Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Helminth – Hematopoietik)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Helminth – Hematopoietik) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Hasil – Heliks). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Helminth - Hematopoietik)

– Pengertian Helminth
Definisi Helminth adalah
hewan invertebrata sederhana sejenis cacing, beberapa di antaranya adalah parasit menular.

– Pengertian Hemaglutinasi
Definisi Hemaglutinasi adalah
aglutinasi sel darah merah; mungkin disebabkan oleh antibodi spesifik baik terhadap antigen sel darah merah atau antigen lain yang melapisi sel-sel darah merah, atau oleh virus atau mikroba lain.

– Pengertian Hemaglutinin
Definisi Hemaglutinin adalah
zat antibodi atau lainnya yang menyebabkan hemaglutinasi.

– Pengertian Hemangioblastoma Serebelar
Definisi Hemangioblastoma serebelar adalah
tumor jinak yang tumbuh lamban di otak kecil (bagian otak di area belakang kepala) yang terdiri dari pertumbuhan pembuluh darah abnormal.

– Pengertian Hemangioma
Definisi Hemangioma adalah
suatu jenis tanda lahir yang ditandai dengan konsentrasi pembuluh darah kecil dan seringkali menghilang setelah beberapa bulan atau tahun.

– Pengertian Hemangioma Infantil
Definisi Hemangioma infantil adalah
istilah yang tepat untuk tumor yang paling umum di masa bayi; seringkali hanya disebut “hemangioma.” Sayangnya istilah ini telah secara keliru digunakan untuk menggambarkan semua jenis anomali vaskular dari tumor sampai malformasi.

– Pengertian Hemangioma Kavernus
Definisi Hemangioma kavernus adalah
kulit terangkat, merah atau ungu yang terdiri dari pembuluh darah yang membesar.

– Pengertian Hematemesis
Definisi Hematemesis adalah
muntah darah karena pendarahan internal, misalnya dari tukak lambung.

– Pengertian Hematokrit
Definisi Hematokrit adalah
proporsi volume darah yang terdiri dari sel darah merah. Tingkat hematokrit (HCT) dinyatakan dalam persentase. Misalnya, hematokrit 25% berarti ada 25 mililiter sel darah merah dalam 100 mililiter darah..Ini adalah metode utama untuk mengetahui persentase hemoglobin yang tersedia dalam tubuh. Tingkat hematokrit normal bervariasi pada pria dan wanita, anak-anak dan dewasa. Metode yang digunakan untuk mengukur tingkat hematokrit biasanya adalah dengan pengambilan sampel darah ke dalam tabung silinder dan kemudian memutarnya pada centrifuge. Dengan pemutaran ini, darah akan memisahkan diri menjadi 3 bagian yaitu plasma atau komponen cairan, sel-sel darah merah dan sel-sel lainnya. Ketika pemisahan selesai, teknisi medis akan mampu mengidentifikasi proporsi sel darah merah terhadap volume darah.

– Pengertian Hematolog
Definisi Hematolog adalah
seorang dokter yang mengkhususkan diri dalam penyakit darah dan organ pembentuk darah.

– Pengertian Hematologi
Definisi Hematologi adalah
spesialisasi medis yang berkenaan dengan studi mengenai darah, jaringan yang menghasilkan darah, dan kelainan, penyakit, dan gangguan yang berkaitan dengan darah..Disiplin medis ini relatif modern karena komposisi seluler darah tidak bisa efektif dipelajari sampai penemuan mikroskop. Studi mikroskopis darah pertama kali dicoba dan didokumentasikan secara rinci oleh Leeuwenhoek (1632-1723) yang mengidentifikasi eritrosit. Leukosit dan trombosit ditemukan kemudian, setelah perbaikan dalam kualitas lensa.

– Pengertian Hematoma
Definisi Hematoma adalah
kumpulan darah di luar pembuluh darah, biasanya pada tempat di mana dinding pembuluh tertusuk atau mengalami trauma.

– Pengertian Hematoma Epidural
Definisi Hematoma epidural adalah
bekuan darah yang terletak di luar dura mater.

– Pengertian Hematoma Subdural
Definisi Hematoma Subdural
Ada tiga membran yang menutupi otak dan tulang belakang. Bersama-sama mereka dikenal sebagai meninges. Ruang antara dua membran luar itu disebut ruang subdural. Hematoma subdural adalah pengumpulan darah di ruang subdural.

– Pengertian Hematopatologi
Definisi Hematopatologi adalah
studi tentang darah, sumsum tulang, dan organ-organ dan jaringan yang menggunakan sel-sel darah untuk melakukan fungsi mereka.

– Pengertian Hematopoiesis
Definisi Hematopoiesis adalah
produksi sel darah di sumsum tulang. Sel induk hematopoietik memproduksi semua jenis sel darah merah dan putih.

– Pengertian Hematopoietik
Definisi Hematopoietik adalah
hal mengenai atau mempengaruhi pembentukan sel darah.

To top