Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Kandida – Kanker Usus Buntu)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Kandida – Kanker Usus Buntu) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Kalus – Kanalikulus). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Kandida - Kanker Usus Buntu)

– Pengertian Kandida
Definisi Kandida atau Monilia adalah
ruam kulit yang disebabkan oleh ragi yang hidup pada kulit normal sekitar 80% orang. Pada kebanyakan orang, kehadiran ragi pada kulit tidak terlihat. Pada beberapa orang, untuk alasan yang tidak diketahui, ragi tumbuh lebih aktif dan menyebabkan, ruam merah yang gatal dan scaling. Ragi menyukai daerah lembab yang hangat dan biasanya tumbuh di lipatan kulit di bawah payudara, perut, dan ketiak.

– Pengertian Kandidiasis
Definisi Kandidiasis adalah
infeksi jamur yang disebabkan oleh jamur Candida albicans; terjadi paling sering pada vag1na, pusar, lipatan kulit, mulut, landasan kuku dan penis.

– Pengertian Kandung Empedu
Definisi Kandung empedu
: organ di bawah hati dimana empedu disimpan.

– Pengertian Kandung Kemih
Definisi Kandung kemih adalah
sebuah organ otot berongga yang berbentuk balon dan menyimpan urin sampai dikeluarkan dari tubuh.

– Pengertian Kandung Kemih Neurogenik
Definisi Kandung kemih neurogenik (juga disebut kandung kemih neuropatik) adalah
gangguan kandung kemih yang dapat disebabkan oleh tumor atau gangguan sistem saraf.

– Pengertian Kandung Kemih Overaktif
Definisi Kandung kemih overaktif adalah
kondisi yang ditandai oleh kontraksi otot kandung kemih paksa selama fase pengisian kandung kemih, yang tidak dapat ditahan pasien.

– Pengertian Kanker
Definisi Kanker adalah
sekelompok penyakit yang terjadi ketika sel-sel tubuh yang tidak normal tumbuh dan menyebar dengan cepat. Sel-sel tubuh normal tumbuh, membelah diri dan berhenti tumbuh sesuai program. Seiring waktu, mereka juga mati. Tidak seperti sel-sel normal, sel kanker terus tumbuh dan membelah di luar kendali dan tidak mati ketika seharusnya mati..Sel-sel kanker biasanya berkelompok atau mengumpul untuk membentuk tumor. Sebuah tumor tumbuh menjadi gumpalan sel-sel kanker yang dapat menghancurkan sel-sel normal di sekitarnya dan merusak jaringan tubuh yang sehat. Hal inilah yang membuat seseorang sakit. Kadang-kadang sel-sel kanker melepaskan diri dari tumor asalnya dan berjalan ke area lain dari tubuh, di mana mereka terus tumbuh dan dapat membentuk tumor baru. Penyebaran tumor ke tempat baru di dalam tubuh ini disebut metastasis. Jenis kanker termasuk karsinoma (yang mempengaruhi sel-sel epitel), sarkoma (yang mempengaruhi jaringan lunak), limfoma dan leukemia (yang mempengaruhi jaringan limfoid), dan glioma (yang mempengaruhi jaringan otak).

– Pengertian Kanker Adrenal
Definisi Kanker adrenal
adalah kanker yang terbentuk di jaringan kelenjar adrenal (dua kelenjar yang terletak tepat di atas ginjal). Kelenjar adrenal membuat hormon-hormon yang mengontrol detak jantung, tekanan darah, dan fungsi tubuh yang penting. Kanker adrenal yang dimulai pada lapisan luar dari kelenjar adrenal disebut karsinoma adrenokortikal. Kanker adrenal yang dimulai di tengah dari kelenjar adrenal disebut feokromositoma ganas.

– Pengertian Kanker Adrenokortikal
Definisi Kanker adrenokortikal adalah
kanker langka yang terbentuk di lapisan luar dari jaringan kelenjar adrenal (organ kecil di atas masing-masing ginjal yang membuat hormon steroid, adrenalin, dan noradrenalin untuk mengendalikan detak jantung, tekanan darah, dan fungsi tubuh lainnya). Juga disebut karsinoma adrenokortikal dan kanker korteks adrenal.

– Pengertian Kanker Endometrium
Definisi Kanker endometrium adalah
pertumbuhan ganas atau tumor yang berasal dari dinding rahim, atau endometrium. Endometrium mengacu pada jaringan lapisan rahim (organ otot berongga di panggul wanita) yang tumbuh setiap bulan dan kemudian diluruhkan selama siklus menstruasi. Kadang-kadang disebut kanker rahim atau kanker uterus, kanker endometrium adalah keganasan ginekologi yang paling umum, dan biasanya terjadi pada wanita yang lebih tua dari 50. Kanker otot rahim, yang disebut sarkoma, adalah kondisi yang kurang umum. Mayoritas kanker endometrium adalah adenokarsinoma. Penyebab umum kanker endometrium adalah ketidakseimbangan hormon, atau memiliki terlalu banyak estrogen dibandingkan dengan progesteron dalam tubuh. Pada beberapa wanita, penggunaan pil KB dapat mengurangi risiko kanker endometrium.

– Pengertian Kanker Faring
Definisi Kanker faring adalah
kanker yang terbentuk di jaringan faring (tabung kosong di dalam leher yang dimulai di belakang hidung dan berakhir di bagian atas tenggorokan dan kerongkongan). Kanker faring mencakup kanker nasofaring (bagian atas tenggorokan di belakang hidung), orofaring (bagian tengah faring), dan hipofaring (bagian bawah faring). Kanker laring (kotak suara) juga dapat dimasukkan sebagai jenis kanker faring. Kebanyakan kanker faring adalah karsinoma sel skuamosa (kanker yang dimulai pada sel tipis datar yang terlihat seperti sisik ikan). Juga disebut kanker tenggorokan.

– Pengertian Kanker Hati
Definisi Kanker hati adalah
proliferasi sel ganas di dalam hati. Jenis yang paling umum dari kanker hati pada orang dengan hepatitis kronis adalah karsinoma hepatoseluler.

– Pengertian Kanker Herediter
Definisi Kanker herediter adalah
mutasi yang dibawa dalam sel-sel reproduksi yang dapat diwariskan dari satu generasi ke generasi. Hanya 5% – 10% dari kanker yang diwariskan.

– Pengertian Kanker Kandung Empedu
Definisi Kanker kandung empedu adalah
kanker yang dimulai di kantong empedu. Kantong empedu adalah organ kecil berbentuk buah pir di sisi kanan perut Anda, tepat di bawah hati. Kantong empedu menyimpan empedu, cairan pencernaan yang diproduksi oleh hati Anda..Kanker kandung empedu jarang terjadi. Ketika kanker kandung empedu ditemukan pada tahap awal, peluang kesembuhan sangat baik. Tetapi kebanyakan kanker kandung empedu ditemukan pada tahap akhir, ketika prognosis seringkali sangat buruk. Kanker kandung empedu sulit untuk didiagnosis karena seringkali tidak menyebabkan tanda-tanda atau gejala spesifik. Juga, lokasi kantong empedu yang tersembunyi membuatnya lebih sulit terdeteksi.

– Pengertian Kanker Kolon
Definisi Kanker kolon adalah
kanker yang berasal dari jaringan salah satu dari empat bagian kolon. Sebagai bagian dari sistem pencernaan, kolon adalah tabung panjang berongga yang menyerap air dan nutrisi dari makanan yang dicerna dan membuang sisanya menjadi limbah (tinja). Kebanyakan kanker kolon adalah adenokarsinoma, dimulai pada sel-sel kelenjar usus yang melapisi bagian dalam usus besar. Kolonoskopi adalah prosedur medis yang umum digunakan untuk mendeteksi kanker kolon, dan sering direkomendasikan sebagai tes skrining rutin untuk orang dewasa berusia 50 ke atas.

– Pengertian Kanker Kolon Nonpoliposis Herediter
Definisi Kanker Kolon Nonpoliposis Herediter  (HNPCC) adalah
sebuah sindrom kanker turunan. Pasien HNPCC memiliki peningkatan risiko mengembangkan kanker kolorektal dan kanker jenis lain.

– Pengertian Kanker Kolorektal
Definisi Kanker kolorektal adalah
kanker kolon (usus besar) atau rektum.

– Pengertian Kanker Lanjut
Definisi Kanker lanjut adalah
kanker yang telah menyebar ke tempat lain dalam tubuh dan biasanya tidak dapat disembuhkan atau dikendalikan dengan pengobatan.

– Pengertian Kanker Pankreas
Definisi Kanker pankreas adalah
penyakit sel ganas (kanker) yang ditemukan dalam jaringan pankreas. Juga disebut kanker eksokrin.

– Pengertian Kanker Payudara Nodul Negatif
Definisi Kanker payudara nodul negatif adalah
kanker payudara yang belum menyebar ke kelenjar getah bening.

– Pengertian Kanker Payudara Nodul Positif
Definisi Kanker payudara nodul positif adalah
kanker payudara yang telah menyebar ke kelenjar getah bening (paling umum adalah kelenjar getah bening di ketiak bawah lengan).

– Pengertian  Kanker Payudara Pria
Definisi Kanker payudara pria adalah
penyakit yang langka tapi penting. Kanker payudara pria pada dasarnya adalah penyakit yang sama seperti kanker payudara wanita, jaringan payudara kadang-kadang dapat mengalami keganasan, menyebabkan kanker payudara.

– Pengertian Kanker Peritoneum
Definisi Kanker peritoneum adalah
kanker pada jaringan yang melapisi dinding perut dan menyelubungi organ dalam perut (peritoneum)..Pada tahap lanjut, kanker peritoneum menimbulkan gejala khas berupa asites (penimbunan cairan dalam rongga perut) dan mungkin juga obstruksi usus. Hal ini menyebabkan kram perut, muntah, konstipasi dan perut membesar.

– Pengertian Kanker Prostat
Definisi Kanker prostat adalah
kanker yang terbentuk di jaringan prostat (kelenjar dalam sistem reproduksi laki-laki ditemukan di bawah kandung kemih dan di depan rektum). Kanker prostat biasanya terjadi pada pria yang lebih tua.

– Pengertian Kanker Sporadis
Definisi Kanker sporadis adalah
kanker yang berkembang dari perubahan acak dalam sel-sel tubuh selama hidup seseorang. Perubahan ini dapat disebabkan oleh racun lingkungan seperti tembakau. Kebanyakan kanker (90 – 95%) adalah sporadis.

– Pengertian Kanker Tuba Falopi
Definisi Kanker tuba falopi
, juga dikenal sebagai kanker tuba, adalah kanker sangat jarang yang berkembang di salah satu atau kedua saluran telur wanita (sepasang tabung ramping yang membawa telur dari ovarium ke rahim). Kebanyakan kanker tabung fallopi adalah adenokarsinoma serosa papiler.

– Pengertian Kanker Usus Buntu
Definisi Kanker usus buntu adalah
kanker langka pada usus buntu (tabung hampa kecil yang menempel pada usus besar / kolon). Juga disebut karsinoma usus buntu, kanker ini kadang-kadang dianggap sebagai jenis kanker kolorektal. Dua jenis yang paling umum kanker adalah tumor karsinoid usus buntu dan adenokarsinoma. Kanker ini bisa sulit dikenali karena tanda-tandanya juga terkait dengan penyakit lain yang lebih umum. Beberapa gejalanya meliputi: radang usus buntu, rasa kembung, kemandulan, lingkar pinggang melebar dan atau perubahan fungsi usus normal.

To top