Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Limfoma – Lini Sel)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Limfoma – Lini Sel) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Ligan – Limfedema Kongenital). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Limfoma - Lini Sel)

– Pengertian Limfoma
Definisi Limfoma adalah
jenis kanker yang dimulai pada sel sistem kekebalan yang disebut limfosit. Limfosit adalah sel darah putih yang bergerak di seluruh tubuh dalam cairan yang disebut getah bening. Mereka diangkut oleh jaringan pembuluh yang membentuk sistem limfatik, bagian dari sistem kekebalan tubuh.Seperti kanker lainnya, limfoma terjadi ketika limfosit berada dalam keadaan pertumbuhan sel yang tidak terkendali..Ada dua jenis limfoma: limfoma Hodgkin (LH, juga disebut penyakit Hodgkin) dan limfoma non-Hodgkin (LNH). Baik LH dan LNH dapat terjadi di tempat yang sama dan memiliki gejala yang sama. Perbedaan keduanya terlihat pada tingkat mikroskopis. Limfoma Hodgkin berkembang dari garis keturunan abnormal tertentu dari sel B. Ada lima subtipe LH. LNH dapat berasal baik dari sel B atau sel T abnormal, dengan 30 subtipe yang dibedakan dengan penanda genetik yang unik.

– Pengertian Limfoma Burkitt
Definisi Limfoma Burkitt adalah
kanker tisu getah bening yang paling sering terjadi di perut, indung telur, dan tulang-tulang wajah. Seringkali terkait malaria.

– Pengertian Limfoma Hodgkin
Definisi Limfoma Hodgkin adalah
sebuah keganasan di sistem limfatik yang dibedakan dari limfoma non-Hodgkin oleh keberadaan sel Reed-Sternberg. Juga dikenal sebagai penyakit Hodgkin.

– Pengertian Limfoma MALT
Definisi Limfoma MALT (Mucosa-Associated Lymphoid Tissue) adalah
jenis kanker yang muncul pada sel-sel dalam jaringan mukosa yang terlibat dalam produksi antibodi.

– Pengertian Limfoma Non-Hodgkin
Definisi Limfoma non-Hodgkin adalah
jenis limfoma, kanker dalam sistem limfatik, yang menyebabkan sel-sel dalam sistem limfatik untuk mereproduksi abnormal, akhirnya menyebabkan tumor. Sel-sel limfoma ini juga dapat menyebar ke organ lain.

– Pengertian Limfonodi
Definisi Limfonodi atau nodul limfa adalah
nama lain untuk kelenjar getah bening, organ tubuh organ yang menyaring semua bakteri, virus, dan jaringan mati lainnya dari cairan limfatik dan menghapusnya dari tubuh.

– Pengertian Limfopenia
Definisi Limfopenia adalah
pengurangan, relatif atau absolut, jumlah limfosit dalam sirkulasi darah.

– Pengertian Limfosit
Definisi Limfosit adalah
leukosit (sel darah putih) yang ditemukan dalam darah dan jaringan getah bening. Tiga jenis utama dari limfosit adalah sel B atau limfosit B (yang membuat antibodi), sel T atau Limfosit T (yang membantu untuk membunuh sel tumor dan mengendalikan respon imun), dan sel-sel pembunuh alami (yang menghancurkan sel yang terinfeksi atau diubah).

– Pengertian Limfosit B
Definisi Limfosit B (sel B) adalah
jenis sel darah putih yang membuat antibodi dan merupakan bagian penting dari respon kekebalan. Jika dirangsang oleh suatu antigen, limfosit B menjadi sel memori atau sel plasma yang membentuk antibodi terhadap antigen itu. Bandingkan dengan limfosit T.

– Pengertian Limfosit Penginflitrasi Tumor
Definisi Limfosit penginflitrasi tumor adalah
sel-sel sistem kekebalan tubuh pelawan kanker yang berkonsentrasi pada tumor. Dalam jenis terapi eksperimental, para ilmuwan mengambil sel-sel dari tumor, menumbuhkannya di laboratorium dan kemudian mengembalikan mereka kepada pasien untuk menghancurkan sel-sel tumor.

– Pengertian Limfosit T
Definisi Limfosit T (sel T) adalah
limfosit kecil yang dikembangkan di timus, fungsinya adalah mengatur respon sistem kekebalan terhadap sel-sel yang terinfeksi atau ganas. Bandingkan dengan limfosit B.

– Pengertian Limfositopenia
Definisi Limfositopenia adalah
kekurangan limfosit.

– Pengertian Limpa
Definisi Limpa adalah
struktur terbesar dalam sistem limfoid, limpa adalah organ seperti kelenjar yang terletak di perut kiri atas. Organ ini berfungsi sebagai reservoir darah, memproduksi limfosit dan sel plasma, dan  berfungsi sebagai “filter” untuk darah yang rusak dengan menghapus sel darah merah dari peredaran.

– Pengertian Lingual
Definisi Lingual adalah
permukaan gigi yang berdekatan dengan lidah. Kontras dengan fasial.

– Pengertian Lini Sel
Definisi Lini sel (cell lines) adalah
sebuah kultur sel-sel terkait. Sebuah embrio tunggal dapat digunakan untuk menghasilkan lini (atau populasi) dari sel-sel yang secara genetik identik satu sama lain saat mereka membelah dan menciptakan populasi yang lebih besar. Dua lini sel yang berbeda berasal dari dua embrio yang berbeda. Lini sel dapat diperluas (yaitu dimasukkan ke dalam kultur sel untuk membuat sejumlah besar dari mereka), dibekukan, dan/atau dibagikan ke para ilmuwan lainnya. Jadi, lini sel tunggal dapat secara bersamaan dikultur di laboratorium di seluruh dunia sekaligus disimpan dan dibagi ke para ilmuwan yang berbeda.

loading...

Comments are closed.