Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Kemoterapi – KFR)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Kemoterapi – KFR) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Keloid – Kemotaksis). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Kemoterapi - KFR)

– Pengertian Kemoterapi
Definisi Kemoterapi adalah
penggunaan obat atau hormon untuk mengatasi kanker. Dua istilah medis lain yang sering digunakan untuk menggambarkan kemoterapi adalah antineoplastik (yang berarti anti-kanker) dan terapi sitotoksik (yang berarti membunuh sel-sel kanker)..Obat kemoterapi dapat diberikan secara oral, suntikan intravena (ke pembuluh darah), injeksi subkutan (bawah kulit), injeksi intramuskular (ke dalam otot), injeksi intra-arteri (ke pembuluh nadi), atau topikal (dengan krim atau gel). Berbeda dengan perawatan lain seperti radiasi dan pembedahan yang merupakan pengobatan lokal, kemoterapi hampir selalu digunakan sebagai pengobatan sistemik. Artinya, obat berjalan ke seluruh tubuh untuk mencapai sel-sel kanker di mana pun mereka mungkin telah menyebar. Kemoterapi digunakan untuk mengobati banyak jenis kanker. Ada lebih dari 100 obat yang digunakan saat ini untuk kemoterapi baik diberikan sendiri-sendiri atau dalam kombinasi dengan obat atau perawatan lain. Obat-obatan tersebut sangat bervariasi dalam komposisi kimia, cara pengambilan, kegunaannya dalam mengobati bentuk-bentuk khusus kanker, dan efek sampingnya.

– Pengertian Kemoterapi Neoajuvan
Definisi Kemoterapi neoajuvan (neoadjuvant chemotherapy) adalah
penggunaan obat-obatan pendahulu untuk mengobati / mengecilkan kanker primer, sehingga perawatan tambahan lebih efektif.

– Pengertian Kemoterapi Sistemik
Definisi Kemoterapi sistemik adalah
kemoterapi yang diambil melalui pil atau suntikan jarum ke pembuluh darah atau otot.

– Pengertian Kemoterapi Topikal
Definisi Kemoterapi topikal adalah
kemoterapi yang diberikan sebagai krim atau lotion pada kulit untuk membunuh sel kanker.

– Pengertian Kepadatan Mineral Tulang
Definisi Kepadatan mineral tulang (bone mineral density/BMD) adalah
ukuran gram mineral (kalsium) per wilayah dan sering digunakan sebagai ukuran tidak langsung untuk kekuatan tulang (karena fakta saat ini belum ada ukuran yang akurat dari kekuatan tulang secara keseluruhan)..Angka BMD dihitung diukur dalam studi densitometri, biasanya dalam unit gram per sentimeter persegi dan paling sering dibandingkan dengan referensi nilai-nilai populasi.

– Pengertian Kepadatan Tulang
Definisi Kepadatan tulang adalah
rasio massa tulang dengan volume, menunjukkan kekompakan tulang. Kepadatan tulang meningkat pesat sampai remaja, lebih lambat sampai usia 35 dan kemudian mendatar dan menurun. Kepadatan tulang paling sering diukur di tulang belakang, pinggul, lengan, pergelangan tangan dan tumit untuk mendeteksi dan mendiagnosis osteoporosis.

– Pengertian Kepala Femoral
Definisi Kepala femoral adalah
bagian atas femur (tulang paha) berbentuk bola yang berada di dalam soket pinggul, menciptakan persendian.

– Pengertian Keputihan
Definisi Keputihan
, lihat definisi leukorea.

– Pengertian Kerah Leher
Definisi Kerah leher (neck collar) adalah
kerah yang mendukung leher yang cedera dan mengurangi rasa sakit.

– Pengertian Kerak
Definisi Kerak (juga disebut keropeng) adalah
formasi darah, nanah, atau cairan kulit lainnya yang mengering di atas robekan kulit.

– Pengertian Kerangka Aksial
Definisi Kerangka aksial (axial skeleton) adalah
kelompok 80 tulang yang terdiri: Tulang tengkorak (29 tulang): terdiri dari 8 tulang kranial, 14 tulang wajah, tulang hioid, dan 6 tulang pendengaran (telinga).
Tulang badan (51 tulang): terdiri dari kolom tulang belakang yang berisi 26 tulang, 24 tulang rusuk dan 1 tulang dada (sternum).

– Pengertian Kerangka Apendikular
Definisi Kerangka apendikular adalah
kerangka terdiri 126 tulang anggota gerak: Anggota gerak atas (64 tulang): terdiri dari 10 tulang bahu dan lengan, 16 tulang pergelangan tangan dan 38 tulang tangan.
Anggota gerak bawah (62 tulang): terdiri dari 10 tulang pinggul dan tungkai, 14 tulang pergelangan kaki dan 38 tulang kaki.

– Pengertian Keratan Sulfat
Definisi Keratan Sulfat adalah
sebuah glikosaminoglikan (sejenis polisakarida) yang ditemukan di tulang rawan dan di kornea mata.

– Pengertian Keratektomi
Definisi Keratektomi adalah
operasi pengangkatan jaringan kornea.

– Pengertian Keratektomi Fotorefraktif (KFR)
Definisi Keratektomi fotorefraktif (KFR) adalah
prosedur operasi laser pada mata yang dimaksudkan untuk memperbaiki penglihatan seseorang dan mengurangi ketergantungan pada kacamata atau lensa kontak. Prosedur ini secara permanen mengubah bentuk kornea sentral anterior menggunakan laser excimer untuk mengikis (membakar) sejumlah kecil jaringan dari stroma kornea di depan mata, tepat di bawah epitel kornea. Lapisan luar kornea akan dihapus sebelum ablasi. Berbeda dengan LASIK, karena KFR tidak melibatkan flap permanen di lapisan kornea yang lebih dalam, integritas struktural kornea kurang diubah oleh KRF, tapi KRF bisa lebih menyakitkan dan pemulihan visual yang lebih lambat. Pada kebanyakan pasien, KRF telah terbukti menjadi prosedur yang aman dan efektif untuk koreksi miopia.

To top