Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Infeksi – Infus)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Infeksi – Infus) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Indeks CT – Infark Miokard Akut). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Infeksi - Infus)

– Pengertian Infeksi
Definisi Infeksi adalah
masuk dan berkembangnya agen infeksi ke dalam tubuh seseorang atau hewan. Pada infeksi yang “manifes”, orang yang terinfeksi tampak sakit secara lahiriah. Pada infeksi yang “non-manifes”, tidak ada gejala atau tanda lahiriah. Jadi, infeksi jangan dirancukan dengan penyakit..Istilah “infeksi” juga hanya mengacu pada organisme patogen, tidak pada semua jenis organisme. Sebagai contoh, pertumbuhan normal flora bakteri yang biasa hadir di dalam saluran usus tidak dianggap sebagai infeksi. Hal yang sama berlaku untuk bakteri yang biasanya menghuni mulut.

– Pengertian Infeksi Aktif
Definisi Infeksi aktif adalah
infeksi di mana mikroorganisme penyebab penyakit secara aktif mereplikasi dan menginfeksi sel-sel baru.

– Pengertian Infeksi Laten
Definisi Infeksi laten adalah
infeksi yang tidak aktif di dalam tubuh untuk beberapa bulan atau tahun tetapi dapat muncul kembali.

– Pengertian Infeksi Oportunistik
Definisi Infeksi oportunistik adalah
penyakit yang jarang terjadi pada orang sehat, tetapi menyebabkan infeksi pada individu yang sistem kekebalannya terganggu, termasuk infeksi HIV. Organisme-organisme penyakit ini sering hadir dalam tubuh tetapi umumnya dikendalikan oleh sistem kekebalan tubuh yang sehat. Ketika seseorang terinfeksi HIV mengembangkan infeksi oportunistik, tahapannya masuk ke diagnosis AIDS.

– Pengertian Infeksi Saluran Kemih
Definisi Infeksi saluran kemih (ISK) adalah
penyakit yang disebabkan oleh bakteri berbahaya di saluran kemih.

– Pengertian Infeksi TBC (tuberkulosis) aktif
Definisi Infeksi TBC (tuberkulosis) aktif adalah
infeksi yang disebabkan olehMycobacterium tuberculosis, yang dibuktikan dengan kultur konfirmatori, atau, jika tidak ada kultur, gejala klinis sugestif, termasuk batuk produktif yang berlangsung >3 minggu, nyeri dada, hemoptisis, demam, keringat malam, penurunan berat badan, dan mudah lelah. TB aktif adalah penyakit menular yang dapat diobati, disembuhkan, dan dicegah. Orang dengan infeksi TBC aktif harus di bawah perawatan seorang dokter. Infeksi TBC aktif juga dapat menunjukkan defisiensi imun. Untuk orang yang terinfeksi HIV, infeksi TBC aktif dianggap sebagai infeksi oportunistik dan kondisi kualifikasi untuk AIDS.

– Pengertian Infeksi TBC Laten
Definisi Infeksi TBC laten adalah
suatu kondisi di mana terdapat basil tuberkel (M. tuberculosis) yang hadir dalam tubuh, tetapi penyakitnya tidak aktif secara klinis. Orang yang terinfeksi biasanya memiliki hasil tes kulit tuberkulin positif, tetapi mereka tidak memiliki gejala yang berkaitan dengan infeksi dan tidak menular. Namun, orang yang terinfeksi tetap berisiko seumur hidup untuk mengembangkan penyakit jika mereka tidak diberi terapi pencegahan.

– Pengertian Infeksi Terdiseminasi
Definisi Infeksi terdiseminasi adalah
infeksi di mana kuman memasuki tubuh melalui pintu masuk tunggal dan kemudian menyebar ke seluruh tubuh.

– Pengertian Infertilitas
Definisi Infertilitas adalah
kegagalan pasangan untuk hamil setelah satu tahun memiliki hubungan seksual yang teratur tanpa kontrasepsi. Infertilitas bisa primer atau sekunder. Infertilitas primer adalah istilah yang menggambarkan pasangan yang belum pernah hamil, sedangkan infertilitas sekunder mengacu pada pasangan yang telah mencapai kehamilan di masa lalu tapi tidak mampu mendapatkannya lagi. Ada beberapa perbedaan dalam evaluasi dan pengobatan, karena secara teoritis, pasangan yang sebelumnya mencapai kehamilan memiliki semua komponen dasar dari sistem reproduksi mereka yang utuh. Hal ini menyiratkan kemungkinan jauh lebih besar bahwa salah satu atau kedua pasangan baru mengembangkan masalah yang menyebabkan infertilitas mereka saat ini.

– Pengertian Infertilitas Faktor Pria
Definisi Infertilitas faktor pria
mengacu pada infertilitas yang didukung oleh faktor-faktor dari sisi pasangan pria, seperti kualitas sperma yang buruk atau ejakulasi retrograde.

– Pengertian Infestasi
Definisi Infestasi adalah
penyusupan organisme parasit ke dalam tubuh sehingga mereka berkembang biak dalam jumlah yang besar dan merugikan kesehatan. Infestasi biasanya mengacu pada organisme yang besar, bukan mikroorganisme (dalam hal ini disebut infeksi). Contoh organisme yang dapat melakukan infestasi adalah kutu rambut, cacing, dan scabies.

– Pengertian Infiltrasi
Definisi Infiltrasi adalah
bocornya cairan atau obat-obatan ke jaringan, yang dapat menyebabkan pembengkakan.

– Pengertian Inflamasi
Definisi Inflamasi atau peradangan adalah
bengkak kemerahan, panas, dan nyeri pada jaringan karena cedera fisik, kimiawi, infeksi, atau reaksi alergi.

– Pengertian Influenza
Definisi Influenza (juga disebut flu) adalah
infeksi saluran pernapasan oleh virus. Virus influenza dibagi menjadi tiga jenis: A, B, dan C.

– Pengertian Infus
Definisi Infus adalah
penyampaian cairan atau obat ke dalam aliran darah selama periode waktu.

Comments are closed.