Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Kista – Klimakterik)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Kista – Klimakterik) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Ketorolak – Kinetika). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Kista - Klimakterik)

– Pengertian Kista
Definisi Kista adalah
akumulasi cairan atau bahan setengah padat dalam suatu kantung.

– Pengertian Kista Bartolin
Definisi Kista bartolin adalah
pembengkakan kistik dari kelenjar bartolin yang disebabkan oleh terhalangnya saluran kelenjar tersebut.

– Pengertian Kista Dermoid
Definisi Kista dermoid adalah
tumor jinak yang terdiri dari rambut, kelenjar keringat, dan kelenjar sebasea.

– Pengertian Kista
Definisi Folikel Kista folikel adalah
jenis kista ovarium yang terjadi ketika folikel yang berkembang tidak membuka dan melepaskan telur. Kista ini biasanya kecil, tidak berbahaya, dan menghilang dalam dua sampai tiga kali siklus menstruasi..Kista folikel biasanya hanya muncul selama tahun-tahun ketika wanita masih menstruasi (usia subur), dan tidak pada wanita pasca-menopause atau wanita yang tidak berovulasi.

– Pengertian Kista
Definisi Ganglion Kista ganglion adalah
tumor atau pembengkakan di atas sendi atau selubung tendon (jaringan yang menghubungkan otot ke tulang), paling sering di pergelangan tangan. Bentuknya seperti kantung yang berisi cairan bening seperti jeli yang kental, lengket dan tidak berwarna. Tergantung pada ukurannya, kista ini mungkin terasa keras atau lembut.

– Pengertian Kista Ginjal
Definisi Kista ginjal adala
h kantung berisi cairan di ginjal dengan berbagai ukuran dari mikroskopis sampai jauh lebih besar. Kista bisa tidak berbahaya atau berbahaya/merusak ginjal.

– Pengertian Kista Korpus Luteum
Definisi Kista korpus luteum adalah
jenis kista ovarium yang terjadi ketika korpus luteum (zat kuning yang mengeluarkan hormon) tidak larut setelah telur dilepaskan. Kista ini biasanya menghilang dalam beberapa minggu, tetapi dapat tumbuh dengan diameter lebih dari 10 cm dan dapat memelintir ovarium..Kista ini umumnya terjadi selama tahun-tahun menstruasi dan selama awal kehamilan.

– Pengertian Kista Ovarium
Definisi Kista ovarium adalah
kantung berisi cairan atau materi setengah padat yang berkembang di dalam atau pada permukaan ovarium. Kista adalah kondisi umum dan sebagian besar tidak berbahaya. Kista ovarium dapat berkembang setiap saat dalam kehidupan seorang perempuan di masa pubertas sampai menopause, termasuk selama kehamilan. Namun, karena menyebabkan gejala-gejala yang mungkin sama seperti tumor/ kanker ovarium, kista ovarium harus selalu diperiksa.. Jenis yang paling umum dari kista ovarium adalah kista folikel dan korpus luteum, yang terkait dengan siklus menstruasi.

– Pengertian Kistektomi
Definisi Kistektomi adalah
operasi pengangkatan kandung kemih.

– Pengertian Klamidia
Definisi Klamidia adalah
penyakit menular seksual yang sangat umum yang disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis, yang dapat merusak organ reproduksi wanita. Meskipun gejala klamidia biasanya ringan atau tidak ada, komplikasi serius dapat menyebabkan kerusakan ireversibel, termasuk infertilitas..Klamidia dapat ditularkan selama hubungan seks vag1nal, anal, atau oral. Klamidia juga dapat ditularkan dari ibu yang terinfeksi kepada bayinya saat melahirkan per vag1nal. Klamidia dikenal sebagai penyakit “diam” karena sebagian besar orang yang terinfeksi tidak memiliki gejala. Jika gejala terjadi, biasanya muncul dalam waktu 1 sampai 3 minggu setelah terpapar. Pada wanita, bakteri awalnya menginfeksi serviks dan uretra. Wanita yang memiliki gejala mungkin memiliki keputihan abnormal atau rasa terbakar saat buang air kecil. Jika infeksi menyebar dari leher rahim ke tuba falopi rasa sakit mungkin dirasakan di perut bagian bawah, nyeri pinggang, mual, demam, nyeri saat hubungan intim (dispareunia), atau perdarahan antar menstruasi. Infeksi klamidia pada serviks dapat menyebar ke rektum. Pria dengan gejala mungkin memiliki cairan yang keluar dari penis atau sensasi terbakar saat buang air kecil. Pria juga mungkin merasakan terbakar dan gatal di sekitar pembukaan penis. Nyeri dan pembengkakan di testis jarang terjadi.

– Pengertian Klasifikasi TNM
Definisi Klasifikasi TNM dari tumor ganas adalah
sistem stadium kanker yang menggambarkan tingkatan kanker dalam tubuh pasien. TNM secara harfiah menggambarkan tumor / nodul / metastasis. T menggambarkan ukuran tumor dan apakah telah menginvasi jaringan di dekatnya, N menggambarkan jumlah kelenjar getah bening regional yang terlibat, dan M menggambarkan kehadiran metastasis lainnya. Sistem ini dikelola oleh International Union Against Cancer (UICC).

– Pengertian Klaustrofobia
Definisi Klaustrofobia adalah
rasa takut terhadap ruang sempit yang tertutup.

– Pengertian Klavikula
Definisi Klavikula (clavicula) adalah
istilah medis untuk tulang selangka (collar bone). Klavikula terletak penyangga antara tulang belikat (skapula) dan tulang dada (sternum).

– Pengertian Kleptomania
Definisi Kleptomania adalah
gangguan kontrol impuls yang ditandai oleh kegagalan berulang untuk tidak mencuri.

– Pengertian Klimakterik 2
Definisi Klimakterik 2 adalah
periode menopause pada wanita. Kadang-kadang digunakan untuk merujuk periode usia yang sama pada pria. Juga disebut periode involusional.

– Pengertian Klimakterik.
Definisi Klimakterik. juga disebut perimenopause) adalah
periode transisi sebelum menopause, yang ditandai dengan penurunan produksi estrogen dan progesteron, periode menstruasi yang tidak teratur, dan perubahan psikologis sementara.

To top