Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan Gangguan (Keengganan Seksual – Lipid Familial)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan Gangguan (Keengganan Seksual – Lipid Familial) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Gangguan Amnestik – Gangguan Kecemasan Umum). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan Gangguan (Keengganan Seksual - Lipid Familial)

– Pengertian Gangguan Keengganan Seksual
Definisi Gangguan keengganan seksual (sexual aversion disorder) adalah
gangguan yang ditandai dengan rasa jijik, takut, muak, atau kurangnya keinginan dalam hubungan yang melibatkan kontak kelamin.. Adalah normal bagi setiap orang untuk kehilangan minat aktivitas seksual sesekali, misalnya selama menopause, setelah kelahiran anak, sebelum atau selama menstruasi, selama pemulihan dari sakit atau operasi, dan selama seperti perubahan besar dalam hidup atau stres akibat kehilangan orang yang dicintai, pekerjaan, pensiun, atau perceraian. Gangguan keengganan seksual merupakan ketidaksukaan yang lebih kuat dari itu, ditandai tidak hanya oleh kurangnya keinginan, tetapi juga oleh rasa takut, jijik, muak, atau emosi yang sama ketika penderita gangguan tersebut terlibat dalam kontak kelamin dengan pasangan. Keengganan mengambil bentuk yang berbeda-beda, tetapi mungkin terkait dengan aspek-aspek tertentu dari hubungan seksual, seperti melihat alat kelamin, mencium bau badan atau bau sekresi tubuh pasangannya, dll. Dalam beberapa kasus penderita gangguan keengganan seksual menghindari segala bentuk kontak seksual, yang lainnya mau mencium dan membelai dengan normal sampai terjadi kontak kelamin. Keengganan seksual dapat seumur hidup (selalu hadir) atau diperoleh setelah pengalaman traumatik situasional (dengan mitra tertentu atau dalam keadaan tertentu) atau umum (terjadi dengan pasangan manapun dan dalam segala situasi). Keengganan seksual dapat disebabkan oleh faktor psikologis atau kombinasi faktor fisik dan psikologis.

– Pengertian Gangguan Kepribadian
Definisi Gangguan kepribadian adalah
suatu jenis penyakit mental di mana Anda mengalami kesulitan memahami dan berhubungan dengan situasi dan orang-orang – termasuk diri Anda. Ada banyak jenis spesifik gangguan kepribadian. Secara umum, memiliki gangguan kepribadian berarti Anda memiliki pola yang kaku dan tidak sehat dalam berpikir dan berperilaku, tidak peduli apa pun situasinya. Hal ini menyebabkan masalah yang signifikan dan keterbatasan dalam hubungan, pergaulan sosial, pekerjaan dan sekolah..Dalam beberapa kasus, Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda memiliki gangguan kepribadian karena cara berpikir dan berperilaku Anda tampak alami bagi Anda, dan Anda mungkin menyalahkan orang lain untuk masalah yang Anda hadapi.
Secara umum, gangguan kepribadian dapat dikelompokkan ke dalam 10 jenis yaitu:
> Gangguan kepribadian paranoid
> Gangguan kepribadian skizoid
> Gangguan kepribadian skizotipal
> Gangguan kepribadian antisosial
> Gangguan kepribadian borderline
> Gangguan kepribadian histrionik
> Gangguan kepribadian narsisistik
> Gangguan kepribadian avoidan
> Gangguan kepribadian dependen
> Gangguan kepribadian obsesif-kompulsif.
Selain itu, ada juga gangguan kepribadian non- spesifik. Kategori ini disediakan untuk digunakan dokter ketika mereka menghadapi pasien dengan gejala yang mirip dengan salah satu gangguan di atas, tetapi kriteria yang tepat untuk gangguan tertentu tidak terpenuhi.

– Pengertian Gangguan Kepribadian Antisosial
Definisi Gangguan kepribadian antisosial adalah
gangguan di mana penderitanya tidak peduli dengan hak orang lain. Tindakan mereka tidak didasarkan pada apa pun kecuali hasrat mereka sendiri. Orang dengan gangguan ini menunjukkan pola perilaku impulsif, tidak bertanggung jawab, tidak dipikirkan, dan kadang-kadang kriminal. Mereka seringkali cerdas dan pandai berbicara, dengan kemampuan untuk mempesona dan memanipulasi orang lain. Mereka dapat menjadi penjahat keji yang sangat berbahaya bagi masyarakat karena kemampuan mereka untuk mendapatkan kepercayaan dari orang lain dikombinasikan dengan kurangnya kesadaran atau rasa bersalah. Istilah lain yang terkait dengan gangguan ini adalah psikopat atau sosiopat.

– Pengertian Gangguan Kepribadian Avoidan
Definisi Gangguan kepribadian avoidan adalah
gangguan dengan karakteristik yang mirip dengan fobia sosial, termasuk hipersensitivitas terhadap penolakan dan penarikan sosial yang disebabkannya meskipun memiliki kebutuhan yang kuat akan cinta dan penerimaan. Individu dengan gangguan ini terhambat dan merasa tidak mampu dalam situasi sosial.

– Pengertian Gangguan Kepribadian Borderline
Definisi Gangguan Kepribadian Borderline adalah
gangguan di mana penderitanya tidak memiliki hubungan, keputusan, suasana hati, dan persepsi diri yang stabil. Mereka seringkali impulsif dan tidak merasa aman.

– Pengertian Gangguan Kepribadian Dependen
Definisi Gangguan kepribadian dependen adalah
gangguan yang ditandai dengan sikap sangat pasif (“pasrah”) dan cenderung mengesampingkan kebutuhan mereka sendiri demi orang lain. Karena kurangnya kepercayaan diri, mereka tidak bisa tegas dengan sikap sendiri dan mengharapkan orang lain untuk bertanggung jawab atas hidup mereka.

– Pengertian Gangguan Kepribadian Ganda
Definisi Gangguan kepribadian ganda (multiple personality disorder) adalah
sebuah gangguan disosiatif langka yang ditandai dengan penampilan dari dua atau lebih kepribadian yang berbeda (kepribadian ganda) pada diri satu orang, masing-masing dengan nama, sejarah, dan sifatnya sendiri. Masing-masing alternatif kepribadian biasanya memiliki pola perilaku dan sikap yang konsisten dan terintegrasi.

– Pengertian Gangguan Kepribadian Histrionik
Definisi Gangguan kepribadian histrionik adalah
gangguan di mana seseorang terlalu mencemaskan penampilan mereka, selalu mencari perhatian, dan sering berperilaku dramatis dalam situasi yang tidak diperlukan. Ekspresi emosional orang dengan gangguan kepribadian histrionik seringkali dinilai sebagai dangkal dan berlebihan.

– Pengertian Gangguan Kepribadian Narsistik
Definisi Gangguan kepribadian narsistik adalah
gangguan yang terutama terdiri dari merasa diri penting secara berlebihan (klaim yang berlebihan atas bakat, kepentingan, atau keistimewaan) dalam fantasi pribadi atau perilaku luar, kebutuhan untuk kekaguman terus-menerus dari orang lain, dan kurangnya empati untuk orang lain. Orang tersebut juga memiliki rasa berhak, mengharapkan perlakuan khusus (dan meminta untuk diberikan) dan konsesi lainnya dari orang lain. Paradoksnya, individu dengan gangguan kepribadian narsistik umumnya merasa sangat tidak aman dan rendah diri.

– Pengertian Gangguan Kepribadian Obsesif-Kompulsif
Definisi Gangguan kepribadian obsesif-kompulsif adalah
jenis gangguan kepribadian yang ditandai oleh kekakuan, kontrol, perfeksionisme, dan kekhawatiran berlebihan terhadap pekerjaan dengan mengorbankan hubungan interpersonal yang dekat. Penderita gangguan kepribadian ini sering mengalami kesulitan bersantai karena mereka sibuk dengan rincian, aturan, dan produktivitas. Mereka sering dianggap oleh orang lain sebagai keras kepala, kaku, dan mau menang sendiri..Gangguan kepribadian obsesif-kompulsif berada dalam satu kelompok dengan gangguan kepribadian avoidan dan gangguan kepribadian dependen, yang memiliki kecemasan dan rasa takut sebagai karakteristik umum. Sebagian ahli menyebutnya “gangguan kepribadian anankastik”.

– Pengertian Gangguan Kepribadian Paranoid
Definisi Gangguan kepribadian paranoid adalah
gangguan mental yang ditandai oleh keyakinan bahwa orang-orang akan mengeksploitasi, menyakiti, atau menipu dirinya, bahkan jika tidak ada bukti untuk mendukung keyakinan tersebut.

– Pengertian Gangguan Kepribadian Skizoid
Definisi Gangguan kepribadian skizoid adalah
gangguan yang ditandai dengan ketiadaan keinginan untuk keintiman atau menjadi bagian dari kelompok sosial, dan seringkali memilih sendirian daripada bersama dengan orang lain. Individu ini juga cenderung tidak menunjukkan emosi secara penuh.

– Pengertian Gangguan Kepribadian Skizotipal
Definisi Gangguan kepribadian skizotipal (schizotypal) adalah
gangguan di mana penderitanya tidak nyaman dengan dan tidak dapat mempertahankan hubungan dekat, serta memiliki perilaku dan pikiran aneh yang biasanya dipandang oleh orang lain sebagai eksentrik, aneh, dan nyeleneh.

– Pengertian Gangguan Keterangsangan Seksual Wanita
Definisi Gangguan keterangsangan seksual wanita (female sexual arousal disorder/ FSAD) adalah
ketidakmampuan berulang wanita untuk mencapai atau mempertahankan respon lubrikasi dan pembesaran yang cukup selama aktivitas seksual. Kurangnya pelumasan adalah masalah fisik yang mungkin memiliki penyebab fisik maupun psikologis. Wanita penderita FSAD merasakan hubungan tidak nyaman atau bahkan menyakitkan. Sebagai hasilnya, wanita tersebut akan sering menghindari hubungan seksual dan aktivitas seksual yang dapat membawa ke hubungan seksual.

– Pengertian Gangguan Lipid Familial
Definisi Gangguan lipid familial (familial lipid disorder) adalah
suatu kondisi yang menurun dalam keluarga di mana seseorang memiliki kadar kolesterol yang sangat tinggi. Kondisi ini dapat menyebabkan seseorang untuk mendapatkan penyakit arteri koroner di usia muda.

To top