Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Hitung Basofil – Hormon Pertumbuhan)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Hitung Basofil – Hormon Pertumbuhan) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (His – Histoplasmosis). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Hitung Basofil - Hormon Pertumbuhan)

– Pengertian Hitung Basofil
Definisi Hitung basofil adalah
angka yang mewakili jumlah basofil dalam darah berdasarkan persentase basofil yang hadir dalam hitung jenis leukosit dan hitung jenis diferensial.

– Pengertian Hitung Darah Lengkap
Definisi Hitung darah lengkap adalah
pengukuran jumlah, ukuran dan kematangan sel-sel darah yang berbeda dalam volume darah tertentu.

– Pengertian Hitung Diferensial
Definisi Hitung diferensial adalah
bagian dari hitung darah lengkap diferensial yang mengukur persentase dari setiap subtipe sel darah putih dalam 100 sel.

– Pengertian Hitung Eosinofil
Definisi Hitung eosinofil (absolut) adalah
jumlah eosinofil absolut adalah ukuran jumlah eosinofil di dalam darah berdasarkan pengukuran eosinofil diferensial dan jumlah total sel darah putih. Jumlah eosinofil absolut meningkat pada reaksi alergi dan hipersensitivitas dan infeksi parasit.

– Pengertian Hitung Trombosit
Definisi Hitung trombosit atau hitung platelet adalah
tes untuk mengukur jumlah trombosit dalam darah. Tes ini digunakan untuk mengevaluasi, mendiagnosis, dan menindaklanjuti gangguan perdarahan, trombositopenia yang dipicu obat, trombositopenia purpura idiopatik, koagulasi intravaskular diseminata, leukemia, dan manajemen kemoterapi keganasan..Interval referensi adalah 150.000-450.000/mm3 (atau 150.000-450.000 mL)

– Pengertian Homeopati
Definisi Homeopati adalah
sistem pengobatan yang melibatkan terapi individu dengan zat yang sangat diencerkan, diberikan terutama dalam bentuk tablet, dengan tujuan memicu sistem alami tubuh untuk penyembuhan. Setiap pasien diberi obat yang paling sesuai menurut gejala spesifik yang dikeluhkan..Homeopati didasarkan pada prinsip mengobati penyakit dengan yang sejenis. Zat yang menyebabkan gejala-gejala bila diambil dalam dosis besar dapat digunakan dalam jumlah kecil untuk mengobati gejala-gejala tersebut. Misalnya, minum kopi terlalu banyak dapat menyebabkan sulit tidur dan agitasi. Pengobatan homeopati adalah menggunakan kopi dalam dosis kecil untuk mengobati orang dengan gejalanya. Konsep ini kadang-kadang juga digunakan dalam pengobatan konvensional. Misalnya, stimulan Ritalin digunakan untuk mengobati pasien dengan ADHD, atau dosis kecil alergen seperti serbuk sari kadang-kadang digunakan untuk mengurangi kepekaan pasien alergi. Namun, perbedaan utama dengan obat-obatan homeopati adalah bahwa zat yang digunakan sangat diencerkan sehingga tidak beracun. Obat homeopati dipersiapkan oleh apoteker spesialis menggunakan proses pengenceran dan pengocokan khusus.

– Pengertian Homeostasis
Definisi Homeostasis adalah
suatu kondisi keseimbangan internal yang ideal, di mana semua sistem tubuh bekerja dan berinteraksi dalam cara yang tepat untuk memenuhi semua kebutuhan dari tubuh. Semua organisme hidup berusaha untuk homeostasis. Ketika homeostasis terganggu (misalnya sebagai respon terhadap stressor), tubuh mencoba untuk mengembalikannya dengan menyesuaikan satu atau lebih proses fisiologis dari mulai pelepasan hormon-hormon sampai reaksi fisik seperti berkeringat atau terengah-engah. Sebagai contoh sederhana dari homeostasis, tubuh manusia menggunakan beberapa proses untuk mengatur suhu agar tetap dalam rentang yang optimal untuk kesehatan. Kenaikan atau penurunan suhu tubuh mencerminkan ketidakmampuan untuk mempertahankan homeostasis, dan masalah terkait.. Stres berat atau lama dapat menyebabkan ketidakseimbangan parah kondisi keseimbangan ini. Hal ini dapat menyebabkan tidak hanya tekanan psikologis tetapi juga gangguan psikosomatis.

– Pengertian Homoseksual
Definisi Homoseksual adalah
seseorang yang lebih menyukai hubungan emosional dan seksual dengan anggota jenis kelamin yang sama.

– Pengertian Homunkulus
Definisi Homunkulus (homunculus) adalah
sebuah “orang kecil” imajiner dalam otak yang berpikir untuk melihat objek dan peristiwa dan membuat keputusan. Homunkulus memvisualisasikan hubungan antar bagian tubuh dan area yang berbeda pada hemisfer otak.

– Pengertian Hordeolum
Definisi Hordeolum adalah
peradangan pada kelenjar sebasea di kelopak mata (kelenjar Zeis atau kelenjar Meibom). Penderita hordeolum merasakan sesuatu yang mengganjal di kelopak mata. Benjolan berwarna merah tampak di kelopak mata, yang terasa sakit bila kelopak mata ditekan di dekat pangkal bulu mata.

– Pengertian Hormon
Definisi Hormon adalah
zat kimia yang terbentuk dalam satu organ atau bagian tubuh dan dibawa dalam darah ke organ atau bagian di mana mereka menghasilkan efek fungsional. Hormon membawa pesan dari kelenjar kepada sel-sel untuk mempertahankan tingkat bahan kimia dalam aliran darah yang mencapai homeostasis. Tergantung pada efeknya masing-masing, hormon dapat mengubah aktivitas fungsional, dan kadang-kadang struktural satu atau beberapa organ atau jaringan..“Hormon” istilah berasal dari kata Yunani “hormao” yang berarti menggairahkan atau membangkitkan. Hal ini mencerminkan peran hormon yang bertindak sebagai katalis untuk perubahan kimia lainnya pada tingkat sel yang diperlukan untuk pertumbuhan, perkembangan, dan energi. Hormon beredar bebas dalam aliran darah, menunggu untuk dikenali oleh sel target yang menjadi tujuan mereka. Sel target memiliki reseptor yang hanya dapat diaktifkan dengan jenis hormon tertentu. Setelah diaktifkan, sel tahu untuk memulai fungsi tertentu, misalnya mengaktifkan gen atau memproduksi energi kembali.
Hormon dapat diklasifikasikan menurut situs mereka bertindak dengan situs mereka diproduksi, menjadi hormon endokrin, hormon parakrin dan hormon otokrin.
> hormon endokrin: hormon disekresikan oleh kelenjar endokrin.
> hormon parakrin: hormon yang bertindak pada sel-sel tetangga lokal.
> hormon autokrin: hormon yang bertindak pada sel memproduksinya.
Hormon juga dapat dibagi menurut kimiawinya, menjadi dua kelompok utama:
Hormon yang larut lemak:
> hormon steroid – berasal dari kolesterol.
> hormon tiroid – T3 dan T4 yang disintesis dengan melampirkan yodium ke asam amino tirosin.
> nitrat oksida – hormon gas yang juga bertindak sebagai neurotransmitter.
Hormon yang larut air:
> hormon amina – disintesis dari asam amino tertentu.
> hormon peptida atau hormon protein – polimer asam amino.
> hormon eikosaniod – hormon yang berasal dari asam arakidonat

– Pengertian Hormon Adrenokortikal
Definisi Hormon adrenokortikal adalah
salah satu hormon, misalnya kortisol, yang dikeluarkan bukan dari medula interna tetapi dari korteks eksterna dari kelenjar adrenokortikal bilateral.

– Pengertian Hormon Adrenokortikotropik
Definisi Hormon adrenokortikotropik (adrenocorticotropic hormone/ACTH) adalah
hormon yang merangsang korteks adrenal, atau lebih khusus lagi, merangsang sekresi glukokortikoid (misalnya kortisol) dan sedikit mengontrol sekresi aldosteron, hormon steroid utama lainnya dari korteks adrenal..ACTH disekresi dari hipofisis anterior dalam menanggapi corticotropin-releasing hormone dari hipotalamus. Corticotropin-releasing hormone disekresikan sebagai respon terhadap berbagai jenis stres. Corticotropin-releasing hormone sendiri dihambat oleh glukokortikoid, menjadikannya bagian dari sebuah loop umpan balik negatif yang klasik.

– Pengertian Hormon Antidiuretik
Definisi Hormon antidiuretik adalah
hormon yang disekresikan oleh kelenjar hipofisis posterior untuk mengatur jumlah air yang diekskresikan oleh ginjal. Beberapa anak yang mengompol secara teratur mungkin kekurangan jumlah normal hormon antidiuretik.

– Pengertian Hormon Bioidentik
Definisi Hormon bioidentik adalah
senyawa yang memiliki kimia dan struktur molekul yang sama persis dengan hormon yang diproduksi dalam tubuh manusia.

– Pengertian Hormon Pelepas Gonadotropin
Definisi Hormon Pelepas Gonadotropin (GnRH) atau juga dikenal sebagai hormon pelepas hormon Luteinizing (LHRH), adalah
hormon peptida yang bertanggung jawab untuk pelepasan gonadotropin dari hipofisis anterior. GnRH disintesis dan dirilis oleh hipotalamus (bagian atas otak).

– Pengertian Hormon Pemacu Tiroid
Definisi Hormon pemacu tiroid (thyroid stimulating hormone/ TSH) adalah
sebuah hormon yang diproduksi oleh kelenjar pituitari yang menstimulasi kelenjar tiroid untuk menghambat atau melepaskan hormon.

– Pengertian Hormon Pertumbuhan
Definisi Hormon Pertumbuhan
disekresi oleh kelenjar hipofisis dan merangsang pertumbuhan tulang dan pada dasarnya semua jaringan tubuh dengan membangun protein dan cadangan lemak untuk menyediakan energi.

loading...

Comments are closed.