Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Host – Hypnobirthing)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Host – Hypnobirthing) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Hitung Basofil – Hormon Pertumbuhan). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Host - Hypnobirthing)

– Pengertian Host
Definisi Host (inang) adalah
organisme yang menyediakan makanan atau tempat tinggal bagi organisme lain.

– Pengertian Host Terkompromi
Definisi Host terkompromi (compromised host) adalah
host dengan penurunan resistensi terhadap infeksi dan penyakit karena berbagai sebab (misalnya, gizi buruk, penyakit, trauma, atau imunosupresi).

– Pengertian Hot Flushes
Definisi Hot flushes (sensasi panas) adalah
gejala fisik yang terjadi pada sebagian besar wanita selama masa menopause sebagai akibat dari variasi alami tingkat hormon, termasuk berkeringat, peningkatan suhu tubuh, dan respon tubuh lainnya.

– Pengertian HPMT
Definisi HPMT (hari pertama menstruasi terakhir) adalah
hari pertama dari periode menstruasi yang terakhir. HPMT digunakan untuk menghitung usia gestasi dan hari perkiraan lahir (HPL) atau tanggal kelahiran bayi.

– Pengertian Hubungan Seks Anal
Definisi Hubungan seks anal (anal sex) adalah
hubungan seksual melalui lubang dubur, yaitu penis dimasukkan kedalam anus pasangannya (pria atau wanita). Hubungan seks anal tanpa kondom adalah perilaku yang sangat berisiko tinggi untuk penyebaran HIV karena pecahnya pembuluh darah di pembukaan dubur yang bercampur dengan air mani pasangan.

– Pengertian Hukum Franklin
Definisi Hukum Franklin
berbunyi “Tidak ada yang pasti selain kematian dan pajak”. Sebuah pengingat bahwa dalam semua kontak manusia, ketidakpastian adalah lazim sebagai akibat dari kesalahan manusia dan teknis, keterbatasan pengetahuan, ketidakpastian, penipuan atau penyebab lain.

– Pengertian Human Chorionic Gonadotropin
Definisi Human Chorionic Gonadotropin (HCG) adalah
hormon yang diproduksi oleh plasenta selama awal kehamilan.

– Pengertian Human Immunodeficiency Virus
Definisi Human Immunodeficiency Virus (HIV) adalah
jenis retrovirus yang bertanggung jawab untuk penyakit Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS) yang mematikan.

– Pengertian Human Papillomavirus
Definisi Human papillomavirus (HPV) adalah
virus yang paling umum menyebabkan infeksi menular seksual. Ada lebih dari 40 jenis HPV yang dapat menginfeksi kelamin laki-laki dan perempuan. Beberapa jenis HPV juga dapat menginfeksi mulut dan tenggorokan. Kebanyakan orang yang terinfeksi dengan HPV bahkan tidak tahu mereka memilikinya..Dalam 90% kasus, sistem kekebalan tubuh secara alami membersihkan HPV dalam waktu dua tahun. Tapi, kadang-kadang, infeksi HPV tidak dihapus dan dapat menyebabkan:
> Kondiloma akuminata (kutil kelamin)
> Kutil di tenggorokan, kondisi yang disebut papilomatosis respiratorik rekuren.
> Kanker serviks dan kanker lainnya yang kurang umum tapi serius, seperti kanker vulva, vag1na, penis, anus, dan orofaring.
> Jenis-jenis HPV yang dapat menyebabkan kutil kelamin tidak sama dengan jenis yang dapat menyebabkan kanker. Tidak ada cara untuk mengetahui apakah orang yang mendapatkan HPV akan terus mengembangkan kanker atau masalah kesehatan lainnya.

– Pengertian Humerus
Definisi Humerus adalah
tulang lengan atas tunggal yang panjang. Ujung atas terdiri dari bola-bola yang pas dengan soket dari tulang belikat untuk membentuk sendi bahu. Ujung bawah humerus membentuk bola kecil yang cocok dengan soket engsel sendi radius dan ulna di siku.

– Pengertian Hymen
Definisi Hymen atau selaput dara adalah
selaput seperti membran yang menutupi sebagian saluran vag1na yang robek oleh penetrasi pertama atau dapat robek dengan olahraga aktif. Sering digunakan sebagai tanda keperawanan..Ada beberapa jenis hymen. Pada sekitar 1 dari 2.000 wanita, hymen menutupi hampir sebagian besar saluran vag1na, disebut imperforata hymen.Hymen yang normal dapat berbentuk seperti bulan sabit, seperti cincin melingkar, terlipat ke dalam atau memiliki beberapa lubang.

– Pengertian Hymen Imperforata
Definisi Hymen imperforata (imperforate hymen) adalah
sebuah kelainan bawaan langka di mana membran hymen (selaput dara) menyumbat saluran alat kelamin perempuan. Hymen umumnya adalah membran tipis berbentuk bulan sabit yang mengelilingi pembukaan vag1na seorang gadis muda. Dalam kasus hymen imperforata, membran ini meluas ke seluruh area sehingga menghalangi lubang vag1na. Obstruksi ini menyebabkan akumulasi sekresi rahim dan vag1na..Hymen imperforata dapat dideteksi pada bayi baru lahir, karena mungkin ada penonjolan di hymen dari lendir normal vag1na yang tidak bisa ditiriskan. Namun, kondisi ini juga bisa tidak terdiagnosis sampai menstruasi pertama seorang gadis. Sebuah operasi kecil dengan mudah dapat mengatasinya.

– Pengertian Hypertonic Intraamniotic Saline/ Urea
Definisi Hypertonic intraamniotic saline/ urea adalah
cairan yang dimasukkan ke dalam rongga amnion dengan amniosentesis, yang biasanya untuk menginduksi kelahiran dengan janin mati (stillbirth). Cairan ini juga mungkin digunakan sebagai sarana untuk merangsang abortus pada kehamilan 15 sampai 20 minggu.

– Pengertian Hypnobirthing
Definisi Hypnobirthing adalah
metode melahirkan unik yang menggabungkan teknik melahirkan santai alami dengan hipnosis-diri (self-hypnosis)..Metode ini membantu seorang calon ibu untuk mengembangkan naluri melahirkan alami yang lebih aman, lebih mudah dan lebih nyaman, dengan cara memahami bagaimana tubuh bekerja selama kehamilan dan melahirkan. Teknik hipnosis-diri membantu mereka untuk merasa rileks sehingga otot-otot persalinan dapat bekerja dalam harmoni yang sempurna sesuai fungsi mereka. Relaksasi mengalir secara alami, membebaskan calon ibu dari ketakutan dan kecemasan.

To top