Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (MFCSG – Makrofag Alveolar)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (MFCSG – Makrofag Alveolar) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Lumbosakral – Lutut). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (MFCSG - Makrofag Alveolar)

– Pengertian Macrophage Factor Colony Stimulating Granulocyte
Definisi Macrophage factor colony stimulating granulocyte (MFCSG) adalah
sebuah sitokin yang merangsang pertumbuhan granulosit dan makrofag, dua jenis sel darah putih. Rekayasa genetika MFCSG digunakan untuk mengobati neutropenia.

– Pengertian Mafosfamid
Definisi Mafosfamid adalah
suatu bentuk siklofosfamid yang dapat diberikan sebagai infus intratekal. Mafosfamid sedang dipelajari sebagai obat antikanker, sebagai keluarga obat yang disebut alkylating agent.

– Pengertian Magnesium
Definisi Magnesium adalah
logam putih lentur yang cukup permanen di udara kering tapi berkarat di udara lembab. Ion magnesium sangat penting untuk semua sel makhluk hidup. Lebih dari 300 enzim membutuhkan ion magnesium. Magnesium diperlukan untuk pembentukan protein, tulang, asam lemak, sel-sel baru, mengaktifkan vitamin B, merelaksasi otot, membekukan darah, dan membentuk adenosin trifosfat (ATP). Produksi dan penggunaan insulin juga membutuhkan magnesium.

– Pengertian Magnesium Oksida
Definisi Magnesium oksida adalah
istilah lain untuk magnesium hidroksida.

– Pengertian Magnesium Sulfat
Definisi Magnesium sulfat (garam epsom) adalah
senyawa laksatif yang bila diambil secara oral digunakan sebagai pencahar, untuk mengobati mulas dan sembelit. Bila disuntikkan, untuk mencegah kejang. Dalam mandi garam, magnesium sulfat digunakan untuk menarik racun keluar dari tubuh dan untuk mengurangi peradangan.

– Pengertian Magnetic Resonance Imaging
Definisi Magnetic Resonance Imaging (MRI) adalah
prosedur non-invasif yang menghasilkan gambar dua dimensi suatu organ atau struktur internal dari jaringan lunak. Jaringan yang baik divisualisasikan menggunakan MRI adalah otak dan sumsum tulang belakang, perut, dan sendi. Tidak seperti sinar-x dan CT scan, MRI menggunakan magnet dan gelombang radio untuk mengambil gambar tubuh. Karena mesin MRI menggunakan magnet yang kuat, Anda tidak dapat menjalani MRI jika Anda mengenakan atau memiliki beberapa jenis logam yang ditanamkan dalam tubuh Anda. MRI biasanya dilakukan di rumah sakit dan memakan waktu sekitar 1 sampai 2 jam.

– Pengertian Magnetoensefalografi
Definisi Magnetoensefalografi (magnetoencephalography/MEG) adalah
sistem pencitraan otak yang mengukur perubahan elektromagnetik di daerah otak sesuai dengan aktivitas. MEG merupakan teknikneuroimaging fungsional non-invasif yang digunakan untuk mengukur medan magnet yang dihasilkan oleh arus listrik intraseluler dari neuron-neuron otak. Penggunaan klinis termasuk lokalisasi discharge epilepsi atau perencanaan bedah.

– Pengertian Mahkota
Definisi Mahkota (crown) adalah
bagian dari gigi yang tertutup enamel atau pengganti buatan untuk bagian itu.

– Pengertian Mahkota Anatomis
Definisi Mahkota anatomis (anatomical crown) adalah
bagian dari gigi yang ditutupi dengan enamel.

– Pengertian Mahkota Gigi
Definisi Mahkota gigi (dental crown) adalah
jenis restorasi gigi yang mencakup seluruh gigi. Digunakan ketika sebagian atau seluruh permukaan gigi telah rusak, atau ketika kekuatan maksimum diperlukan. Sebuah mahkota dapat terbuat dari emas, porselin campur emas atau keramik murni.

– Pengertian Major Histocompatability Complex
Definisi Major histocompatability complex (MHC) adalah
sekelompok gen yang mengontrol ekspresi penanda protein permukaan sel (juga dikenal sebagai antigen leukosit manusia, atau HLA) yang memungkinkan sel kekebalan untuk mengenali sel tubuh sendiri (yaitu, untuk membedakan “diri “dari” non-diri”).

– Pengertian Makrensefali
Definisi Makrensefali (macrencephaly), juga disebut megalensefali adalah
suatu kondisi di mana bayi atau anak memiliki otak yang abnormal besar, berat, dan biasanya rusak. Menurut definisi, berat otak lebih besar dari rata-rata untuk usia dan jenis kelamin anak. Pembesaran kepala dapat terlihat pada saat lahir atau baru membesar di tahun-tahun awal kehidupan. Kondisi ini diduga berhubungan dengan gangguan dalam regulasi produksi sel di otak. Dalam perkembangan normal, proliferasi neuron teratur sehingga jumlah yang benar dari sel- sel diproduksi di tempat yang tepat pada waktu yang tepat. Dalam otak makrensefali, sel terlalu banyak diproduksi baik selama pengembangan atau sebagai bagian dari gangguan lain.

– Pengertian Makroangiopati
Definisi Makroangiopati adalah
penyakit pembuluh darah (arteri, vena, dan kapiler) yang terjadi ketika seseorang memiliki diabetes dalam yang lama. Ada dua jenis angiopati: makroangiopati dan mikroangiopati. Dalam makroangiopati, lemak dan bekuan darah terbangun di pembuluh darah besar, menempel pada dinding pembuluh, dan memblokir aliran darah. Dalam mikroangiopati, dinding pembuluh darah kecil menjadi tebal dan lemah sehingga berdarah, membocorkan protein, dan memperlambat aliran darah melalui tubuh. Sel-sel lalu tidak mendapatkan cukup darah dan mungkin rusak.

– Pengertian Makrofag
Definisi Makrofag adalah
sebuah sel fagosit besar seri mononuklear yang ditemukan dalam jaringan. Kemampuannya termasuk fagositosis dan presentasi antigen ke sel T.

– Pengertian Makrofag Alveolar
Definisi Makrofag alveolar adalah
sebuah sel di paru-paru yang menelan bakteri dan benda asing dan menghasilkan enzim untuk melindungi paru-paru.

To top