Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan Gangguan (Mental Organik – Persepsi Sensorik)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan Gangguan (Mental Organik – Persepsi Sensorik) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan Gangguan (Keengganan Seksual – Lipid Familial). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan Gangguan (Mental Organik - Persepsi Sensorik)

– Pengertian Gangguan Mental Organik
Definisi Gangguan mental organik adalah
disfungsi permanen atau sementara di otak yang disebabkan oleh masalah fisiologis otak. Penyebabnya berkisar dari cedera otak sampai penyakit yang mempengaruhi jaringan otak atau perubahan tingkat kimia atau hormon otak. Gejala-gejala gangguan mental organik bervariasi tergantung pada masalah yang menyebabkan ketidakseimbangan atau kerusakan otak.

– Pengertian Gangguan Mimpi Buruk
Definisi Gangguan Mimpi Buruk (nightmare disorder)
, juga disebut gangguan ansietas mimpi, ditandai dengan terjadinya mimpi berulang selama tidur yang terasa mengancam dan menakutkan. Rasa takut itu menyebabkan orang terbangun…Mimpi buruk adalah mimpi yang menyebabkan rasa takut yang sangat. Mimpi ini seringkali rumit dan cukup panjang. Saat mimpi berlangsung, ancaman terhadap orang tersebut biasanya meningkat. Bangun tidur biasanya terjadi hanya ketika ancaman atau bahaya mencapai klimaksnya. Mimpi buruk biasanya terjadi pada paruh kedua dari tidur malam. Selama mimpi buruk, penderita mungkin mengerang, meracau (berbicara sendiri), atau bergerak sedikit, meskipun tanda-tanda ini tidak selalu muncul. Kondisi ini dapat berhubungan dengan takikardia, takipnea, diaforesis, dan arousal. Keterjagaan penuh dan ingatan terhadap mimpi membedakan mimpi buruk dari teror malam.

– Pengertian Gangguan Myeloproliferatif
Definisi Gangguan myeloproliferatif adalah
penyakit kanker yang lambat berkembang dan menyebabkan sumsum tulang memproduksi terlalu banyak salah satu dari ketiga jenis sel darah: sel darah merah (yang membawa oksigen ke semua jaringan tubuh), sel darah putih (yang melawan infeksi), dan trombosit (yang membuat bekuan darah).

– Pengertian Gangguan Neurotik
Definisi Gangguan neurotik adalah
gangguan di mana gejalanya membuat distres yang tidak dapat diterima oleh penderitanya. Hubungan sosial mungkin akan sangat terpengaruh tetapi biasanya tetap dalam batas yang dapat diterima. Gangguan ini relatif bertahan lama atau berulang tanpa pengobatan.

– Pengertian Gangguan Nyeri
Definisi Gangguan nyeri adalah
salah satu gangguan somatoform, yaitu gejala fisik tapi tidak sepenuhnya dipahami sebagai konsekuensi dari suatu kondisi medis umum atau sebagai efek langsung suatu zat, seperti obat.

– Pengertian Gangguan Obsesif-Kompulsif
Definisi Gangguan obsesif-kompulsif (obsessive-compulsive disorder) adalah
gangguan kecemasan yang ditandai dengan pikiran, impuls, gambaran atau gagasan yang berulang dan mengganggu (obsesi) disertai dengan upaya untuk menekan pikiran-pikiran tersebut melalui perilaku fisik atau mental tertentu yang irasional dan ritualistik (kompulsi)..Obsesi dan kompulsi menghabiskan sejumlah besar waktu pasien (satu jam atau lebih setiap hari) dan biasanya menyebabkan tekanan emosional yang signifikan dan menyulitkan hubungan dengan orang lain. Gangguan obsesif-kompulsif tidak boleh dirancukan dengan gangguan kepribadian obsesif-kompulsif, meskipun memiliki nama yang mirip. Gangguan kepribadian obsesif-kompulsif tidak ditandai oleh adanya obsesi dan dorongan, melainkan sebuah pola seumur hidup untuk bersikeras memiliki kontrol, ketertiban, dan kesempurnaan, yang dimulai paling lambat pada usia dewasa awal. Namun, keduanya dapat hadir pada diri seseorang.

– Pengertian Gangguan Orgasme Laki-Laki
Definisi Gangguan orgasme laki-laki adalah
ketidakmampuan yang persisten atau berulang untuk mencapai orgasme meskipun melakukan kontak seksual lama. Kondisi ini adalah salah satu disfungsi seksual, bersama dengan ejakulasi dini, dispareunia, dan lainnya..Individu yang terkena gangguan orgasme pria tidak dapat mengalami orgasme setelah fase eksitasi seksual yang normal. Mereka secara teratur dapat mengalami keterlambatan dalam orgasme, atau mungkin tidak dapat mengalami orgasme sama sekali. Sensasi orgasme pada pria meliputi emisi diikuti dengan ejakulasi. Emisi merujuk pada sensasi akan hadirnya ejakulasi yang dihasilkan oleh kontraksi kelenjar prostat, vesikula seminalis, dan uretra disertai dengan ketegangan otot umum, kontraksi perineum, dan penyodoran panggul. Orgasme diikuti oleh periode resolusi ditandai dengan perasaan relaksasi otot. Selama fase ini, orang mungkin tidak dapat menanggapi rangsangan seksual lebih lanjut, mengalami ereksi, dan orgasme untuk jangka waktu tertentu.

– Pengertian Gangguan Orgasme Wanita
Definisi Gangguan orgasme wanita adalah
ketidakmampuan persisten atau berulang dari seorang wanita untuk mengalami orgasme setelah gairah seksual dan stimulasi seksual yang memadai. Kondisi ini memengaruhi kualitas pengalaman seksual wanita..Gangguan orgasme dapat primer (tidak pernah mengalami orgasme) atau sekunder (diperoleh setelah trauma), dan dapat berupa umum atau kondisional pada situasi tertentu. Gangguan primer lebih banyak terjadi, yang berarti bahwa seorang wanita tidak pernah mencapai orgasme dalam setiap jenis rangsangan, termasuk masturbasi, rangsangan langsung klitoris oleh pasangan, atau hubungan seks vagina. Gangguan sekunder dapat terjadi setelah sakit, trauma emosional, atau sebagai efek samping operasi atau obat.

– Pengertian Gangguan Panik
Definisi Gangguan panik (panic disorder) adalah
suatu kondisi di mana seseorang menderita serangan panik berulang. Serangan panik terjadi mendadak tanpa disebabkan oleh zat (seperti kafein), pengobatan, atau kondisi medis (seperti tekanan darah tinggi), dan selama serangan penderita mungkin mengalami sensasi seperti detak jantung meningkat atau tidak teratur, sesak napas, pusing, atau takut kehilangan kontrol atau “gila.” Intensitas serangan meningkat cepat (biasanya dalam waktu 10 menit) dan hampir melumpuhkan.

– Pengertian Gangguan Pembangkangan Memberontak
Definisi Gangguan pembangkangan memberontak (oppositional defiant disorder/ ODD) adalah
gangguan yang terutama ditemukan pada anak-anak dan remaja. Hal ini ditandai dengan perilaku negatif, tidak taat, atau menantang yang lebih buruk dari perilaku nakal normal yang kebanyakan anak tunjukkan dari waktu ke waktu..Kebanyakan anak melalui periode yang sulit, khususnya selama periode 18 bulan sampai tiga tahun, dan kemudian selama masa remaja. Periode-periode sulit ini adalah bagian dari proses perkembangan yang normal untuk mendapatkan rasa individualitas yang lebih kuat dan memisahkan diri dari orang tua. Pada ODD, perilaku membangkang berlangsung lebih lama dan lebih parah daripada perilaku individuasi normal, tetapi tidak begitu ekstrim sehingga melibatkan pelanggaran aturan sosial atau hak orang lain.

– Pengertian Gangguan Penyesuaian
Definisi Gangguan penyesuaian (adjustment disorder) adalah
jenis gangguan mental akibat respon maladaptif, atau tidak sehat, terhadap peristiwa kehidupan yang penuh stres atau menyedihkan. Rendahnya tingkat adaptasi kemudian menyebabkan perkembangan gejala emosional atau perilaku.

– Pengertian Gangguan Perilaku
Definisi Gangguan perilaku (conduct disorder) adalah
gangguan perilaku masa kanak-kanak yang ditandai oleh aktivitas agresif dan destruktif yang menyebabkan gangguan pada lingkungan alami anak seperti rumah, sekolah, masjid, atau lingkungan. Fitur utama dari gangguan ini adalah pola perilaku berulang dan terus-menerus yang melanggar norma-norma sosial dan hak-hak orang lain. Ini adalah salah satu kategori masalah kesehatan mental anak yang paling umum, yang mencapai 9% pada laki-laki dan 2% pada perempuan..Dampak buruk dari gangguan perilaku termasuk penggunaan narkoba, membolos, tawuran, konflik keluarga yang parah, dan kenakalan-kenakalan yang sering. Perilaku seperti itu sering mengakibatkan anak keluar dari rumah, putus sekolah, menjalani pendidikan khusus dan / atau sistem peradilan anak.

– Pengertian Gangguan Perilaku
Definisi REM Gangguan Perilaku REM
Selama tidur REM, seseorang biasanya lumpuh saat bermimpi. Dalam Gangguan perilaku REM, seseorang tidak lumpuh sehingga dia bertindak menuruti mimpinya. Hal ini dapat mencelakakan diri atau pasangan tidurnya.

– Pengertian Gangguan Perkembangan Pervasif
Definisi Gangguan perkembangan pervasif (pervasive development disorder/PDD) adalah
kelompok kondisi serius yang berasal dari masa kecil yang melibatkan beberapa area termasuk perkembangan fisik, perilaku, kognitif, sosial, dan bahasa. PDD yang paling serius adalah autisme, sebuah kondisi yang ditandai dengan gangguan interaksi sosial, komunikasi, dan berpikir abstrak, dan sering dimanifestasikan oleh pola perilaku stereotip dan berulang..Selain autisme, beberapa kondisi lain yang termasuk PDD adalah gangguan Rett, gangguan disintegratif anak dan gangguan Asperger.

– Pengertian Gangguan Persepsi Sensorik
Definisi Gangguan persepsi sensorik adalah
perubahan jumlah pola dari stimulus yang masuk, disertai dengan respon yang berkurang, berlebihan, terdistorsi, atau menganggu rangsangan tersebut.

Comments are closed.