Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Kelainan Kongenital – Kelenjar Zeis)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Kelainan Kongenital – Kelenjar Zeis) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Keguguran – Kelahiran Sungsang). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Kelainan Kongenital - Kelenjar Zeis)

– Pengertian Kelainan Kongenital
Definisi Kelainan kongenital adalah
kelainan fisik yang hadir pada saat lahir. Juga disebut cacat lahir. Lebih dari 3.000 jenis kelainan kongenital telah teridentifikasi.

– Pengertian Kelelahan
Definisi Kelelahan (fatigue) adalah
kondisi yang ditandai oleh kapasitas berkurang untuk bekerja dan mengurangi efisiensi prestasi, biasanya disertai dengan perasaan letih dan lemah. Kelelahan dapat akut dan datang tiba-tiba atau kronis dan bertahan.

– Pengertian Kelelahan Panas
Definisi Kelelahan panas (heat exhaustion) adalah
suatu bentuk penyakit yang berhubungan dengan panas yang lebih parah dari kram panas dan akibat dari hilangnya air dan garam dalam tubuh. Hal ini terjadi dalam kondisi panas yang ekstrim dan berkeringat berlebihan tanpa cairan yang cukup dan penggantian garam. Kelelahan panas terjadi ketika tubuh tidak mampu untuk mendinginkan diri dengan benar. Jika tidak diobati, kelelahan panas dapat berkembang menjadi stroke panas (heat stroke).

– Pengertian Kelenjar
Definisi Kelenjar (gland) adalah
sekelompok sel yang mensekresikan zat untuk digunakan dalam tubuh (misalnya, kelenjar tiroid) atau menghilangkan bahan-bahan dari peredaran (misalnya, kelenjar getah bening).

– Pengertian Kelenjar Adrenal
Definisi Kelenjar Adrenal
Lihat adrenal.

– Pengertian Kelenjar Aksila
Definisi Kelenjar aksila adalah
kelenjar getah bening yang terletak di bawah lengan.

– Pengertian Kelenjar Bartolin
Definisi Kelenjar bartolin (Bartholin’s glands) adalah
sepasang kelenjar seukuran kacang yang, ketika terangsang secara seksual, melepaskan cairan yang melumasi vag1na; homolog dengan kelenjar bulbouretral pada laki-laki. Kelenjar ini terletak di arah pukul 04:00 dan 08:00 di tepi liang vag1na (vulvovag1nalis).

– Pengertian Kelenjar Bulbouretral
Definisi Kelenjar bulbouretral, atau kelenjar Cowper, adalah
salah satu dari dua kelenjar kecil seukuran kacang pada sistem reproduksi pria yang terletak di belakang dan di sisi uretra. Selama gairah seksual, masing-masing kelenjar ini membuat cairan bening yang dikenal sebagai cairan pra-ejakulasi (madzi). Cairan ini membantu untuk melumasi uretra yang akan dilewati sperma dan membersihkannya dari sisa urin atau kotoran. Mereka homolog dengan kelenjar bartolin pada wanita.

– Pengertian Kelenjar Cowper
Definisi Kelenjar Cowper
sinonim dengan kelenjar bulbouretral.

– Pengertian Kelenjar Endokrin
Definisi Kelenjar Endokrin adalah
 sekelompok sel-sel khusus yang melepaskan hormon ke dalam darah. Contoh kelenjar endokrin adalah pulau di pankreas yang mensekresikan insulin.

– Pengertian Kelenjar Getah Bening
Definisi Kelenjar getah bening adalah
organ kecil, seukuran kacang, yang terletak di seluruh tubuh, dengan konsentrasi di leher, pangkal paha, dan ketiak. Ada sekitar 500-700 kelenjar getah bening menyebar ke seluruh tubuh. Kelenjar getah bening menyaring antigen dan mengaktivasi sel kekebalan tubuh. Ketika sistem kekebalan tubuh diaktifkan, mereka mulai memproduksi sejumlah besar limfosit yang menyebabkan mereka membengkak.

– Pengertian Kelenjar Krause
Definisi Kelenjar Krause adalah
kelenjar kecil di kelopak mata yang melepaskan sekresi untuk membentuk lapisan tengah film air mata yang paling tebal.

– Pengertian Kelenjar Lakrimalis
Definisi Kelenjar lakrimalis adalah
kelenjar di mata yang mengeluarkan air mata.

– Pengertian Kelenjar Ludah
Definisi Kelenjar ludah adalah
kelenjar yang memproduksi dan mensekresikan air liur (saliva). Unit-unit sekresi dasar kelenjar ludah adalah kelompok sel yang disebut asinus. Sel-sel ini mensekresikan cairan yang mengandung air, elektrolit, lendir dan enzim, yang semuanya mengalir keluar dari asinus ke saluran pengumpul. Dalam saluran, komposisi sekresi diubah. Sebagian besar natrium secara aktif direabsorpsi, kalium dilepaskan, dan sejumlah besar ion bikarbonat juga dikeluarkan. Saluran pengumpul kecil di dalam kelenjar ludah mengarah ke saluran yang lebih besar, akhirnya membentuk saluran tunggal besar yang bermuara di rongga mulut. Ada tiga pasang kelenjar ludah utama yang berbeda dalam jenis sekresi yang dihasilkan: Kelenjar parotis yang memproduksi cairan, serosa berair. Kelenjar submaksilaris (mandibula) memproduksi cairan campuran serosa dan mukosa. Kelenjar sublingual mengeluarkan air liur yang berlendir

– Pengertian Kelenjar Mamari
Kelenjar mamari adalah
kelenjar yang khusus memproduksi susu pada mamalia betina untuk nutrisi neonatal. Produksi susu dan gizi bayi melalui air susu adalah yang mendefinisikan kita sebagai mamalia.

– Pengertian Kelenjar Meibom
Definisi Kelenjar Meibom adalah
kelenjar sebasea yang membujur di kelopak mata yang melepaskan sekresi lemak berminyak untuk membentuk bagian luar sebagian besar lapisan film air mata, mencegah penguapan air mata.

– Pengertian Kelenjar Pineal
Definisi Kelenjar pineal adalah
kelenjar endokrin kecil yang terletak di pusat otak antara dua belahan. Dengan mengeluarkan melatonin, kelenjar ini membantu mengatur pola bangun / tidur.

– Pengertian Kelenjar Pituitari
Definisi Kelenjar pituitari, disebut juga hipofisis, adalah
kelenjar master; kelenjar yang dirangsang oleh hipotalamus dan mengontrol semua fungsi hormonal. Terletak di dasar otak tepat di bawah hipotalamus, kelenjar ini mengatur banyak produksi hormon besar di seluruh tubuh termasuk gonad, kelenjar adrenal, dan kelenjar tiroid. Kelenjar ini terdiri dari dua bagian yang menghasilkan hormon-hormon yang berbeda: di bagian anterior diproduksi hormon pertumbuhan (GH), hormon adrenokortikotropik (ACTH), hormon pemacu tiroid (TSH), luteinizing hormone (LH), hormon pemacu folikel (FSH), dan prolaktin (PRL). Di bagian posterior, diproduksi hormon oksitosin dan hormon antidiuretik (ADH).

– Pengertian Kelenjar Prostat
Definisi Kelenjar prostat adalah
sebuah kelenjar seukuran kenari dalam sistem reproduksi laki-laki, tepat di bawah kandung kemih. Kelenjar ini melingkupi sebagian dari uretra, saluran yang mengosongkan kandung kemih. Fungsi utama prostat adalah menyediakan cairan untuk sperma saat ejakulasi. PSA diproduksi oleh kelenjar prostat.

– Pengertian Kelenjar Sebasea
Definisi Kelenjar sebasea adalah
kelenjar berbentuk kantong kecil yang terletak di dermis, di sebelah folikel rambut, yang melepaskan sebum ke rambut dan melembabkan kulit.

– Pengertian Kelenjar Suprarenalis
Definisi Kelenjar Suprarenalis adalah
nama lain untuk kelenjar adrenal.

– Pengertian Kelenjar Timus
Definisi Kelenjar Timus adalah
kelenjar kecil yang terletak di dada bagian atas di bawah tulang dada, merupakan bagian dari sistem limfatik. Fungsinya membuat sel-sel darah putih, disebut limfosit T, yang melindungi tubuh terhadap infeksi..Kelenjar ini aktif pada anak, namun kurang begitu aktif pada orang dewasa.

– Pengertian Kelenjar Tiroid
Definisi Kelenjar Tiroid adalah
kelenjar endokrin besar yang terletak di pangkal leher bagian depan, di bawah lapisan kulit dan otot. Kelenjar tiroid berbentuk kupu-kupu dengan dua sayap yang merupakan lobus tiroid kiri dan kanan di sekitar trakea..Fungsi tunggal tiroid adalah membuat hormon tiroid (tiroksin dan triiodotironin) yang berperan meningkatkan aktivitas metabolisme pada hampir semua jaringan tubuh. Kelenjar tiroid dikontrol oleh kelenjar pituitari, yang mengeluarkan hormon pemacu tiroid (TSH).

– Pengertian Kelenjar Wolfring
Definisi Kelenjar Wolfring
, sama dengan kelenjar Krause, adalah kecil kelenjar di kelopak mata yang melepaskan sekresi yang membentuk lapisan tengah yang paling tebal dari film air mata.

– Pengertian Kelenjar Zeis
Definisi Kelenjar Zeis adalah
kelenjar kecil di kelopak mata yang melepaskan sekresi lemak berminyak yang membentuk bagian luar lapisan film air mata, untuk mencegah penguapan air mata.

To top