Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Kantong Periodontal – Kapsulotomi YAG Posterior)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Kantong Periodontal – Kapsulotomi YAG Posterior) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Kandida – Kanker Usus Buntu). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Kantong Periodontal - Kapsulotomi YAG Posterior)

– Pengertian Kantong Periodontal
Kantong periodontal (periodontal pocket) adalah
ruang antara gusi dan gigi yang tercipta karena plak merusak gusi dan jaringan ikat di bawah garis gusi.

– Pengertian Kantoplasti
Kantoplasti (canthoplasty) adalah
prosedur bedah yang dapat membantu orang dengan kantung mata yang melorot. Kantung mata melorot karena beberapa alasan seperti penuaan, kelumpuhan atau operasi sebelumnya.

– Pengertian Kantung Kehamilan
Kantung kehamilan
, lihat sakus gestasional.

– Pengertian Kantung Ketuban
Kantung ketuban adalah
kantung yang mengelilingi bayi di dalam rahim. Kantung ini berisi bayi, plasenta dan cairan ketuban.

– Pengertian Kantung Udara
Kantung udara
– lihat Alveoli

– Pengertian Kanula
Kanula adalah
tabung yang dimasukkan ke dalam tubuh, baik untuk menambahkan atau mengurangi cairan. Tabung ini biasanya sangat halus dan dimasukkan ke vena.

– Pengertian Kapiler
Kapiler adalah
pembuluh darah mikroskopis kecil antara arteri dan vena yang mendistribusikan darah yang kaya oksigen ke jaringan tubuh.

– Pengertian Kapitasi
Kapitasi adalah
sebuah metode pembayaran untuk pelayanan kesehatan di mana penyedia layanan dibayar dalam jumlah tetap per pasien tanpa memperhatikan jumlah atau sifat layanan yang sebenarnya diberikan.

– Pengertian Kapsid
Kapsid adalah
selubung protein luar yang mengelilingi asam nukleat virus.

– Pengertian Kapsomer
Kapsomer adalah
subunit protein repetitif yang membentuk kapsid; sering tersusun dalam pola simetris.

– Pengertian Kapsul
Kapsul
Berasal dari kata Latin “kapsa” yang berarti “kotak”, kapsul secara harfiah merujuk pada setiap struktur yang menyelubungi atau mewadahi..Kapsul memiliki banyak arti dalam kedokteran, termasuk: Struktur membran yang menyelubungi organ, tumor, sendi, atau bagian lain dari tubuh. Hal ini biasanya terdiri dari kolagen padat yang mengandung jaringan ikat. Contohnya adalah kapsul sendi dan kapsul mata.
Bentuk sediaan padat di mana obat tertutup dalam wadah keras atau lunak yang larut air, biasanya dari gelatin.
Selubung di sekitar mikroba, seperti bakteri atau jamur.

– Pengertian Kapsul Mata
Kapsul mata adalah
struktur bening seperti kaca yang mengelilingi lensa mata dan memisahkannya dari cairan tebal di bagian belakang mata (vitreus) dan depan mata (aqueus).

– Pengertian Kapsul Sendi
Kapsul sendi adalah
struktur tipis tapi kuat di dalam sendi yang berperan untuk menahan diri ligamen.

– Pengertian Kapsula Interna
Kapsula interna (internal capsule) adalah
bagian otak yang terletak di antara nukleus lentikularis dan nukleus kaudatus. Struktur ini adalah sekelompok saluran serat termyelinasi, termasuk akson dari jaras piramidalis (piramidal neurons) dan jaras motorik ekstrapiramidalis atas (extrapyramidal upper motor neurons) yang menghubungkan korteks ke badan sel dari jaras motorik yang lebih rendah. Karena begitu banyaknya akson yang berkumpul dalam kapsula interna, bagian ini kadang-kadang juga disebut sebagai leher botol serat (bottleneck of fibers). Hal ini juga membuat lesi pada kapsula interna sangat buruk dampaknya..Ujung kapsula interna berakhir dalam otak, tepat di atas otak tengah, namun akson-akson yang melewatinya terus ke bawah melalui batang otak dan sumsum tulang belakang. Mereka turun melalui batang otak dalam dua bundel besar yang disebut pedunkulus serebri atau crus serebri.

– Pengertian Kapsulitis Adesif
Kapsulitis adesif adalah
kondisi self-limiting (membatasi diri) yang dihasilkan dari proses peradangan di sekitar bahu di mana jaringan parut kapsuler terbentuk sehingga menyebabkan gerakan terasa sakit dan terbatas; juga disebut bahu beku.

– Pengertian Kapsulotomi
Kapsulotomi adalah
bedah sayatan pada kapsul bening seperti kaca yang membungkus lensa mata. Kapsul ini mengelilingi lensa mata dan memisahkannya dari cairan tebal di bagian belakang mata (vitreus) dan depan mata (aqueus).

– Pengertian Kapsulotomi YAG Posterior
Kapsulotomi YAG posterior (YAG posterior capsulotomy) adalah
prosedur rawat jalan yang memanfaatkan laser Nd-YAG (neodymium-yttrium-aluminium-garnet) untuk menghapus bagian tengah kapsula posterior lensa mata..Beberapa orang dapat mengembangkan kekeruhan kapsula posterior beberapa minggu sampai tahun setelah operasi katarak. Sebagai perubahan fisiologis yang diharapkan setelah operasi katarak, sel-sel kapsula posterior mengalami hiperplasia, muncul sebagai kekeruhan dan penebalan. Prosedur kapsulotomi ini membuat lubang kecil di kapsula posterior di belakang implan. Hal ini menciptakan sumbu fokus visual yang bening untuk meningkatkan ketajaman visual.

To top