Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Mekanisme Cedera – Memar Otak)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Mekanisme Cedera – Memar Otak) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Medialis – Meiosis). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Mekanisme Cedera - Memar Otak)

– Pengertian Mekanisme Cedera
Definisi Mekanisme cedera adalah
sebuah representasi dari pola-pola energi yang menyebabkan luka traumatis.

– Pengertian Mekanoreseptor
Definisi Mekanoreseptor (mechanoreceptor) adalah
sel yang mentransduksi rangsangan mekanik dan merelay sinyal ke sistem saraf pusat.

– Pengertian Mekonium
Definisi Mekonium adalah
feses (tinja) pertama bayi yang baru lahir, yang kental, lengket, dan berwarna hitam kehijauan. Mekonium terbuat dari cairan ketuban, lendir, lanugo (rambut halus yang menutupi tubuh bayi), empedu, dan sel-sel yang berasal dari kulit dan saluran usus. Feses bayi biasanya berubah dari mekonium ke tinja kuning kehijauan dalam 4 – 5 hari.

– Pengertian Melahirkan Alami
Definisi Melahirkan alami adalah
sebuah teknik melahirkan yang menekankan pada teknik relaksasi sehingga penggunaan obat penghilang rasa sakit dapat diminimalkan. Dua metode melahirkan alami yang paling umum adalah metode Lamaze dan metode Leboyer.

– Pengertian Melanin
Definisi Melanin adalah
pigmen yang memberikan warna kulit dan rambut dan melindungi terhadap radiasi UV.

– Pengertian Melanoma
Definisi Melanoma adalah
kanker pada sel-sel pembentuk pigmen kulit atau retina mata. Melanoma sangat berbahaya karena setelah tumbuh dengan ketebalan tertentu akan bermetastasis (menyebar ke seluruh tubuh). Setelah melanoma menyebar ke organ-organ internal, tidak banyak yang bisa dilakukan dan kematian biasanya mengikuti.

– Pengertian Melanoma Maligna
Definisi Melanoma maligna adalah
jenis kanker kulit yang paling serius di mana mol berubah bentuk, menjadi gelap, menyakitkan, dan/atau mudah berdarah

– Pengertian Melasma
Definisi Melasma atau kloasma adalah
perubahan warna kecoklatan pada wajah yang paling sering terjadi pada wanita. Pria juga dapat mengembangkan masalah ini. Kehamilan (topeng kehamilan) adalah penyebab paling umum dari melasma. Wanita yang menggunakan kontrasepsi oral berisiko mengembangkan melasma.

– Pengertian Melatonin
Definisi Melatonin adalah
 hormon yang diproduksi di kelenjar pineal, sebuah kelenjar kecil di otak, yang membantu mengatur siklus tidur dan bangun. Sejumlah sangat kecil melatonin ditemukan dalam makanan seperti daging, biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran. Biasanya, tingkat melatonin mulai meningkat pada pertengahan sampai larut malam, tetap tinggi untuk sebagian besar malam, dan kemudian menurun pada pagi hari.

– Pengertian Melena
Definisi Melena adalah
darah pada tinja.

– Pengertian Meleoli
Definisi Meleoli adalah
istilah medis yang digunakan untuk menggambarkan pergelangan kaki Anda. Pergelangan kaki terdiri dari delapan tulang yang disebut tulang Tarsus.

– Pengertian Melondialdehid
Definisi Melondialdehid (MDA) adalah
produk sampingan dari metabolisme lipid (lemak) dalam tubuh, suatu senyawa organik yang sangat reaktif dan berpotensi mutagenik. Sebuah penanda untuk stres oksidatif, MDA terlihat di kornea pasien yang menderita keratopati keratokonus dan bulosa dan sendi pasien osteoartritis.

– Pengertian Memar
Definisi Memar (juga disebut kontusi) adalah
 Koleksi darah karena pembuluh darah yang pecah di bawah kulit yang biasanya disebabkan oleh trauma. Memar menyebabkan perubahan warna dan pembengkakan di daerah tersebut. Perubahan warna kulit karena adanya ekstravasasi darah ke jaringan yang mendasarinya.

– Pengertian Memar Otak
Definisi Memar otak atau kontusio serebri (contusio cerebri, cerebral contusion) adalah
perdarahan di dalam jaringan otak yang tidak disertai oleh robekan jaringan yang terlihat, meskipun sejumlah neuron mengalami kerusakan atau terputus. Memar otak disebabkan oleh akselerasi kepala tiba-tiba yang menimbulkan pergeseran otak dan kompresi yang merusak, yang membuat pingsan sementara.

To top