Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Lumbosakral – Lutut)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Lumbosakral – Lutut) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Lordosis – Lumbar Spinal Stenosis). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Lumbosakral - Lutut)

– Pengertian  Lumbosakral
Definisi Lumbosakral adalah
berkaitan dengan vertebra lumbalis dan sakrum.

– Pengertian Lumen
Definisi Lumen (jamak luminus) adalah
bagian dalam dari organ tubular atau berongga (pembuluh darah, usus, rahim).

– Pengertian Lumpektomi
Definisi Lumpektomi adalah
pengangkatan benjolan kanker payudara dan jaringan sekitarnya.

– Pengertian Lupus
Definisi Lupus adalah
sebuah penyakit yang ditandai oleh peradangan jaringan ikat (yang mendukung dan menghubungkan semua bagian tubuh). Pembengkakan kronis jaringan ikat ini menyebabkan kerusakan pada kulit, sendi, ginjal, sistem saraf dan selaput lendir. Penyakit ini dimulai dengan demam, nyeri sendi dan kelelahan. Gejala tambahan terus berkembang selama bertahun-tahun, termasuk mual, kelelahan, penurunan berat badan, artritis, sakit kepala dan epilepsi. Masalah pada jantung, paru-paru dan fungsi ginjal juga dapat terjadi. Kondisi ini paling sering didiagnosis pada wanita muda tapi juga terjadi pada anak-anak.

– Pengertian Lupus Eritematosus Diskoid
Definisi Lupus eritematosus diskoid adalah
suatu kondisi kulit kronis yang ditandai oleh peradangan dan lesi kulit jaringan parut yang terjadi pada wajah, telinga, kulit kepala dan area tubuh lainnya. Lesi ini berkembang sebagai pertumbuhan meradang dengan sisik (scaling) dan penampilan seperti kutil. Daerah pusat mungkin tampak berwarna cerah dikelilingi oleh daerah gelap dari kulit normal. Ketika lesi terjadi di daerah berbulu seperti kulit kepala, jaringan parut permanen dan kerontokan rambut dapat terjadi. Sebagian kecil pasien dengan lupus diskoid dapat mengembangkan penyakit organ internal.

– Pengertian Lupus Eritematosus Sistemik
Definisi Lupus eritematosus sistemik (systemic lupus erythematosus) adalah
penyakit autoimun di mana sistem kekebalan tubuh menyerang sel tubuh sendiri, mengakibatkan peradangan dan kerusakan jaringan. Lupus dapat mempengaruhi setiap bagian tubuh, tetapi paling umum mempengaruhi kulit, sendi, ginjal, jantung dan pembuluh darah. Perjalanan penyakit ini tidak dapat diprediksi, dengan periode suar (flare) dan remisi. Lupus dapat terjadi pada semua usia dan lebih umum pada perempuan. Manifestasi kulit cukup bervariasi dan dapat hadir dengan lesi terlokalisasi, rambut rontok menyebar dan kepekaan terhadap matahari. Nama kondisi ini berasal dari fakta bahwa ruam fotosensitif yang terjadi pada wajah menyerupai serigala.

– Pengertian Luteinisasi
Definisi Luteinisasi adalah
proses membentuk korpus luteum atau menjadi bagian dari korpus luteum.

– Pengertian Luteinizing Hormone
Definisi Luteinizing Hormone (LH) adalah
hormon hipofisis yang menstimulasi gonad. Pada laki-laki, LH diperlukan untuk spermatogenesis (fungsi sel Sertoli) dan produksi testosteron (fungsi sel Leydig). Pada wanita, LH diperlukan untuk produksi estrogen. Ketika estrogen mencapai puncak kritisnya, pituitari melepaskan LH (lonjakan LH), yang bersama follicle stimulating hormone (FSH) mempromosikan ovulasi (pelepasan sel telur dari folikel).

– Pengertian Lutropin
Definisi Lutropin adalah
nama lain luteinizing hormone (LH).

– Pengertian Lutut
Definisi Lutut adalah
sendi terbesar dalam tubuh dan salah satu yang paling kompleks. Lutut merupakan pertemuan tulang paha (femur) dengan tulang kering (tibia) dan tulang betis (fibula) yang ditutup oleh tempurung lutut (patela). Ketiga tulang itu saling dihubungkan dengan ligamen. Ada empat ligamen utama pada lutut yang bertindak seperti ikatan yang kuat untuk menjaga stabilitas lutut: Ligamen krusiata posterior dan anterior : berada di dalam sendi lutut, saling bersilangan membentuk huruf “X” dengan ligamen anterior di depan dan ligamen posterior di belakang. Ligamen kolateral medial dan lateral: berada di sisi lutut, ligamen medial menghubungkan tulang paha dengan tulang kering sedangkan ligamen lateral menghubungkan tulang paha dengan tulang tulang. Ligamen kolateral mengontrol gerakan ke samping dan menahan gerakan yang tidak biasa.

To top