Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Membran – Meninges)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Membran – Meninges) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Mekanisme Cedera – Memar Otak). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Membran - Meninges)

– Pengertian Membran
Definisi Membran adalah
sebuah lapisan tisu sangat tipis yang menutupi permukaan.

– Pengertian Membran Basilar
Definisi Membran basilar atau membran basilaris adalah
membran yang dibentuk oleh serat elastis tipis yang meregang di saluran koklea. Serat-seratnya pendek dan padat di wilayah basal dan menjadi lebih panjang dan jarang ketika mendekati puncak koklea, di mana membran basilar berakhir dalam foramen yang menghubungkan dua sisi partisi dari kanal spiral. Serat ini dapat bergetar seperti senar pada alat musik.

– Pengertian Membran Bowman
Definisi Membran Bowman adalah
lapisan kornea kedua yang sangat tipis yang terletak di antara epitel dan stroma, dianggap bertanggung jawab untuk adhesi epitel.

– Pengertian Membran Difteretik
Definisi Membran difteretik adalah
lapisan tipis pada permukaan organ epitel berlapis (misalnya usus) yang terdiri dari puing-puing nekrotik selular, sel-sel inflamasi dan fibrin.

– Pengertian Membran Mukosa
Definisi Membran mukosa adalah
jaringan lunak basah yang melapisi bukaan tubuh, khususnya mulut, hidung, rektum dan vag1na.

– Pengertian Membran Perut
Definisi Membran perut adalah
membran yang melapisi dinding rongga perut.

– Pengertian Membran Plasma
Definisi Membran plasma adalah
lapisan terluar dari sel. Bagian ini memisahkan sel dari lingkungan dan memungkinkan bahan untuk memasuki dan meninggalkan sel.

– Pengertian Membran Sel
Definisi Membran sel, juga disebut membran plasma, adalah
penghalang yang memisahkan isi sel dari lingkungan luar dan mengontrol pergerakan materi masuk dan keluar dari sel. Sebuah membran sel mamalia terdiri dari fosfolipid bilayer dengan protein dan kolesterol.

– Pengertian Membran Timpani
Definisi Membran timpani adalah
istilah medis untuk gendang telinga. Gendang telinga terletak di telinga bagian dalam dan berupa kulit tipis ketat yang bergetar.

– Pengertian Memeriksa Payudara Sendiri
Definisi Memeriksa payudara sendiri (sadari) adalah
pemeriksaan yang seorang wanita harus lakukan sendiri setiap bulan untuk memeriksa setiap perubahan dalam jaringan payudara.

– Pengertian Mendengkur
Definisi Mendengkur atau ngorok adalah
suara berderak kasar yang dihasilkan oleh inspirasi di saat tidur oleh getaran langit-langit lunak (bagian belakang atap mulut) dan uvula (struktur menonjol menjuntai ke bawah pada bagian belakang mulut)..Pada saat inspirasi, udara dalam perjalanan ke paru-paru melalui lidah, langit-langit lunak, uvula, dan amandel. Ketika seseorang terjaga, otot-otot di belakang tenggorokan mengencang untuk menahan struktur di tempatnya dan mencegah mereka runtuh dan bergetar saat bernapas. Selama tidur, langit-langit lunak dan uvula dapat bergetar menyebabkan suara mendengkur. Mendengkur diyakini terjadi pada sekitar 30% perempuan dan 40% pria.

– Pengertian Menggigil
Definisi Menggigil adalah
perasaan dingin disertai dengan getaran tubuh. Menggigil dapat berkembang setelah terpapar lingkungan yang dingin atau menyertai demam.

– Pengertian Meninges
Definisi Meninges adalah
tiga selaput jaringan ikat yang melampirkan dan melindungi sistem saraf pusat (otak dan sumsum tulang belakang). Tiga selaput yang menyusun meninges dari luar ke dalam: dura, arakhnoid, dan pia mater. Dura mater adalah yang paling tebal, pia mater yang paling tipis.

To top