Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Keguguran – Kelahiran Sungsang)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Keguguran – Kelahiran Sungsang) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Kawat gigi – Keganasan). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Keguguran - Kelahiran Sungsang)

– Pengertian Keguguran
Definisi Keguguran adalah
kehilangan spontan kehamilan sebelum janin dapat bertahan hidup di luar rahim; istilah awam untuk abortus spontan.

– Pengertian Kehamilan
Definisi Kehamilan adalah
keadaan di mana seorang waninta membawa embrio atau janin di dalam tubuhnya. Kondisi ini dapat ditunjukkan dengan hasil positif tes kehamilan di rumah (test pack) dan dikonfirmasi melalui tes darah, USG, deteksi denyut jantung janin atau sinar-x. Kehamilan berlangsung selama sekitar sembilan bulan, dihitung dari hari pertama menstruasi terakhir (HPMT). Kehamilan secara konvensional dibagi menjadi tiga trimester, masing-masing sekitar tiga bulan.

– Pengertian Kehamilan Ektopik
Definisi kehamilan ektopik (juga disebut kehamilan tuba) adalah
kehamilan yang berkembang di luar rahim, biasanya di salah satu saluran tuba falopi.

– Pengertian Kehamilan Kimia
Definisi Kehamilan kimia atau kehamilan biokimia adalah
sebuah kehamilan yang didiagnosis oleh kehadiran hormon kehamilan HCG dalam darah, tetapi tidak ada janin yang berkembang menurut USG dan kehamilan berhenti berkembang sangat dini.

– Pengertian Kehamilan Klinis
Definisi Kehamilan klinis adalah
sebuah kehamilan yang dikonfirmasi oleh peningkatan hormon kehamilan hCG dan adanya sakus gestasional (kantung kehamilan) yang terdeteksi oleh USG. Untuk tujuan analisis data teknologi reproduksi berbantuan, kehamilan didefinisikan sebagai kehamilan klinis, bukan kehamilan kimia (yaitu tes kehamilan positif).

– Pengertian Kehilangan Pendengaran Sensorineural
Definisi Kehilangan pendengaran sensorineural adalah
kehilangan pendengaran yang disebabkan oleh kerusakan sel-sel sensorik dan / atau serat saraf di telinga bagian dalam.

– Pengertian Keilosis
Definisi Keilosis adalah
radang dangkal pada sudut bibir yang ditandai dengan kulit yang mengelupas dan pecah-pecah. Kondisi ini disebabkan oleh defisiensi riboflavin, asam pantotenat dan piridoksin. Kelainan serupa dapat juga disebabkan oleh virus herpes atau mikosis.

– Pengertian Kejang
Definisi Kejang (spasme) adalah
ledakan aktivitas listrik abnormal di otak.

– Pengertian Kekebalan Aktif
Definisi Kekebalan aktif atau imunitas aktif adalah
perlindungan dari penyakit sebagai akibat dari paparan sebelumnya dengan agen penyebab penyakit menular atau bagian dari agen infeksi (antigen). Perlindungan ini dapat dihasilkan setelah mendapatkan penyakit atau setelah menerima vaksin yang mencegah penyakit tersebut.

– Pengertian Kekebalan Pasif
Definisi Kekebalan pasif adalah
memberikan perlindungan sementara dari penyakit melalui pemberian antibodi yang dihasilkan secara eksogen (misalnya, transmisi transplasental dari antibodi ke janin atau suntikan imunoglobulin untuk tujuan pencegahan yang spesifik).

– Pengertian Kelahiran Cukup Bulan
Definisi Kelahiran cukup bulan (full-term birth) adalah
kelahiran hidup atau kelahiran mati yang terjadi antara 37 dan 42 minggu usia kehamilan.

– Pengertian Kelahiran Hidup
Definisi Kelahiran hidup adalah
ekspulsi lengkap atau ekstraksi suatu hasil fertilisasi dari ibunya, terlepas dari durasi kehamilan, di mana setelah pemisahan tersebut, bernafas atau menunjukkan bukti kehidupan lainnya seperti detak jantung, denyut tali pusat, atau gerakan otot sukarela, terlepas dari apakah tali pusat telah dipotong atau masih melekat pada plasenta.

– Pengertian Kelahiran Mati
Definisi Kelahiran mati (stillbirth) adalah
 kematian sebelum ekspulsi lengkap atau ekstraksi hasil fertilisasi dari ibu pada atau setelah usia kehamilan 20 minggu. Kematian ditandai dengan fakta bahwa, setelah pemisahan tersebut, janin tidak bernapas atau menunjukkan bukti kehidupan lainnya seperti detak jantung, denyut tali pusat, atau gerakan otot sukarela tertentu.

– Pengertian Kelahiran Postmatur
Definisi Kelahiran postmatur (post-mature birth) adalah
kelahiran hidup atau kelahiran mati yang terjadi setelah usia kehamilan 42 minggu.

– Pengertian Kelahiran Prematur
Definisi Kelahiran prematur adalah
kelahiran hidup atau kelahiran mati yang terjadi setelah usia kehamilan mencapai 20 minggu, tetapi kurang dari 37 minggu.

– Pengertian Kelahiran Sangat Prematur
Definisi Kelahiran sangat prematur adalah
kelahiran hidup atau kelahiran mati yang terjadi pada usia kehamilan setelah 20 minggu tapi sebelum 32 minggu.

– Pengertian Kelahiran Sungsang
Definisi Kelahiran sungsang atau presentasi sungsang (breech presentation) adalah
kelahiran di mana bayi berbalik di dalam rahim dan keluar dengan kepala terakhir bukan kepala pertama. Kelahiran sungsang mungkin: Sungsang sempurna, Sungsang tidak sempurna

Comments are closed.