Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Inokulasi – Insulinoma)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Inokulasi – Insulinoma) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Inguinalis – Inkontinensia Urin Transien). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Inokulasi - Insulinoma)

– Pengertian Inokulasi
Definisi Inokulasi adalah
introduksi organisme penyebab penyakit ke dalam tubuh.

– Pengertian Inokulasi Aksidental
Definisi Inokulasi aksidental adalah
sebuah pajanan agen infeksi yang terjadi selama pelaksanaan tugas pekerjaan (oleh perawat atau dokter, misalnya). Hal ini mencakup pajanan melalui jarum suntik, luka potong, selaput lendir (mulut, mata), atau kulit (terutama ketika kulit yang terpapar pecah-pecah, terabrasi, atau menderita ruam atau luka dermatitis atau kontaknya berlangsung lama atau melibatkan area yang luas), darah, jaringan, atau cairan tubuh lain (tinja, urin, cairan vagina, air liur, lendir).

– Pengertian Inosine Monophosphate Dehidrogenase
Definisi Inosine Monophosphate Dehidrogenase (IMPDH) adalah
agen (misalnya, ribavirin) yang mengganggu sintesis dan penyimpanan guanin, sehingga menghambat replikasi virus.

– Pengertian Inseminasi
Definisi Inseminasi adalah
ejakulasi air mani ke dalam vagina. Inseminasi buatan adalah penempatan air mani ke dalam serviks (intrauterine) atau rahim (intracervical) menggunakan jarum suntik untuk menghasilkan kehamilan.

– Pengertian Inseminasi Buatan
Definisi Inseminasi buatan (artificial insemination) adalah
penyemprotan sperma di vagina dekat leher rahim atau langsung ke dalam rahim, dengan menggunakan jarum suntik bukan dengan senggama. Teknik ini digunakan untuk mengatasi masalah kinerja seksual, untuk menghindari masalah interaksi sperma-lendir, untuk memaksimalkan potensi air mani yang buruk, dan untuk menggunakan sperma donor.

– Pengertian Inseminasi Donor
Definisi Inseminasi donor adalah
penempatan sperma dari donor ke dalam vagina atau leher rahim wanita dengan menggunakan instrumen, dalam rangka untuk mencapai kehamilan.

– Insensitivitas Androgen
Definisi Insensitivitas androgen atau Ketidakpekaan adalah
sindrom yang ditandai dengan amenore primer, fenotipe perempuan, testis (di perut atau inguinalis) bukan indung telur, tidak adanya rahim, dan genotipe laki-laki.

– Pengertian Insiden
Definisi Insiden adalah
jumlah kasus penyakit dimulai, atau kematian terjadi, selama suatu periode tertentu pada populasi tertentu.

– Pengertian Insomnia
Definisi Insomnia adalah
gangguan di mana orang tidak dapat mendapatkan cukup tidur atau tidur yang restoratif, karena satu atau lebih faktor. Penderita insomnia sering memiliki gejala di siang hari yang terkait dengan kurang tidur, seperti kantuk di siang hari, kelelahan, dan penurunan kewaspadaan mental..Insomnia dapat disebabkan oleh ketidakmampuan untuk tidur, ketidakmampuan untuk menjaga tidur atau terbangun terlalu dini dan belum sempat mendapatkan tidur yang cukup. Ada dua jenis utama insomnia: insomnia akut (insomnia transien) yang terjadi selama periode yang cukup singkat dan insomnia kronis, yang gejalanya lebih lama (umumnya lebih dari satu bulan). Insomnia juga dapat diklasifikasikan sebagai primer atau sekunder. Insomnia primer adalah gangguan yang tidak dapat dikaitkan dengan kondisi atau gangguan lain. Insomnia sekunder dapat ditelusuri ke sumber lain, yang mungkin adalah kondisi medis, penggunaan obat-obatan, alkohol atau zat lain, atau gangguan mental seperti depresi berat.

– Pengertian Inspeksi Visual Asam Asetat
Definisi Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) adalah
metode skrining kanker serviks sederhana dengan menerapkan dosis rendah larutan asam asetat pada serviks untuk mendeteksi lesi prakanker.

– Pengertian Insufisiensi
Definisi Insufisiensi adalah
ketidakmampuan untuk menjalankan fungsinya secara memadai. Misalnya, insufisiensi jantung terjadi ketika jantung tidak berhasil memompa darah secara memadai ke seluruh tubuh; insufisiensi ginjal terjadi ketika ginjal tidak bisa menyaring secara sempurna zat limbah dan zat yang perlu didaur ulang tubuh. Kadang-kadang, istilah insufisiensi saling menggantikan dengan kata “gagal”, seperti dalam contoh di atas, gagal jantung dan gagal ginjal.

– Pengertian Insufisiensi Aorta
Definisi Insufisiensi aorta adalah
kondisi di mana katup aorta tidak menutup secara efisien sehingga memungkinkan darah bocor kembali ke ruang jantung ventrikel kiri. Dengan demikian, darah yang dipompa oleh jantung melalui katup aorta ke dalam aorta bocor kembali ke jantung karena katup aorta gagal untuk menutup dengan benar. Berbagai penyakit dapat menyebabkan katup aorta berfungsi tidak semestinya. Jika kebocoran signifikan, kerusakan otot jantung dapat terjadi, sehingga diperlukan penggantian katup aorta.

– Pengertian Insufisiensi Vena Kronis
Definisi Insufisiensi vena kronis adalah
sebuah kondisi di mana pembuluh darah kaki tidak efisien mengembalikan darah ke jantung.

– Pengertian Insulin Lispro
Definisi Insulin lispro adalah
insulin yang bekerja cepat. Rata-rata, insulin lispro mulai menurunkan glukosa darah dalam waktu 5 menit setelah injeksi. Agen ini memiliki efek terkuat 30 menit sampai 1 jam setelah injeksi namun tetap bekerja selama 3 jam setelah injeksi.

– Pengertian Insuline-dependent Diabetes
Definisi Insuline-dependent diabetes adalah
nama lain untuk diabetes tipe 1.

– Pengertian Insulinoma
Definisi Insulinoma adalah
tumor di sel-sel yang memproduksi insulin di pulau pankreas, menyebabkan kadar glukosa darah yang rendah.


Comments are closed.