Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Mangan – Manuver Heimlich)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Mangan – Manuver Heimlich) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Maligna – Mandibula). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Mangan - Mandibula)

– Pengertian Mangan
Definisi Mangan (manganese) adalah
 mineral penting yang diperlukan dalam jumlah kecil untuk memproduksi enzim yang diperlukan untuk metabolisme protein dan lemak. Zat ini juga mendukung sistem kekebalan tubuh dan keseimbangan gula darah serta terlibat dalam produksi energi sel, reproduksi, dan pertumbuhan tulang.

– Pengertian Mania
Definisi Mania adalah
gejala gangguan bipolar yang ditandai dengan kegembiraan berlebihan, overaktifitas fisik, dan ide-ide berlimpah dan cepat berubah (pikiran tersebar atau tangensial). Seseorang dalam keadaan manik merasakan impuls emosional yang tinggi dan umumnya mengikutinya.

– Pengertian Manik Depresif
Definisi Manik depresif atau juga disebut gangguan bipolar adalah
kondisi yang ditandai dengan perubahan mood, mania pada saat keparahan tertinggi dan depresi pada saat terendah, seringkali dengan periode suasana hati normal di antaranya. Perubahan mood biasanya dalam satu atau dua hari, dan secara terus-menerus selama minimal seminggu. Ketika dalam siklus depresi, penderita dapat memiliki sebagian atau semua gejala depresi. Ketika dalam siklus mania, penderita dapat sangat aktif, lebih banyak bicara, dan memiliki banyak energi.

– Pengertian Manipulasi Sendi
Definisi Manipulasi sendi adalah
gerakan pasif dan terampil dari sendi (atau segmen tulang belakang) baik di dalam atau di luar jangkauan gerak aktifnya. Juga dikenal sebagai mobilisasi sendi.

– Pengertian Manitol
Definisi Manitol adalah
gula alkohol diet yang juga digunakan dalam tes medis fungsi ginjal.

– Pengertian Manometri
Definisi Manometri adalah
tes untuk mengukur tekanan otot.

– Pengertian Manometri Anorektal
Definisi Manometri anorektal (anorectal manometry) adalah
tes untuk menguji kekuatan otot-otot rektum dan anus. Otot-otot ini normalnya mengencang untuk menahan gerakan feces dan mengendur untuk melewatkannya. Dalam tes ini, sebuah tabung kecil ditempatkan ke dalam rektum, lalu tekanan di dalam anus dan rektum diukur. Tes akan memberikan informasi kekuatan dan koordinasi kontraksi anal dan rektal..Manometri anorektal bermanfaat untuk mengevaluasi konstipasi dan masalah anus dan rektum lainnya.

– Pengertian Manometri Antroduodenal
Definisi Manometri antroduodenal (antroduodenal manometry)
atau dikenal juga sebagai manometri usus kecil (small bowel manometry) adalah tes yang memberikan informasi aktivitas otot dan saraf perut dan usus kecil. Pasien tidak makan selama 2 jam dan kemudian diberi makan kaya lemak selama tes. Tes akan memberi informasi kekuatan dan koodirdinasi kontraksi pencernaan.

– Pengertian Manometri Esofageal
Definisi Manometri esofageal (esophageal manometry) adalah
pengukuran kekuatan otot-otot esofagus. Pemeriksaan dilakukan dengan memasukkan tabung kecil melalui lubang hidung, lalu dilewatkan ke tenggorokan dan kerongkongan. Tekanan otot-otot esofagus saat beristirahat lalu diukur. Tes ini bermanfaat untuk mengevaluasi gastroesophageal reflux (GERD) dan gangguang menelan.

– Pengertian Manometri Kolonik
Definisi Manometri kolonik (colonic manometry) adalah
manometri yang dilakukan pada kolon untuk memeriksa kondisi seperti dismotiliti kolonik, konstipasi atau inkontinensia fekal.

– Pengertian Manset
Definisi Manset (manchette) adalah
struktur mikrotubulus transien pada spermatid yang terlibat dalam proses perakitan ekor sperma mamalia dan membentuk mekanik dan kondensasi inti sperma.

– Pengertian Manset Rotator
Definisi Manset rotator adalah
sekelompok 4 otot: subskapularis, supraspinatus, infraspinatus dan teres minor. Tendon insersional mereka berkumpul untuk membentuk sebuah “manset” di atas sendi bahu, dalam perjalanan mereka untuk melampirkan skapula (tulang belikat) ke humerus (tulang lengan atas). Salah satu fungsi utamanya adalah mengontrol dan menghasilkan rotasi bahu.

– Pengertian Manubrial Notch
Definisi Manubrial Notch adalah
daerah di bagian bawah tenggorokan Anda.

– Pengertian Manubrium Sterni
Definisi Manubrium sterni
, disebut juga presterni, adalah ujung bagian atas yang lebar pada sternum. Manubrium adalah kata latin untuk “pegangan”.

– Pengertian Manuver Heimlich
Definisi Manuver Heimlich adalah
pengobatan darurat pertolongan pertama, terdiri dari serangkaian dorongan pada perut di bawah diafragma, digunakan pada seseorang yang tersedak makanan atau benda asing.

To top