Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Katatonia – Kausalgia)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Katatonia – Kausalgia) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Kaseus – Katarak Nuklir). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Katatonia - Kausalgia)

– Pengertian Katatonia
Definisi Katatonia atau perilaku katatonik adalah
gangguan perilaku yang melibatkan kedua ekstrim gerakan. Penyebabnya dapat psikologis atau neurologis. Bentuk yang paling terkenal melibatkan posisi kaku tak bergerak untuk jangka waktu yang lama, seringkali berhari-hari atau minggu, bahkan lebih (disebut katalepsi). Katatonia juga dapat merujuk pada perilaku motorik gelisah tanpa tujuan yang tidak dirangsang oleh hal apa pun di lingkungan. Gerakan cepat atau berulang terus-menerus, seringkali diikuti meringis dan ekspresi wajah yang aneh, dan gerakan tubuh yang tidak biasa adalah ujung ekstrim lain dari katatonia. Sebuah bentuk yang kurang ekstrim dari katatonia melibatkan aktivitas motorik sangat lambat..Seringkali, postur fisik dari individu katatonik tidak biasa dan/ atau tidak tepat, dan orang tersebut dapat berada pada postur itu jika ditempatkan oleh orang lain. Sekitar 5-9% dari semua pasien rawat inap psikiatri menunjukkan beberapa gejala katatonik. Dari jumlah tersebut, 25-50% berhubungan dengan gangguan suasana hati (mood), 10-15% berhubungan dengan skizofrenia, dan sisanya berhubungan dengan gangguan mental lainnya.

– Pengertian Kategori A, B, C, D, X
Definisi Kategori A, B, C, D, X adalah
klasifikasi FDA untuk keamanan obat selama kehamilan. Obat kategori A tidak menunjukkan risiko pada janin dalam studi terkontrol. Kategori X yang mencakup obat hewan dan manusia yang dari pengalaman umum telah terbukti menyebabkan kelainan janin atau keguguran.

– Pengertian Katekolamin
Definisi Katekolamin adalah
zat dengan struktur kimia tertentu (cincin benzena dengan dua gugus hidroksil yang berdekatan dan rantai samping etilamin) yang berfungsi sebagai hormon atau neurotransmitter. Contohnya termasuk epinefrin, norepinefrin, dan dopamin.

– Pengertian Kateter
Definisi Kateter adalah
sebuah tabung yang dimasukkan tubuh untuk mengeluarkan atau memasukkan cairan ke dalam rongga tubuh. Paling umum, kateter dimasukkan melalui uretra ke kandung kemih untuk mengalirkan urin. Ini digunakan sebagai alternatif buang air kecil untuk orang yang terbatasi di tempat tidur atau tidak mampu mengontrol buang air kecil. Bila tidak hati-hati, penggunaan jangka panjang kateter dapat menyebabkan infeksi saluran kemih. Kateter dapat memakai bahan karet, kaca, logam, atau plastik yang elastis.

– Pengertian Kateter Balon
Definisi Kateter balon adalah
sebuah perangkat seperti tabung panjang dengan balon kecil di ujungnya yang dapat berulir melalui arteri. Digunakan dalam angioplasti atau valvuloplasti.

– Pengertian Kateter Foley
Definisi Kateter Foley adalah
sebuah tabung plastik fleksibel (kateter) yang dimasukkan ke dalam kandung kemih untuk menyediakan drainase kemih terus-menerus. Keteter ini memiliki balon di ujung kandung kemih. Setelah kateter dimasukkan ke kantong kemih, balon tersebut mengembang (oleh udah atau cairan) sehingga kateter tidak lepas tetapi tertahan di kantong kemih. Pelepasan dilakukan cukup dengan mengempiskan balon dan mengeluarkan kateter.

– Pengertian Kateter Intravena
Definisi Kateter intravena, biasa disebut sebagai IV, adalah
kateter yang dimasukkan ke dalam vena untuk memberikan obat dan cairan sebelum, selama dan setelah operasi atau prosedur medis.

– Pengertian Kateter Jantung
Definisi Kateter jantung adalah
tabung plastik sangat khusus yang dirancang untuk dimasukkan ke dalam pembukaan arteri koroner. Pewarna kontras yang disuntikkan lewat tabung memungkinkan gambar sinar-x untuk diambil. Foto-foto ini kemudian akan dikembangkan dan dipelajari setelah prosedur selesai, sehingga endapan kolesterol dalam arteri koroner dapat diidentifikasi dan diobati. Beberapa kateter jantung memiliki balon, stent, atau perangkat penghapus kolesterol di ujungnya.

– Pengertian Kateter Vena Pusat
Definisi Kateter vena pusat (central venous catheter) adalah
kateter yang dipasang di pembuluh darah besar, seperti vena jugularis pada leher, untuk menanamkan sejumlah besar obat atau cairan.

– Pengertian Kateterisasi
Definisi Kateterisasi adalah
penyisipan tabung ramping melalui uretra atau melalui dinding anterior abdomen ke dalam kandung kemih, reservoir kemih, atau saluran kemih untuk memungkinkan drainase urin.

– Pengertian Kateterisasi Intermiten Kuras
Definisi Kateterisasi intermiten kuras (clean intermittent catheterization/CIC) adalah
kateterisasi reguler berupa penyisipan sebuah tabung kecil ke dalam uretra untuk mengosongkan kandung kemih sepenuhnya

– Pengertian Kateterisasi Jantung
Definisi Kateterisasi jantung adalah
studi diagnostik, biasanya dilakukan di rumah sakit, yang melibatkan penyisipan sebuah tabung yang sangat khusus (atau kateter) ke dalam arteri dan kemudian diteruskan ke dalam arteri koroner. Pewarna kontras kemudian disuntikkan dan foto sinar-x diambil untuk dipelajari setelah prosedur selesai. Kateterisasi jantung juga disebut angiografi koroner.

– Pengertian Kation
Definisi Kation adalah
ion bermuatan positif.

– Pengertian Katup Jantung
Definisi Katup jantung adalah
jaringan khusus di dalam ruang jantung yang mengatur urutan aliran darah dari satu bagian ke bagian lain. Katup aorta memisahkan ruang utama pemompa jantung (ventrikel kiri) dengan aorta, pembuluh darah arteri utama yang memberikan darah beroksigen ke seluruh tubuh. Katup mitral memisahkan ruang kiri atas (atrium) dengan ruang kiri bawah (ventrikel) dan menjaga pergerakan aliran darah yang tertib dari paru ke ventrikel kiri.

– Pengertian Kaudal
Definisi Kaudal berarti
terletak di atau berkaitan dengan ekor atau ujung inferior atau posterior tubuh.

– Pengertian Kausalgia
Definisi Kausalgia adalah
rasa sakit membakar yang sering dikaitkan dengan perubahan trofik kulit di tangan atau kaki, yang disebabkan oleh cedera saraf perifer. Sindrom ini dapat diperburuk bahkan oleh rangsangan kecil atau emosi. Kausalgia biasanya dimulai beberapa minggu setelah cedera awal dan nyeri dirasakan intens, di mana pasien kadang-kadang mengambil tindakan pencegahan rumit untuk menghindari stimulus yang mereka ketahui dapat memicu suar gejala. Mereka sering secara ekstrem melindungi anggota badan yang terkena dan sibuk dengan perlindungan tersebut. Salah satu dari berbagai luka pada tangan, kaki, lengan, atau tungkai dapat menyebabkan kausalgia, tetapi dalam banyak kasus setelah terjadi cedera saraf siatik atau saraf median.

To top