Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (His – Histoplasmosis)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (His – Histoplasmosis) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Hipopion – Hirsutisme). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (His - Histoplasmosis)

– Pengertian His
Definisi His adalah
istilah lain untuk kontraksi yang terkait dengan persalinan (partus).

– Pengertian His Palsu
Definisi His palsu adalah
nama lain dari kontraksi Braxton Hicks.

– Pengertian His Sejati
Definisi His sejati adalah
serangkaian kontraksi rahim yang teratur untuk membuka serviks (dilatasi) dan mendorong janin secara bertahap melalui serviks dan vag1na. His merupakan ciri pada tahap pertama parturisi/ partus. Bandingkan dengan his palsu.

– Pengertian Histerektomi
Definisi Histerektomi adalah
bedah pengangkatan rahim. Jenis histerektomi mencakup histerektomi parsial, histerektomi total, dan histerektomi radikal.

– Pengertian Histerektomi Parsial
Definisi Histerektomi parsial atau supraservikal adalah
pembedahan untuk mengangkat bagian atas dari uterus, dengan tetap mempertahankan leher rahim di tempat.

– Pengertian Histerektomi Radikal
Definisi Histerektomi radikal adalah
pembedahan untuk mengangkat rahim (uterus), bagian atas vag1na, dan jaringan di kedua sisi leher rahim.

– Pengertian Histerektomi Total
Definisi Histerektomi total adalah
pembedahan untuk mengangkat seluruh rahim, termasuk leher rahim. Juga disebut histerektomi lengkap.

– Pengertian Histerektomi Vag1nal
Definisi Histerektomi vag1nal adalah
bedah pengangkatan rahim melalui lubang vag1na.

– Pengertian Histerosalpingografi
Definisi Histerosalpingografi (HSG) adalah
sebuah prosedur radiografi khusus di mana media kontras ditempatkan ke dalam rongga rahim dengan memasukkan kateter ke dalam kanalis servikalis. Prosedur ini menunjukkan rahim dan saluran tuba. Indikasi mungkin penilaian infertilitas, patensi saluran tuba, cacat, atau dapat digunakan sebagai perangkat terapeutik untuk menyingkirkan obstruksi tuba.

– Pengertian Histeroskopi
Definisi Histeroskopi adalah
pemeriksaan visual kanal leher rahim dan bagian rahim menggunakan alat penglihat (histeroskop) yang dimasukkan melalui vag1na.

– Pengertian Histiositoma Fibrosa Maligna
Definisi Histiositoma fibrosa maligna (malignant fibrous histiocytoma) adalah
sebuah sarkoma yang biasanya dimulai pada jaringan lunak. Kondisi ini biasanya muncul sebagai massa besar yang menyakitkan dan dapat menyebabkan fraktur akibat penghancuran tulang oleh tumor yang menyebar.

– Pengertian Histologi
Definisi Histologi juga disebut anatomi mikroskopik, adalah
studi mikroskopis struktur jaringan menggunakan teknik pewarnaan khusus yang dikombinasikan dengan mikroskop cahaya dan elektron. (Mikroskop elektron adalah sebuah teknik yang lebih modern daripada mikroskop cahaya dan memiliki keuntungan dapat memperbesar struktur yang lebih kecil sehingga dapat dipelajari lebih mudah dan handal di laboratorium)..Contoh histologi adalah studi tentang struktur dalam sel tunggal. Sebuah sel adalah unit dasar dari organisme hidup (baik tumbuhan dan hewan) yang mampu mereproduksi dirinya sendiri. Artinya, ada komponen di dalam sel (organel), tetapi mereka tidak mereproduksi diri mereka sendiri secara independen dari sel yang mana mereka merupakan bagiannya.

– Pengertian Histopatologi
Definisi Histopatologi adalah
studi tentang sel-sel yang berkaitan dengan penyakit. (Histologi adalah studi mikroskopis sel dan jaringan, patologi adalah studi tentang penyakit).

– Pengertian Histoplasmosis
Definisi Histoplasmosis adalah
penyakit pernafasan yang disebabkan oleh jamur dari genus Histoplasma (H. capsulatum) dengan gejala seperti gejala flu, dan ditandai dengan keterlibatan jinak kelenjar getah bening dari trakea dan bronkus, biasanya tanpa gejala atau dengan keterlibatan umum parah progresif kelenjar getah bening dan sistem retikuloendotelial dengan demam, leukopenia anemia, dan sering dengan lesi lokal (seperti di mulut, tenggorokan atau retina)

To top