Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Gastric Banding – Gegar otak)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Gastric Banding – Gegar otak) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Gangguan Psikotik – Gastralgia). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Gastric Banding - Gegar otak)

– Pengertian Gastric Banding
Definisi Gastric banding (penjepitan lambung) adalah
operasi yang membatasi ukuran lambung dengan menempatkan perangkat penjepit di sekitar bagian atas lambung. Ini adalah jenis bedah bariatrik yang memiliki efek restriksi (membatasi asupan), namun tidak memengaruhi absorpsi..Adjustable gastric banding laparoscopy (AGBL), atau sering disebut lap-banding, adalah prosedur bedah yang paling umum dilakukan. Dalam prosedur ini, sebuah band (gelang penjepit) yang dapat diatur (lap-band) digunakan di sekitar pembukaan lambung. Band ini terhubung ke reservoir yang ditanam di bawah kulit. Penambahan atau pengurangan cairan garam ke dalam reservoir mengetatkan atau mengendurkan diameter dalam band ini. Dengan demikian, ukuran pembukaan lambung dapat diubah-ubah.

– Pengertian Gastrik
Definisi Gastrik berarti
berkenaan dengan perut

– Pengertian Gastrin
Definisi Gastrin adalah
hormon utama yang mengatur sekresi asam di dalam perut. Hormon ini dihasilkan oleh sel-sel khusus di lambung. Sejumlah kecil gastrin juga dapat diproduksi oleh pankreas dan usus. Ketika ada makanan sampai di perut, gastrin dilepaskan ke dalam darah. Saat keasaman lambung dan usus sudah naik, produksi gastrin biasanya menurun. Uji laboratorium dapat dilakukan untuk mengukur jumlah gastrin dalam darah.

– Pengertian Gastritis
Definisi Gastritis adalah
peradangan atau pembengkakan lapisan lambung. Gastritis dapat berlangsung dalam waktu singkat (gastritis akut) atau berbulan-bulan sampai bertahun-tahun (gastritis kronis)..Penyebab paling umum dari gastritis adalah obat-obat tertentu, seperti aspirin, ibuprofen, atau naproxen yang diambil dalam jangka panjang dan infeksi perut oleh bakteri yang disebut Helicobacter pylori. Penyabab lain yang lebih jarang adalah gangguan autoimun (seperti anemia pernisiosa), arus balik dari empedu ke dalam lambung (refluks empedu), dan makan atau minum zat kaustik/korosif (seperti racun), stress ekstrim, infeksi virus, trauma atau penyakit yang parah tiba-tiba seperti operasi besar, gagal ginjal, atau ditempatkan pada mesin pernapasan. Banyak penderita gastritis tidak memiliki gejala apapun. Bila ada gejala, keluhannya mungkin adalah kehilangan nafsu makan, mual dan muntah, nyeri di bagian atas perut. Jika gastritis menyebabkan perdarahan dari lapisan lambung, gejala termasuk tinja hitam dan muntah darah.

– Pengertian Gastritis Atrofik
Gastritis atrofik adalah
  peradangan kronis pada lapisan perut, yang akhirnya memyebabkan hilangnya kelenjar di perut (atrofi) dan penurunan produksi asam lambung.

– Pengertian Gastroenteritis
Definisi Gastroenteritis adalah
peradangan pada saluran pencernaan, yang melibatkan lambung, usus, atau keduanya, biasanya menyebabkan diare, kram perut, mual dan mungkin muntah. Gastroenteritis sering disebut “flu perut” atau “flu lambung” karena penyebab gastroenteritis paling umum adalah virus. Namun, istilah ini dapat membingungkan karena virus influenza (virus flu) tidak menyebabkan gastroenteritis..Gastroenteritis bisa merupakan penyakit tersendiri, namun juga bisa dianggap sebagai gejala dari penyakit lainnya. Seseorang yang memiliki gejala-gejala gastroenteritis dan akhirnya mengembangkan diare berdarah biasanya tidak didiagnosis sebagai gastroenteritis, tetapi sebagai penyakit tertentu seperti shigellosis. Sayangnya, ada banyak penyakit tertentu yang gejala-gejala awalnya adalah gastroenteritis, terutama di awal proses penyakit.

– Pengertian Gastroenteritis Eosinofilik
Definisi Gastroenteritis eosinofilik adalah
infeksi dan pembengkakan pada lapisan lambung, usus kecil, atau usus besar.

– Pengertian Gastroenterologi
Definisi Gastroenterologi adalah
spesialisasi medis yang berhubungan dengan studi tentang penyakit dan gangguan saluran pencernaan, yang meliputi bagian dari saluran pencernaan (termasuk pankreas, kandung empedu, saluran empedu), lambung, hati, usus besar dan usus kecil..Salah satu ciri diagnosis dalam bidang gastroenterologi adalah kebutuhan untuk anamnesis pasien yang sangat menyeluruh. Hal ini karena diperkirakan sampai setengah dari semua gangguan pencernaan tidak ditunjukkan oleh perubahan anatomi, temuan fisik, atau hasil tes positif. Wawancara medis pencernaan umumnya mencakup bidang-bidang seperti deskripsi dari gejala, riwayat gangguan pencernaan sebelumnya atau operasi, pertimbangan gejala yang dapat menyiratkan adanya penyakit organik (misalnya, anemia atau penurunan berat badan) dan biasanya juga pertimbangan psikologis pasien dan kondisi psikososial (misalnya peristiwa traumatik sebelum atau saat timbulnya keluhan). Riwayat keluarga juga perlu dipelajari. Contoh dari beberapa kondisi yang dipelajari dan dirawat oleh spesialis gastroenterologi meliputi: mulas, diare, disfagia, dispepsia, mual dan muntah, anoreksia, gas dan kembung, sembelit, malnutritisi, keluhan perut, penyakit hati, dan perdarahan gastrointestinal.

– Pengertian Gastrointestinal
Definisi Gastrointestinal adalah
hal yang berkaitan dengan sistem pencernaan, terutama lambung dan usus.

– Pengertian Gastroparesis
Definisi Gastroparesis adalah
suatu bentuk neuropati yang mengarah pada perlambatan gerakan dan pencernaan makanan di lambung dan usus kecil. Masalah dalam pengosongan lambung ini dapat menyebabkan mual, muntah, dan kembung.

– Pengertian Gastroskopi
Definisi Gastroskopi adalah
endoskopi pemeriksaan perut (lihat endoskopi).

– Pengertian Gastrulasi
Definisi Gastrulasi adalah
proses di mana sel-sel berkembang biak dan bermigrasi dalam embrio untuk mengubah massa sel dalam tahap blastokista menjadi embrio yang berisi ketiga lapisan germinal primer.

– Pengertian Gatal
Definisi Gatal adalah
sebuah sensasi tidak nyaman pada kulit yang terasa seolah-olah ada sesuatu yang merayap di kulit, dan membuat orang ingin menggaruk daerah yang terkena.

– Pengertian Gay
Definisi Gay adalah
istilah awam untuk laki-laki homoseksual.

– Pengertian Gegar Otak
Definisi Gegar otak adalah
trauma kepala yang tidak disertai kerusakan jaringan otak dan menyebabkan pingsan selama tidak lebih dari 10 menit akibat. Gegar otak mungkin diikuti oleh vertigo atau amnesia retrograde, yaitu kehilangan ingatan untuk periode yang terbatas sebelum terjadinya kecelakaan. Istilah lain untuk gegar otak adalah konkusio serebri atau komosio serebri (commotio cerebri).

To top