Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Jahitan Bedah – Jaras)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Jahitan Bedah – Jaras) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Iskemia – IVP). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Jahitan Bedah - Jaras)

– Pengertian Jahitan bedah
Definisi Jahitan bedah adalah
perangkat medis yang digunakan untuk menyatukan jaringan tubuh setelah cedera atau pembedahan. Perangkat ini biasanya terdiri dari benang yang dipasang dengan jarum. Ada banyak bentuk, ukuran, dan bahan benang yang digunakan untuk jahitan bedah. Secara umum, jahitan dapat dibagi menjadi dua jenis: yang terserap tubuh tanpa menimbulkan bahaya dan yang tidak terserap sehingga harus diangkat secara manual setelah proses penyembuhan. Jenis benang yang digunakan pada setiap operasi tergantung tuntutan lokasi, lingkungan dan kebijaksanaan atau pengalaman ahli bedah. Jahitan yang ditempatkan secara internal biasanya menggunakan benang yang terserap, sedangkan jahitan pada luka eksternal menggunakan benang yang tidak terserap. Jahitan pada lingkungan yang bertekanan, misalnya jantung atau kandung kemih, mungkin memerlukan bahan khusus yang kuat. Jahitan juga dapat dibagi menjadi dua berdasarkan simpulannya: monofilamen (tidak dikepang) dan multifilamen (dikepang). Jahitan dikepang memberikan keamanan yang lebih baik sedangkan simpul jahitan monofilamen memberikan jalan yang lebih baik melalui jaringan. Secara umum, jahitan monofilamen menimbulkan reaksi jaringan yang lebih rendah dibandingkan jahitan dikepang. Selain itu, berdasarkan bahan bakunya, jahitan bedah dibagi menjadi alami dan sintetik. Jahitan alami termasuk jahitan sutra dan catgut sedangkan semua jahitan lainnya adalah sintetis.

– Pengertian Jak3
Definisi Jak3 adalah
enzim yang hanya ditemukan di dalam sel-sel sistem kekebalan tubuh yang sangat penting untuk proses sel sinyal yang mendorong perkembangan sel-sel darah putih. Mutasi pada gen pengkodean JAK3 bertanggung jawab untuk bentuk parah imunodefisiensi gabungan (SCID). JAK adalah singkata dari janus kinase atau Just Another Kinase.

– Pengertian Jalan Lahir
Definisi Jalan lahir adalah
bagian yang mencakup rahim dan vagina yang dilalui bayi saat lahir.

– Pengertian Jalur auditori
Definisi Jalur auditori adalah
saraf dan koneksi dalam sistem saraf pusat, yang dimulai pada sel-sel rambut organ Corti, berlanjut ke sepanjang kedelapan saraf pendengaran dan berakhir di korteks auditori.

– Pengertian Jalur Fekal-Oral
Definisi Jalur fekal-oral, atau jalur oral-fekal/ orofekal, adalah
rute penularan penyakit dari feses ke mulut. Dalam jalur ini, kuman yang dikeluarkan dari tubuh penderita melalui feses dapat menulari orang lain bila tertelan melalui kontaminasi suplai air, sentuhan tangan di kamar mandi dan dapur, memakan makanan yang terkontaminasi oleh lalat, dll..Demam tifoid yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi, paling sering ditularkan melalui jalur fekal-oral. Demikian halnya dengan askariasis, amoebiasis, giardiasis dan hepatitis A dan E.

– Pengertian Jalur Visual
Definisi Jalur visual (visual pathway) adalah
sekelompok sel-sel ganglion retina yang memiliki akson di saraf optik dengan sinaps terhubung ke sel-sel di dalam nukleus genikulatum lateralis dari talamus, yang menuju ke korteks visual lobus oksipitalis dari otak besar. Pada jalur visual sekunder, akson lain dari sel-sel ganglion retina berakhir di kolikulus rostralis anterior.

– Pengertian Janin
Definisi Janin atau fetus adalah
hasil fertilisasi dari selesainya tahap pengembangan embrio di 8 minggu setelah fertilisasi sampai saat kelahiran atau abortus.

– Pengertian Janin Melintang
Definisi Janin melintang (transverse lie) adalah
posisi janin horisontal di rahim dengan sumbu melintang terhadap sumbu tubuh ibu, dengan kepala di satu sisi dan bokong di sisi yang lain.

– Pengertian Jantung
Definisi Jantung adalah
otot yang memompa darah yang diterima dari vena ke arteri di seluruh tubuh. Organ ini berada di dada belakang sternum, di depan aorta, trakea dan esofagus, dan di atas otot diafragma yang memisahkan rongga dada dan perut. Jantung normal berukuran sekepalan tangan dan beratnya 300 gram. Jantung berbentuk kerucut, dengan titik kerucut menunjuk ke kiri. Dua pertiga dari jantung terletak di sisi kiri dada.

– Pengertian Jantung Berdebar
Definisi Jantung berdebar, atau palpitasi, adalah
sensasi tiba-tiba detak jantung di dada. Hal ini dapat disebabkan oleh banyak hal yang berbeda.

– Pengertian Jantung Kanan
Definisi Jantung kanan adalah
jantung sisi kanan yang terdiri dari atrium kanan yang menerima darah terdeoksigenasi dari tubuh dan ventrikel kanan yang memompa ke paru-paru. Jantung kanan adalah sistem tekanan rendah.

– Pengertian Jarak Fokus
Definisi Jarak fokus (focal length) adalah
jauhnya jarak gambar berfokus dari lensa ketika sinar cahaya paralel memasuki lensa. Kebalikan, dalam meter, dari kekuatan dioptrik dari lensa.

– Pengertian Jaras
Definisi Jaras adalah
nama lain dari neuron.

loading...

Comments are closed.