Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Keseimbangan Asam-Basa – Ketonuria)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Keseimbangan Asam-Basa – Ketonuria) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Keraunofobia – Kesehatan Reproduksi). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Keseimbangan Asam-Basa - Ketonuria)

– Pengertian Keseimbangan Asam-Basa
Definisi Keseimbangan asam-basa adalah
mekanisme yang digunakan tubuh untuk menjaga cairan ke tingkat netral (tidak asam atau basa) sehingga tubuh dapat berfungsi dengan baik.

– Pengertian Keseleo
Definisi Keseleo adalah
robekan sebagian atau lengkap dari sebuah ligamen yang mengelilingi sendi, karena trauma seperti pelintiran. Keseleo juga dapat mempengaruhi jaringan lunak lainnya di sekitar sendi dan bahkan dapat disertai dengan cedera tulang. Disebut juga terkilir atau sprain.

– Pengertian Ketaatan
Definisi Ketaatan adalah
sejauh mana pasien melanjutkan pengobatan yang disepakati seperti yang ditentukan.

– Pengertian Ketajaman Visual
Definisi Ketajaman visual adalah
kejelasan penglihatan, yang tergantung pada ketajaman gambar retina.

– Pengertian Ketamin
Definisi Ketamin adalah
bius disasosiatif yang diberikan secara intravena dan digunakan dalam induksi dan pemeliharaan anestesi umum.

– Pengertian Keterampilan Motorik
Definisi Keterampilan motorik adalah
kemampuan seseorang untuk melakukan gerakan terkoordinasi menggunakan kombinasi berbagai tindakan otot. Keterampilan motorik kasar cenderung dilakukan oleh otot-otot besar dan menghasilkan gerakan tubuh yang lebih besar seperti berlari dan melompat. Keterampilan motorik halus cenderung dilakukan oleh otot-otot yang lebih kecil seperti yang di tangan dan menghasilkan tindakan seperti menulis atau membuka tutup botol.

– Pengertian Keterbelakangan Mental
Definisi Keterbelakangan mental adalah
sebuah kelompok besar gangguan dari masa bayi, masa kanak-kanak, atau remaja ditandai dengan fungsi intelektual yang secara signifikan di bawah rata-rata (IQ 70 atau di bawah), yang terwujud sebelum usia 18 dengan gangguan fungsi adaptif (di bawah kinerja yang diharapkan untuk usia di berbagai bidang seperti sebagai keterampilan hidup sosial atau harian, komunikasi, dan kemandirian). Berbagai tingkat keparahan yang diakui: tingkat IQ 50/55-70 adalah ringan, tingkat IQ 35/40- 50/55 adalah moderat; tingkat IQ 20/25-35/40 berat; tingkat IQ di bawah 20/25 adalah sangat berat.

– Pengertian Ketergantungan Obat
Definisi Ketergantungan obat (drug dependence)
atau juga disebut kecanduan adalah situasi di mana penggunaan obat telah mengubah perilaku dan metode pengguna, menciptakan kebutuhan untuk terus menggunakan atau mendapatkan dosis lebih banyak.

– Pengertian Keterikatan Maternal
Definisi Keterikatan maternal (maternal attachment)
mengacu pada proses di mana seorang wanita hamil ikut merasakan perasaan dan emosi janinnya, berinteraksi dengan janinnya dan mengembangkan identitas ibu (yaitu mulai mengidentifikasi dirinya sebagai seorang ibu) selama kehamilan. Juga dikenal sebagai keterikatan kehamilan atau keterikatan ibu-janin.

– Pengertian Ketidakseimbangan Elektrolit
Definisi Ketidakseimbangan elektrolit adalah
ketika jumlah natrium dan kalium dalam tubuh terlalu banyak atau terlalu sedikit.

– Pengertian Ketoasidosis
Definisi Ketoasidosis adalah
1. Glukosa darah tinggi, seringkali disebabkan oleh penyakit atau menggunakan insulin terlalu sedikit. 2. Keasaman darah dan jaringan tubuh lainnya abnormal tinggi, dengan akumulasi keton.

– Pengertian Ketoasidosis Diabetik
Definisi Ketoasidosis diabetik adalah
suatu kondisi yang ditandai oleh ketosis (peningkatan kadar keton dalam darah) dan asidosis (keasaman darah meningkat). Ketoasidosis diabetik adalah komplikasi diabetes yang terjadi ketika gula darah tidak cukup terkontrol. Jika tidak diobati, kondisi ini dapat menyebabkan koma dan kematian.

– Pengertian Ketokonazol
Definisi Ketokonazol (ketoconazole) adalah
sebuah obat untuk infeksi yang disebabkan oleh jamur. Obat ini juga digunakan dalam pengobatan kanker prostat karena dapat menghalangi produksi hormon seks pria.

– Pengertian Ketombe
Definisi Ketombe adalah
serpihan kecil dari kulit kepala yang mati. Ketombe terjadi dalam keadaan di mana sel-sel permukaan di kulit kepala tumbuh luar biasa cepat.

– Pengertian Keton
Definisi Keton adalah
produk sampingan dari metabolisme lemak. Ketika tubuh tidak memiliki cukup glukosa, hati mengubah lemak menjadi asam keton, yang digunakan sebagai bahan bakar oleh otot.. Keton dapat menumpuk di dalam darah sebagai akibat insulin yang tidak memadai atau asupan kalori yang tidak memadai. Peningkatan keton dalam sampel darah atau sampel urin ditemukan dalam kasus-kasus kelaparan dan beberapa kasus diabetes mellitus akut (tipe I).

– Pengertian Ketonuria
Definisi Ketonuria adalah
badan keton dalam urin, sebuah tanda peringatan ketoasidosis diabetik.

To top