Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Marasmus – Mastektomi Preventif)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Marasmus – Mastektomi Preventif) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Mangan – Manuver Heimlich). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Marasmus - Mastektomi Preventif)

– Pengertian Marasmus
Definisi Marasmus adalah
salah satu dari tiga bentuk serius malnutrisi protein, terutama pada kelompok balita. Dua bentuk lainnya adalah kwashiorkor dan marasmus-kwashiorkor. Marasmus ditandai dengan retardasi pertumbuhan dan kehilangan lemak dan otot di bawah kulit. Marasmus terutama disebabkan oleh kekurangan kalori dan energi protein, sedangkan kwashiorkor disebabkan kekurangan protein yang terkait, yang membentuk edema..Marasmus dan kwashiorkor adalah masalah global yang melibatkan lebih dari 50 juta anak berusia kurang dari 5 tahun. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), 49% dari 10,4 juta kematian yang terjadi pada anak-anak balita di negara berkembang berkaitan dengan malnutrisi protein.

– Pengertian Marasmus-Kwashiorkor
Definisi Marasmus-Kwashiorkor (marasmic kwashiorkor) adalah
manifestasi malnutrisi protein serius di mana baik kondisi marasmus maupun kwashiorkor hadir. Marasmus-kwashiorkor menunjukkan bahwa dalam praktiknya sulit untuk memisahkan fitur dari kondisi marasmus dengan fitur dari kwashiorkor karena keduanya saling terkait.

– Pengertian Marimastat
Definisi Marimastat adalah
sebuah obat antikanker dalam keluarga obat yang disebut inhibitor angiogenesis. Marimastat adalah inhibitor metaloproteinase matriks.

– Pengertian Masa Inkubasi
Definisi Masa inkubasi adalah
waktu dari saat paparan agen menular sampai tanda-tanda dan gejala penyakit muncul. Sebagai contoh, periode inkubasi cacar air adalah 14-16 hari..Dalam biologi, masa inkubasi adalah waktu yang diperlukan untuk berlangsungnya setiap proses pertumbuhan tertentu. Misalnya, jangka waktu untuk telur ayam menetas adalah masa inkubasi.

– Pengertian Masase
Definisi Masase atau pijat adalah
penggunaan tekanan dan gerakan yang bervariasi untuk memanipulasi otot dan jaringan lunak lainnya. Dengan melemaskan jaringan lunak tubuh, lebih banyak darah dan oksigen dapat mencapai daerah yang terkena dampak dan mengurangi nyeri.

– Pengertian Maserasi
Definisi Maserasi adalah
pelunakan melalui perendaman dalam cairan. Dalam dermatologi, maserasi mengacu pada pelunakan kulit karena kelembaban berlebihan dan terus-menerus sehingga memudahkan infeksi kulit.

– Pengertian Masker Tinnitus
Definisi Masker tinnitus adalah
sebuah perangkat untuk mengurangi atau menekan persepsi tinnitus dari pasien dengan menghadirkan suara eksternal, biasanya suara pita lebar beberapa desibel di atas ambang batas yang menutupi atau mengacaukan tinnitus..Masker tinnitus menyerupai alat bantu dengar dan biasanya dipasang pada kedua telinga jika pasien memiliki tinnitus bilateral. Jenis lain masker ini yang menyerupai radio meja kecil, yang menghasilkan kebisingan pita lebar. Perangkat ini dapat diatur pada tingkat frekuensi yang nyaman untuk mengantar tidur, dengan menghasilkan suara yang menyenangkan dan pada saat yang sama menutupi atau mengurangi sensasi tinnitus.

– Pengertian Maskulin
Definisi Maskulin adalah
pola sosial yang menunjukkan bagaimana seorang pria diharapkan untuk berperilaku. Kontras dengan feminin.

– Pengertian Maskulinisasi
Definisi Maskulinisasi
mengacu pada perkembangan abnormal karakteristik seksual laki-laki pada wanita (biasanya sebagai akibat dari terapi hormon atau defek adrenal).

– Pengertian Masokisme
Definisi Masokisme adalah
kesenangan yang berasal dari rasa sakit fisik atau psikologis yang ditimbulkan pada diri sendiri baik oleh diri sendiri atau orang lain. Masokisme mungkin melibatkan pencambukan, pemukulan, perbudakan, dan penyerahan total kepada pasangan seksual yang lebih dominan. Kondisi ini juga disebut masokisme seksual dan diklasifikasikan sebagai parafilia ketika secara sadar dilakukan sebagai bagian dari tindakan seksual atau sebagai prasyarat untuk kepuasan seksual. Masokisme adalah kebalikan dari sadisme, meskipun keduanya cenderung untuk eksis secara berdampingan pada orang yang sama (dalam kondisi yang disebut sadomasokisme).

– Pengertian Massa Adneksa
Definisi Massa adneksa adalah
benjolan di jaringan dekat rahim, biasanya di indung telur atau tuba falopi. Massa adneksa termasuk kista ovarium, kehamilan ektopik, dan tumor jinak atau ganas.

– Pengertian Massa Tulang
Definisi Massa tulang adalah
jumlah mineral dalam tulang. Meskipun berbeda dengan kepadatan tulang, istilah ini seringkali digunakan secara bergantian.

– Pengertian Mastalgia
Definisi Mastalgia adalah
istilah medis untuk nyeri payudara. Diperkirakan kondisi ini mempengaruhi 69% wanita, terutama antara usia 30 dan 50 tahun.

– Pengertian Mastektomi
Definisi Mastektomi adalah
operasi pengangkatan payudara. Mastektomi segmental (lumpektomi) melakukan pengangkatan benjolan dan sejumlah kecil jaringan payudara di sekitarnya. Mastektomi sederhana (atau dimodifikasi) mengangkat seluruh payudara. Mastektomi radikal mengangkat seluruh payudara bersama dengan otot yang mendasari dan kelenjar getah bening ketiak.

– Pengertian Mastektomi Preventif
Definisi Mastektomi preventif adalah
pembedahan untuk mengurangi risiko kanker payudara dengan menghapus salah satu atau kedua payudara sebelum penyakit berkembang. Juga disebut mastektomi profilaksis.

To top