Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Keloid – Kemotaksis)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Keloid – Kemotaksis) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Meyer’s Loop – Mikronukleus). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Keloid - Kemotaksis)

– Pengertian Keloid
Definisi Keloid adalah
akumulasi abnormal dari jaringan parut setelah operasi atau cedera..Kulit menyembuhkan diri dengan pembentukan jaringan parut, yang pada awalnya kemerahan dan agak menonjol. Lambat laun, bekas luka menjadi lebih datar dan membentuk apa yang disebut keloid.

– Pengertian Kelompok Kontrol
Definisi Kelompok kontrol adalah
sekelompok orang dalam sebuah penelitian yang tidak menerima pengobatan atau tes yang sedang dipelajari. Sebaliknya, mereka mungkin menerima perawatan standar (kadang disebut “perawatan biasa”) atau plasebo. Hasil pada kelompok kontrol dibandingkan dengan hasil pada kelompok yang menerima perawatan yang diuji. Tujuannya adalah untuk memeriksa setiap perbedaan..Idealnya, orang-orang pada kelompok kontrol harus semirip mungkin dengan pada kelompok perawatan, untuk memudahkan untuk mendeteksi efek karena pengobatan.

– Pengertian Kelompok Sebaya
Definisi Kelompok sebaya (peer group) adalah
kelompok yang berpengaruh penting sepanjang hidup seseorang, tetapi lebih penting selama tahun-tahun perkembangan anak dan remaja. Kontroversi sering hadir antara pengaruh kelompok sebaya dengan pengaruh orang tua, terutama selama masa remaja.

– Pengertian Keluarga Berencana
Definisi Keluarga berencana adalah
pengaturan jumlah anak yang lahir, mengacu baik pada pencegahan kehamilan (dengan pil KB, sterilisasi, dll) atau pencegahan kelahiran.

– Pengertian Keluarga Berencana Metode Alami
Definisi Keluarga berencana metode alami adalah
metode keluarga berencana yang berfokus pada waktu ovulasi wanita, sehingga kehamilan dapat dihindari atau didapatkan.

– Pengertian Kelumpuhan
Definisi Kelumpuhan (paralisis) adalah
hilangnya gerakan sukarela (fungsi motorik). Kelumpuhan yang mempengaruhi hanya satu otot atau tungkai adalah kelumpuhan parsial, juga dikenal sebagai cerebral, kelumpuhan dari semua otot adalah kelumpuhan total, sebagaimana terjadi dalam kasus botulisme.

– Pengertian Kematangan Seksual Tertunda
Definisi Kematangan seksual tertunda (delayed sexual maturation) adalah
kondisi yang hadir pada anak laki-laki yang tidak mengalami pembesaran testis sampai usia 13,5 tahun atau jika ada lebih dari lima tahun antara pertumbuhan awal dan pertumbuhan lengkap alat kelamin. Pada anak perempuan, kematangan seksual tertunda ditandai oleh kurangnya pembesaran payudara pada usia 13 tahun, atau jika ada periode lebih dari lima tahun antara awal pertumbuhan payudara dengan menstruasi pertama. Kondisi ini mungkin akibat gangguan atau cacat genetik seperti sindrom Turner pada wanita dan sindrom Klinefelter pada pria, gangguan sistem saraf pusat seperti kondisi hipofisis yang mengganggu sekresi hormon gonadotropik, dan penyakit kronis seperti diabetes mellitus, gagal ginjal kronis, dan fibrosis kistik.

– Pengertian Kematian Autoerotik
Definisi Kematian autoerotik (autoerotic death) adalah
kematian dari diri asfiksia atau stimulasi listrik sebagai bagian dari ritual masturbatori parafilik. Ritual autoerotik berbahaya dapat diulang selama bertahun-tahun sebelum tiba saat salah perhitungan yang berakibat kematian. Kematian biasanya dari sesak napas atau listrik, sebagai puncak dari ritual sengaja seksuoerotik parafilik yang melibatkan pencekikan diri atau penyetruman diri. Lihat juga asfiksiofilia, elektrokutofilia.

– Pengertian Kematian Jantung Mendadak
Definisi Kematian jantung mendadak (sudden cardiac death) adalah
kematian akibat penyebab jantung dalam waktu 1 jam dari timbulnya gejala, tanpa peringatan sebelumnya. Biasanya disebabkan oleh fibrilasi ventrikel.

– Pengertian Kematian Neonatal
Definisi Kematian neonatal adalah
kematian bayi yang lahir hidup dalam rentang waktu 28 hari sejak kelahiran.

– Pengertian Kematian Otak
Definisi Kematian Otak adalah
kondisi di mana otak berhenti berfungsi sementara jantung terus berdenyut.

– Pengertian Kembar Fraternal
Definisi Kembar fraternal adalah
ketika dua atau lebih telur yang dilepaskan dalam siklus ovulasi yang sama dibuahi oleh dua sperma yang berbeda. Bayi tidak akan kembar identik dan mungkin berbeda jenis kelamin. Jenis kembar ini lebih mungkin terjadi bila ada riwayat kembar fraternal di keluarga ibu.

– Pengertian Kemokin
Definisi Kemokin (chemokine) adalah
bahan kimia yang disekresi oleh sel-sel sistem kekebalan tertentu, yang bertindak sebagai utusan antara sel dan merangsang aktivitas sel.

– Pengertian Kemolisis
Definisi Kemolisis adalah
pelarutan batu ginjal dengan bahan kimia aplikasi. Batu asam urat, misalnya, dapat dilarutkan dengan larutan natrium bikarbonat dalam air garam. Batu sistin dapat diobati dengan kombinasi acetylcysteine dan natrium bikarbonat dalam air garam. Struvite dan batu karbon apatit bisa diobati dengan larutan asam hemiacidrin. Prosedur ini melibatkan menyuntikkan larutan kimia ke daerah yang terkena dengan menggunakan kateter saluran kemih dalam serangkaian perawatan dari waktu ke waktu sampai batu dibuyarkan. Urin pasien harus dikultur teratur sepanjang perjalanan pengobatan untuk mencegah infeksi saluran kemih dan mencegah penumpukan tingkat kimia berlebihan, terutama magnesium, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya.

– Pengertian Kemotaksis
Definisi Kemotaksis adalah
gerakan sel atau organisme menuju atau menjauh dari stimulus kimia.

To top