Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Lisosom – Log)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Lisosom – Log) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Lip Bumper – Lisensefali). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Lisosom - Log)

– Pengertian Lisosom
Definisi Lisosom adalah
sebuah organel sel yang mengandung enzim hidrolitik khusus untuk memecah puing-puing selular. Lisosom pada dasarnya adalah vesikula khusus yang menyimpan berbagai enzim..Protein-protein enzim pada mulanya dibuat dalam retikulum endoplasma yang kemudian dikemas dan dikirimkan ke aparatus Golgi. Aparatus Golgi kemudian melakukan pekerjaan akhir untuk menciptakan enzim pencernaan dan melepaskannya dalam vesikula-vesikula kecil yang sangat spesifik. Vesikula itulah yang dinamakan lisosom. Dari sana lisosom mengapung di sitoplasma sampai mereka dibutuhkan. Enzim lisosom berfungsi optimal pada pH asam.

– Pengertian Litotripsi
Definisi Litotripsi adalah
sebuah prosedur yang dilakukan untuk menghancurkan batu di saluran kemih dengan menggunakan gelombang kejut ultrasonik, sehingga pecahannya dapat dengan mudah lolos dari tubuh.

– Pengertian Litotripsi Elektrohidrolik
Definisi Litotripsi elektrohidrolik (Electrohydraulic Lithotripsy/ EHL) adalah
teknik yang menggunakan probe khusus untuk memecah batu kecil dengan gelombang kejut yang dihasilkan oleh listrik. Melalui ureteroskop fleksibel, dokter memposisikan ujung probe 1 mm dari batu. Kemudian, dengan saklar kaki, dokter menyalakan listrik yang menghasilkan gelombang kejut hidrolik melalui cairan irigasi di batu sampai rusak menjadi fragmen-fragmen kecil. Pecahan tersebut dapat dikeluarkan sendiri oleh pasien atau dihapus melalui metode ekstraksi. EHL memiliki beberapa keterbatasan karena membutuhkan anestesi umum, dan umumnya tidak digunakan pada batu di dekat ginjal karena gelombang kejut dapat menyebabkan kerusakan jaringan. Fragmen-fragmen yang dihasilkan oleh kejutan hidrolik juga cenderung untuk menyebar luas, membuat pengambilan atau ekstraksi lebih sulit.

– Pengertian LOA
Definisi LOA adalah
singkatan yang menjelaskan posisi bayi dalam rahim. L singkatan dari left (kiri), O singkatan occipito, bagian dari bayi yang akan lahir lebih dulu (biasanya bagian belakang kepala), A untuk anterior atau ke bagian depan dan P untuk posterior atau ke arah belakang. Jadi LOA berarti bayi berbaring di sebelah kiri ibu, bagian belakang kepalanya akan keluar pertama dan punggungnya menghadap ke arah depan ibu.  Sebaliknya, jika LOP, berarti punggung menghadap belakang ibu. Lihat juga ROA.

– Pengertian Lobaplatin
Definisi Lobaplatin adalah
sebuah obat antikanker dalam keluarga obat yang disebut senyawa platinum.

– Pengertian Lobektomi
Definisi Lobektomi adalah
operasi yang menghilangkan seluruh lobus paru-paru.

– Pengertian Lobulus
Definisi Lobulus adalah
unit struktural yang terdiri dari sel-sel hati berbentuk seperti segi enam dengan enam triad portal yang mengelilingi sebuah vena pusat.

– Pengertian Lobus
Definisi Lobus adalah
salah satu dari empat divisi anatomis korteks serebri, yang terdiri dari lobus frontalis, lobus parietalis, lobus oksipitalis dan lobus temporalis. Setiap lobus dikaitkan dengan fungsi penalaran, gerakan, memori dan persepsi sensorik yang berbeda-beda.

– Pengertian Lobus Frontalis
Definisi Lobus Frontalis (frontal lobe) adalah
bagian yang paling depan dari korteks serebri yang berhubungan dengan penalaran, keterampilan motorik, kognisi tingkat yang lebih tinggi, dan bahasa ekspresif. Di bagian belakang lobus frontalis, dekat sulkus sentral, terletak korteks motorik. Daerah ini menerima informasi dari berbagai lobus otak dan menggunakannya untuk melakukan gerakan tubuh. Kerusakan pada lobus frontalis dapat menyebabkan perubahan dalam kebiasaan seksual, sosialisasi, dan perhatian serta meningkatkan pengambilan risiko.

– Pengertian Lobus Hepatis
Definisi Lobus hepatis adalah
salah satu dari empat divisi anatomi hati (hepar); Dua lobus hepatis utama adalah lobus hepatis dekstra dan lobus hepatis sinistra. Lobus hepatis dekstra memiliki bagian yang disebut porta hepatis, yang membentuk lobus kuadratus hepatis dan lobus kaudatus hepatis.

– Pengertian Lobus Oksipitalis
Definisi Lobus oksipitalis adalah
bagian korteks serebri yang terletak di belakang dan berhubungan dengan penafsiran rangsangan visual. Korteks visual primer, yang menerima dan menafsirkan informasi dari retina mata, terletak di lobus oksipitalis. Kerusakan pada lobus ini dapat menyebabkan masalah penglihatan seperti kesulitan mengenali objek, ketidakmampuan untuk mengidentifikasi warna, dan kesulitan mengenali kata-kata.

– Pengertian Lobus Parietalis
Definisi Lobus parietalis adalah
bagian korteks serebri yang terletak di tengah dan berhubungan dengan pengolahan informasi sensorik taktil seperti tekanan, sentuhan, dan rasa sakit. Sebagian dari otak yang dikenal sebagai korteks somatosensori terletak di lobus ini dan sangat penting untuk pengolahan pancaindera. Kerusakan pada lobus parietalis dapat menyebabkan masalah dalam memori verbal, gangguan kemampuan visual dan masalah bahasa.

– Pengertian Lobus Temporalis
Definisi Lobus temporalis adalah
lobus otak yang terletak di bawah lobus frontalis dan lobus parietalis. Lobus ini juga merupakan lokasi dari korteks pendengaran primer, yang penting untuk menafsirkan suara dan bahasa yang kita dengar. Hipokampus juga terletak di lobus temporalis, sehingga bagian otak ini sangat terkait dengan pembentukan memori. Kerusakan pada lobus temporalis dapat menyebabkan masalah memori, persepsi bahasa, dan kemampuan bahasa.

– Pengertian Log
Definisi Log adalah
ukuran didasarkan pada skala logaritmik yang mengacu pada jumlah dalam faktor sepuluh. Sebuah perubahan log bersifat eksponensial, atau 10 kali lipat, meningkat atau menurun (misalnya, perubahan dari 10 hingga 100 adalah peningkatan 1-log; perubahan dari 1.000.000 untuk 10.000 adalah penurunan 2-log).


Comments are closed.