Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Inguinalis – Inkontinensia Urin Transien)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Inguinalis – Inkontinensia Urin Transien) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Infeksi – Infus). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Inguinalis - Inkontinensia Urin Transien)

– Pengertian Inguinalis
Definisi Inguinalis atau inguinal adalah
berkaitan dengan pangkal paha.

– Pengertian Inhibitor
Definisi Inhibitor adalah
agen yang menghambat atau memblok kegiatan.

– Pengertian Inhibitor Alfa-glukosidase
Definisi Inhibitor alfa-glukosidase adalah
 kelas obat oral untuk diabetes tipe 2 yang memblok enzim yang mencerna zat tepung dalam makanan. Hasilnya adalah peningkatan glukosa darah lebih lambat dan lebih rendah sepanjang hari, terutama setelah makan.

– Pengertian Inhibitor Aromatase
Definisi Inhibitor aromatase adalah
obat yang mengurangi jumlah estrogen dalam tubuh. Inhibitor aromatase dapat digunakan untuk mengobati wanita dengan kanker payudara reseptor estrogen positif.

– Pengertian Inhibitor Glukosidase
Definisi Inhibitor glukosidase adalah
inhibitor retikulum endoplasma (ER), α-glukosidase telah diketahui dapat menghambat replikasi virus dan sekresi.

– Pengertian Inhibitor Helikase
Definisi Inhibitor helikase adalah
obat yang menghambat aksi dari enzim helikase virus, sehingga mencegah materi genetik virus berkembang dan mengganggu replikasinya.

– Pengertian Inhibitor Protease
Definisi Inhibitor protease adalah
agen yang dapat mencegah protease bekerja mengolah dan membelah protein menjadi peptida. Inhibitor protease digunakan dalam pengobatan HIV / AIDS. Namun, obat ini dapat menyebabkan sindrom lipodistrofi di mana wajah, lengan dan kaki menjadi mengecil karena hilangnya lemak subkutan. Kulit menjadi kering, bibir retak, berat berkurang. Masalah lain dengan inhibitor protease adalah pengembangan strain HIV yang resisten terhadap obat ini, seperti yang dilaporkan pada Konferensi AIDS Sedunia ke-12 pada tahun 1998.

– Pengertian Injeksi
Definisi Injeksi adalah
mendorong obat ke dalam tubuh dengan menggunakan jarum suntik. Injeksi bisa dilakukan ke dalam otot (intramuskular/IM), ke dalam vena (intravena/IV) atau ke dalam jaringan lemak di bawah kulit (subkutan).

– Pengertian Injeksi Bulking Periuretra
Definisi Injeksi bulking periuretra adalah
sebuah prosedur pembedahan di mana implan disuntikkan untuk menebalkan daerah di sekitar leher kandung kemih yang memungkinkannya untuk menahan peningkatan tekanan perut yang dapat mendorong kandung kemih dan menyebabkan kebocoran.

– Pengertian Inkompatibilitas Rh
Definisi Inkompatibilitas Rh adalah
suatu kondisi yang terjadi ketika seorang wanita hamil memiliki darah Rh-negatif dan bayi dalam rahimnya memiliki darah Rh-positif..Selama kehamilan, sel darah merah dari bayi yang belum lahir dapat menyeberang ke aliran darah ibu melalui plasenta. Jika ibu memiliki Rh-negatif, sistem kekebalan tubuhnya memperlakukan sel-sel Rh-positif janin seolah-olah mereka adalah substansi asing dan membuat antibodi terhadap sel-sel darah janin. Antibodi anti-Rh ini dapat menyeberang kembali melalui plasenta ke bayi yang sedang berkembang dan menghancurkan sel-sel darah merah bayi. Sel-sel darah merah yang dipecah menghasilkan bilirubin. Hal ini menyebabkan bayi menjadi kuning (ikterus). Tingkat bilirubin dalam aliran darah bayi bisa berkisar dari ringan sampai sangat tinggi. Karena butuh waktu bagi ibu untuk mengembangkan antibodi, bayi sulung jarang yang mengalami kondisi ini, kecuali ibu mengalami keguguran di masa lalu atau aborsi yang membuat peka sistem kekebalan tubuhnya. Namun, semua anak-anaknya telah setelah itu yang memiliki Rh-positif dapat terpengaruh. Inkompatibilitas Rh berkembang hanya bila ibu memiliki Rh-negatif dan bayi Rh-positif. Berkat penggunaan globulin kekebalan khusus yang disebut RhoGHAM, masalah ini telah menjadi semakin jarang.

– Pengertian Inkontinensia
Definisi Inkontinensia adalah
ketidakmampuan untuk mengontrol waktu buang air kecil atau buang air besar.

– Pengertian Inkontinensia Fekal
Definisi Inkontinensia fekal (fecal incontinence)
atau inkontinensia tinja adalah ketidakmampuan untuk mengontrol buang air besar. Hal ini menyebabkan tinja (feses) bocor dari rektum pada waktu yang tak terduga. Kondisi ini lebih umum pada wanita dan pada orang lanjut usia..Banyak orang yang memiliki inkontinensi fekal malu untuk membicarakan masalahnya dengan dokter. Mereka berpikir tidak ada yang bisa membantu mereka. Namun, pengobatan yang efektif sebenarnya banyak tersedia untuk mengatasi masalah ini. Fungsi usus dikendalikan oleh tiga hal: tekanan sfingter anus, sensasi rektum dan kapasitas penyimpanan rektum. Sfingter anus adalah otot yang berkontraksi untuk mencegah tinja meninggalkan rektum. Otot ini sangat penting dalam mempertahankan kontinensia. Sensasi dubur memberitahu keberadaan feses di rektum dan bahwa sudah waktunya untuk pergi ke kamar kecil. Rektum dapat meregang dan menahan feses selama beberapa saat setelah seseorang menyadari adanya tinja. Ini adalah kapasitas penyimpanan rektum. Dia juga harus cukup responsif terhadap sensasi rektum dan melakukan sesuatu terhadapnya. Dia juga harus mampu bergerak ke toilet. Jika ada yang salah pada salah satu faktor tersebut, maka dapat terjadi inkontinensia fekal.

– Pengertian Inkontinensia Luap
Definisi Inkontinensia luap adalah
kebocoran urin yang terjadi bila jumlah urin yang diproduksi melebihi kapasitas kandung kemih untuk menahannya.

– Pengertian Inkontinensia Urin
Definisi Inkontinensia Urin adalah
Hilangnya kontrol kandung kemih. Gejala inkontinensia dapat berkisar dari kebocoran ringan hingga ngompol tak terkendali. Inkontinesia terjadi ketika otot-otot kandung kemih terlalu lemah atau terlalu aktif, yang dapat disebabkan oleh kecelakaan, masalah prostat atau kerusakan saraf. Gangguan ini dapat terjadi pada siapa saja, tetapi menjadi lebih umum dengan penuaan.

– Pengertian Inkontinensia Urin Fungsional
Definisi Inkontinensia urin fungsional adalah
kebocoran urin karena kesulitan mencapai toilet secara tepat waktu karena kondisi fisik seperti artritis.

– Pengertian Inkontinensia Urin Stres
Definisi Inkontinensia urin stres adalah
kebocoran urin selama periode peningkatan tekanan perut, yaitu saat tertawa, bersin, batuk atau mengangkat benda berat.

– Pengertian Inkontinensia Urin Transien
Definisi Inkontinensia urin transien adalah
episode inkontinensia sementara yang hilang ketika penyebab episode teridentifikasi dan diobati.


Comments are closed.