Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Indeks CT – Infark Miokard Akut)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Indeks CT – Infark Miokard Akut) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Imunohistokimia – Incest). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Indeks CT - Infark Miokard Akut)

– Pengertian Indeks CT
Definisi Indeks CT (CT Index) adalah
ukuran “potensi” obat yang dihitung dari data perbandingan C (concentration) dan T (time). Produk dengan agen dalam konsentrasi (C) tertentu diterapkan pada sistem biologis untuk menghasilkan efek tertentu dalam durasi (T) yang dibutuhkan untuk menghasilkan efek. Indeks ini dihitung dengan asumsi bahwa kurva waktu-konsentrasi adalah sepenuhnya hiperbolik simetris dan cembung ke asal, dan bahwa produk-produk dari koordinat di semua titik pada garis tetap.

– Pengertian Indeks Glikemik
Definisi Indeks glikemik (glycemic index/GI) adalah
sebuah peringkat yang diberikan kepada makanan untuk menunjukkan bagaimana makanan tersebut memengaruhi gula darah dan insulin. Angka GI suatu makanan diberikan relatif terhadap glukosa, yang diberi nilai 100. Semakin tinggi nilainya, semakin cepat gula darah dan kadar insulin akan meningkat. Misalnya Dekstrosa memiliki skor GI 138 (TINGGI) sedangkan fruktosa adalah 31 (RENDAH)..Informasi GI membantu, misalnya, jika gula darah Anda rendah dan terus menurun selama latihan, Anda akan lebih memilih untuk makan karbohidrat yang akan meningkatkan gula darah Anda dengan cepat. Di sisi lain, jika Anda ingin menjaga kadar gula darah Anda tidak turun selama beberapa jam aktivitas ringan, Anda dapat memilih untuk memakan karbohidrat yang memiliki indeks glikemik yang lebih rendah.

– Pengertian Indeks Kualitas Tidur Pittsburgh
Definisi Indeks kualitas tidur Pittsburgh (Pittsburgh sleep quality index) adalah
kuesioner 24-item yang dilaksanakan sendiri untuk memberikan asesmen klinis yang ringkas atas berbagai gangguan yang dapat mempengaruhi kualitas tidur.

– Pengertian Indeks Massa Tubuh
Definisi Indeks massa tubuh (IMT) adalah
rasio standar berat terhadap tinggi, dan sering digunakan sebagai indikator kesehatan umum. IMT dihitung dengan membagi berat badan (dalam kilogram) dengan kuadrat tinggi badan (dalam meter). Angka IMT antara 18,5 dan 24,9 dianggap normal untuk kebanyakan orang dewasa. IMT yang lebih tinggi mungkin mengindikasikan kelebihan berat badan atau obesitas.

– Pengertian Indeks Terapetik
Definisi Indeks terapetik adalah
ukuran selektivitas obat, yang merupakan ukuran faktor keamanan obat. Obat dengan indeks tinggi memberikan keamanan yang lebih besar daripada yang berindeks rendah. Indeks terapetik biasanya dihitung dari data yang diperoleh dari percobaan pada hewan.

– Pengertian Indera
Definisi Indera adalah
salah satu dari panca indera: penglihatan, pendengaran, penciuman, peraba, dan perasa. Perabaan meliputi segala sensasi dari permukaan tubuh, sendi, dan organ dalam, termasuk nyeri, kepekaan termal, dan posisi.

– Pengertian Indikasi
Definisi Indikasi dalam
kedokteran memiliki dua definisi yang berbeda: pertanda atau alasan. Dalam definisi yang pertama, orang dengan kondisi tertentu menampilkan indikasi atau tanda-tanda bahwa mereka harus diperlakukan dengan cara tertentu, baik dengan diberi pengobatan atau menjalani terapi tertentu seperti operasi. Gejala juga bisa menjadi indikasi penyakit dan dokter dapat menggunakan gejala sebagai metode untuk mendiagnosis penyakit.. Dalam definisi kedua, indikasi adalah alasan untuk membenarkan pengobatan atau terapi tertentu. Dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik atau hanya mendengarkan keluhan pasien untuk menentukan tindakan yang terbaik. Jika hal tersebut tidak memberikan informasi yang cukup, ada cara-cara yang lebih spesifik untuk memutuskan tindakan yang tepat untuk dilakukan seperti mengevaluasi darah atau jaringan untuk melihat apakah ada unsur-unsur yang dapat diobati. Sebagai contoh, posisi janin sungsang atau plasenta previa dapat menjadi indikasi medis untuk tindakan operasi caesar.

– Pengertian Individuasi
Definisi Individuasi adalah
sebuah proses diferensiasi, hasil akhir dari pengembangan kepribadian seseorang yang terpisah dan berbeda dari yang lain.

– Pengertian Induksi
Definisi Induksi adalah
istilah dalam dalam anestesi umum, di mana pasien jatuh dari kondisi sadar ke tidak sadar.

– Pengertian Induksi Ovulasi
Definisi Induksi ovulasi adalah
perawatan farmakologis terhadap wanita yang anovulasi atau oligo-ovulasi dengan tujuan merangsang siklus ovulasi normal.

– Pengertian Indung Telur
Definisi Indung telur adalah
salah satu dari dua organ reproduksi wanita di mana telur terbentuk. Sinonim: ovarium.

– Pengertian Indurasi
Definisi Indurasi adalah
proses menjadi sangat keras, atau memiliki fitur fisik keras.

– Pengertian Infan
Definisi Infan (infant) adalah
seorang bayi kurang dari satu tahun.

– Pengertian Infark
Definisi Infark adalah
area nekrosis iskemik lokal yang diproduksi oleh oklusi pembuluh darah, baik drainase pasokan vena atau arteri.

– Pengertian Infark Miokard
Definisi Infark miokard (IM)
, umumnya dikenal sebagai serangan jantung, terjadi ketika sekelompok otot jantung mati karena penyumbatan mendadak dari arteri koroner (trombosis koroner). Hal ini biasanya disertai dengan nyeri dada luar biasa dan sejumlah kerusakan jantung..Pemblokiran arteri koroner yang paling sering disebabkan oleh kondisi yang disebut aterosklerosis, yang merupakan penumpukan zat lemak secara bertahap dalam aliran darah di sepanjang lapisan dalam arteri yang membatasi aliran darah ke jantung. Zat-zat ini juga dapat membuat massa abnormal dari trombosit yang menjadi bekuan darah. Jaringan parut yang dihasilkan dari otot mati pada IM mengubah pola aktivitas listrik jantung. Perubahan-perubahan dalam pola listrik ini terlihat dengan jelas dalam uji elektrokardiografi (EKG), sehingga alat ini sangat penting untuk mendiagnosis IM.

– Pengertian Infark Miokard Akut
Definisi Infark miokard akut adalah
proses iskemia miokard berkepanjangan parah dan durasi yang cukup untuk menyebabkan kerusakan permanen pada otot jantung, umumnya dikenal sebagai “serangan jantung”. Kerusakan ini terjadi ketika bagian dari otot jantung mengalami kekurangan aliran darah, biasanya akibat penyumbatan salah satu arteri utama yang memasok jantung (arteri koroner). Sebuah bekas luka biasanya terbentuk di jantung.


Comments are closed.