebut sebagai penyakit muntaber (muntah-muntah dan berak-berak).. Kolera disebabkan oleh bakteri vibrio cholerae, yang dapat menginfeksi penderita sampai 14 hari tanpa menimbulkan gejala, namun dapat menularkan ke orang lain melalui tinja. Penyakit terjadi pada lebih dari 90% orang dengan keparahan ringan atau sedang dan sulit dibedakan secara klinis dari bentuk-bentuk lain penyakit diare. Kurang dari 10% dari orang yang terinfeksi kolera mengembangkan tanda-tanda khas dengan dehidrasi sedang atau berat. Perawatan yang diberikan biasanya antibiotik, yang mempersingkat durasi penyakit. Kematian dapat disebabkan oleh dehidrasi berat akibat diare.

– Pengertian Kolesistektomi
Definisi Kolesistektomi adalah
pembedahan untuk mengangkat kandung empedu (kantung berbentuk buah pir dekat lobus kanan hati). Kandung empedu mungkin perlu dihapus jika organ ini memiliki batu empedu yang mengganggu, terinfeksi, atau menjadi kanker.

– Pengertian Kolesistektomi Laparoskopik
Definisi Kolesistektomi laparoskopik adalah
operasi pengangkatan kandung empedu menggunakan laparoskopi.

– Pengertian Kolesterol
Definisi Kolesterol adalah
zat lembut berlilin yang hadir di semua bagian tubuh termasuk sistem saraf, kulit, otot, hati, usus, dan jantung. Kolesterol dapat dibuat oleh tubuh maupun diperoleh dari produk hewani dalam makanan. Kolesterol diproduksi di hati untuk fungsi tubuh normal, termasuk produksi hormon, asam empedu, dan vitamin D. Zat ini diangkut dalam darah oleh lipoprotein untuk digunakan oleh semua bagian tubuh..Dalam aliran darah, kolesterol bergabung dengan asam lemak untuk membentuk lipoprotein berkepadatan tinggi (HDL) dan rendah (LDL). LDL dianggap sebagai “kolesterol jahat”, karena mereka dapat membentuk timbunan plak pada dinding pembuluh darah, menyebabkan aterosklerosis.

– Pengertian Kolesterol Total
Definisi Kolesterol total adala
h hitungan total dari semua jenis kolesterol dalam darah. Kolesterol merupakan senyawa lemak yang diproduksi di hati yang biasanya ditemukan dalam darah. Peningkatan kadar kolesterol terlihat pada gangguan lipid familial dan hipotiroidisme dan dianggap sebagai faktor risiko penyakit jantung.

– Pengertian Kolik Bayi
Definisi Kolik bayi adalah
suatu kondisi di mana seorang bayi yang sehat menujukkan gejala tidak nyaman (distres) seperti sering menangis atau menjerit untuk waktu yang lama, tanpa alasan yang jelas. Kondisi ini dimulai beberapa minggu setelah kelahiran dan biasanya menghilang setelah usia tiga bulan

– Pengertian Kolik Bilier
Definisi Kolik bilier adalah
nyeri hebat di bagian kanan atas perut, biasanya disebabkan oleh batu empedu yang keluar dari kandung kemih melewati atau melalui saluran empedu.

– Pengertian Kolik Ginjal
Definisi Kolik ginjal (renal colic) adalah
rasa sakit parah di punggung bawah yang menjalar ke pangkal paha, skrotum, dan labia yang paling sering disebabkan oleh batu ginjal (renal kalkulus) yang melewati ureter atau oleh penyumbatan di saluran kemih lainnya. Kolik ginjal seringkali berkaitan dengan mual, muntah, demam, gelisah, nyeri tumpul, sering buang air kecil, dan hematuria.

– Pengertian Kolitis Pseudomembran
Definisi Kolitis pseudomembran adalah
iritasi usus besar parah yang disebabkan oleh bakteri Clostridium difficile. Biasanya terjadi setelah minum antibiotik oral, yang membunuh bakteri yang biasanya hidup di usus besar.

– Pengertian Kolitis Ulseratif
Definisi Kolitis ulseratif (ulcerative colitis) adalah
peradangan kronis dari usus besar (kolon) sampai menimbulkan ulserasi. Ulserasi dan peradangan lapisan dalam usus besar menyebabkan gejala sakit perut, diare, dan perdarahan rektum. Kondisi ini terkait erat dengan peradangan usus yang disebut penyakit Crohn. Bersama-sama, mereka sering disebut sebagai penyakit radang usus (inflammatory bowel disease)..Kolitis ulseratif dan penyakit Crohn adalah kondisi kronis yang dapat berlangsung bertahun-tahun sampai beberapa dekade, dimulai selama masa remaja dan awal masa dewasa atau kanak-kanak.

– Pengertian Koloboma
Definisi Koloboma (coloboma) adalah
kondisi di mana jaringan normal di dalam atau di sekitar mata tidak ada sejak lahir.

– Pengertian Kolom Tulang Belakang
Definisi Kolom tulang belakang (vertebral/ spinal column) adalah
tulang-tulang yang menopang kepala dan membungkus sumsum tulang belakang..Kolom tulang belakang terdiri dari 26 ruas tulang individual, yang disebut vertebra atau tulang belakang. Tulang-tulang tersebut dikelompokkan menjadi 5 gugus yang berbeda, sebagai berikut: 7 vertebra serviks di leher. 12 vertebra toraks di punggung, sesuai setiap pasang tulang rusuk. 5 vertebra lumbar di punggung bawah/pinggang. 5 vertebra sakralis, yang bergabung membentuk 1 tulang yang disebut sakrum. 4 tulang koksigis yang bergabung membentuk tulang ekor. Tulang belakang disebut dengan nama dan nomor, dihitung dari atas ke bawah sebagai berikut: Tulang leher adalah C1 – C7, Vertebra toraks adalah T1-T12, Vertebra lumbalis adalah L1 – L5, Sakrum dan tulang ekor tidak memiliki nomor dan masing-masing dianggap sebagai satu tulang.

– Pengertian Kolon
Definisi Kolon adalah
bagian ujung dari saluran pencernaan manusia, yang terdiri dari usus besar, rektum, dan anus. Kolon dimulai pada sisi kanan bawah perut, di mana usus kecil mengosongkan isi pencernaan ke dalam bagian pertama dari usus besar (sekum). Kolon naik dari sekum ke atas sehingga sejajar dengan hati, kemudian menikung tajam ke kiri dan melewati lambung secara melintang..Pada tingkat limpa, kolon turun dari sisi kiri lambung ke panggul, di mana ia menjadi daerah sigmoid. Kolon sigmoid mengosongkan isinya ke dalam anus, dimana bahan limbah akhirnya dibuang dari tubuh Anda.

– Pengertian Kolonoskopi
Definisi Kolonoskopi (colonoscopy) adalah
suatu prosedur yang memungkinkan seorang pemeriksa (biasanya seorang gastroenterolog) untuk mengevaluasi bagian dalam kolon (usus besar). Kolonoskop adalah tabung panjang yang fleksibel setebal jari yang memiliki kamera dan sumber cahaya di ujungnya. Ujung kolonoskop dimasukkan ke anus dan kemudian dimajukan perlahan, di bawah kontrol visual, ke dalam rektum dan melalui usus biasanya sejauh sekum, yang merupakan bagian pertama dari usus besar..Kolonoskopi dilakukan karena berbagai alasan. Paling sering prosedur ini dilakukan untuk menyelidiki penyebab darah dalam tinja, nyeri perut, diare, perubahan kebiasaan buang air besar, atau suatu kelainan yang ditemukan pada sinar-X kolon atau tomografi terkomputerisasi (CT scan). Pasien dengan riwayat polip atau kanker usus besar dan riwayat keluarga dengan beberapa jenis masalah kolon yang mungkin terkait dengan kanker usus besar (seperti ulcerative colitis dan polip kolon) mungkin disarankan untuk menjalani kolonoskopi periodik karena risiko mereka lebih besar untuk polip atau kanker usus besar. Seberapa sering mereka harus menjalani kolonoskopi tergantung pada tingkat risiko dan kelainan yang ditemukan di kolonoskopi sebelumnya.

– Pengertian Kolostomi
Definisi Kolostomi adalah
sebuah prosedur bedah untuk membuat pembukaan di antara usus besar dan bagian luar perut untuk memungkinkan pengosongan tinja ke dalam kantung penampung, meskipun rektum telah dihapus.

– Pengertian Kolostrum
Definisi Kolostrum adalah
cairan putih encer yang keluar dari payudara pada tahap awal produksi susu dan biasanya mulai hadir pada beberapa minggu terakhir kehamilan. Kolostrum mengandung lemak, karbohidrat, sel-sel darah putih, protein, dan antibodi.

– Pengertian Kolporhafi Anterior
Definisi Kolporhafi anterior adalah
prosedur bedah untuk memperbaiki sistokel.

– Pengertian Kolporhafi posterior
Definisi Kolporhafi posterior adalah
prosedur bedah untuk memperbaiki rektokel.

– Pengertian Kolpositogram
Definisi Kolpositogram adalah
tabulasi dari berbagai jenis sel yang diamati dari Pap yang diambil dari mukosa vagina.


Comments are closed.