Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Gangguan Amnestik – Gangguan Kecemasan Umum)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Gangguan Amnestik – Gangguan Kecemasan Umum) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (G-spot – Ganas). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Gangguan Amnestik - Gangguan Kecemasan Umum)

– Pengertian Gangguan Amnestik
Definisi Gangguan amnestik adalah
nama lain dari amnesia.

– Pengertian Gangguan Autoimun
Definisi Gangguan Autoimun atau penyakit autoimun adalah
kondisi yang terjadi ketika jaringan-jaringan tubuh diserang oleh sistim imunnya sendiri. Sistem imun adalah suatu organisasi yang kompleks di dalam tubuh yang biasanya dirancang untuk “mencari dan menghancurkan” penyusup tubuh, termasuk penyakit menular. Pasien dengan gangguan autoimun seringkali memiliki antibodi yang tidak biasa beredar dalam darah mereka yang menargetkan jaringan tubuhnya sendiri..Gangguan autoimun termasuk penyakit Goodpasture, penyakit Hashimoto, diabetes tipe 1, multiple sclerosis, miastenia gravis, reumatoid artritis, lupus eritematosus sistemik, dan anemia pernisiosa.

– Pengertian Gangguan Bahasa
Definisi Gangguan bahasa (language disorder) adalah
keterlambatan yang signifikan dibandingkan individu lain pada umumnya dalam kemampuan untuk memahami atau mengekspresikan ide-ide yang memerlukan keterampilan linguistik.

– Pengertian Gangguan Bicara
Definisi Gangguan bicara adalah
penggunaan yang buruk atau abnormal dari sistem vokal. Bicara menjadi tidak jelas atau buruk sehingga menarik perhatian pada dirinya sendiri dan menyebabkan kecemasan, perasaan tidak mampu, atau perilaku yang tidak pantas pada diri pembicara.

– Pengertian Gangguan Bipolar
Definisi Gangguan bipolar adalah
penyakit di mana pasien beralih-alih antara dua ekstrem yang berlawanan. Gangguan bipolar yang paling penting adalah gangguan manik depresif, yang ditandai dengan suasana hati ekstrim tinggi dan rendah. Selama episode “manik”, seseorang mungkin mengalami kenaikan ekstrim dalam tingkat energi dan suasana hati (eforia) atau agitasi ekstrim dan mudah tersinggung. Dalam episode “depresi”, pasien menjadi pemurung dan tertekan.

– Pengertian Gangguan Disfungsi Seksual
Gangguan disfungsi seksual adalah
masalah yang mengganggu inisiasi, penyempurnaan, atau kepuasan seksual. Ada empat fase aktivitas seksual yang diakui secara umum, yang melibatkan respon mental dan fisik dan berlaku untuk pria dan wanita. Fase-fase tersebut secara berurutan adalah: Hasrat: nafsu atau fantasi tentang seks.
> Keterangsangan: perubahan fisik untuk mempersiapkan tubuh untuk melakukan hubungan dan kenikmatan seksual yang menyertainya
> Orgasme: respon fisik yang mengarah pada puncak kenikmatan dan pelepasan ketegangan seksual
> Resolusi: relaksasi fisik disertai dengan perasaan sejahtera dan kepuasan
> Gangguan disfungsi seksual dapat terjadi pada masing-masing dari keempat fase.
Lebih dari satu gangguan disfungsi seksual dapat muncul secara bersamaan. Ada sembilan disfungsi seksual yang saat ini teridentifikasi:
> Gangguan hasrat: gangguan hasrat seksual hipoaktif (hypoactive sexual desire disorder) dan gangguan keengganan seksual (sexual aversion disorder).
> Gangguan keterangsangan: gangguan keterangsangan seksual wanita (female sexual arousal disorder) dan gangguan ereksi / disfungsi ereksi.
> Gangguan orgasme: gangguan orgasme wanita, gangguan orgasme laki-laki dan ejakulasi dini.
> Gangguan nyeri seksual: vaginismus dan dispareunia.

– Pengertian Gangguan Disintegratif Anak
Definisi Gangguan disintegratif anak (childhood disintegrative disorder) adalah
gangguan kompleks yang mempengaruhi berbagai bidang perkembangan anak. Gangguan ini pertama kali dijelaskan oleh Thomas Heller, seorang pendidik Austria, pada tahun 1908. Kondisi ini ditandai dengan setidaknya dua tahun perkembangan normal, diikuti dengan hilangnya bahasa, keterampilan sosial, dan keterampilan motorik sebelum usia sepuluh. Nama lain untuk gangguan ini adalah sindrom Heller, demensia infantilis, dan disintegrasi psikosis.

– Pengertian Gangguan Disosiatif
Definisi Gangguan disosiatif (dissociative disorder) adalah
gangguan mental di mana kesadaran normal atau identitas terbelah atau berubah; sering merupakan akibat dari trauma psikologis yang intens, seperti pada amnesia psikogenik, gangguan stres pasca-trauma, atau kepribadian ganda.

– Pengertian Gangguan Emosional Labil Organik
Definisi Gangguan emosional labil organik adalah
perubahan emosi tak terkendali karena masalah fisik dengan otak. Hal ini mungkin disebabkan oleh penyakit atau trauma otak yang ekstrim sehingga menyebabkan kerusakan fisik permanen. Gangguan ini terkadang terlihat sebagai dorongan tidak terkontrol untuk tertawa keras dan panjang di waktu yang tidak tepat atau menangis tanpa bisa mengendalikannya. Penyebab gangguan antara lain adalah penyakit Alzheimer, stroke, atau cedera otak lain yang traumatis.

– Pengertian Gangguan Fonologis
Definisi Gangguan fonologis
terjadi ketika seorang anak tidak mengembangkan kemampuan untuk menghasilkan beberapa atau semua suara yang diperlukan untuk berbicara pada anak seusianya

– Gangguan Hasrat Seksual Hipoaktif
Definisi Gangguan Hasrat Seksual Hipoaktif (hypoactive sexual desire disorder/ HSDD) 
sebagai keengganan ekstrim atau ketiadaan hasrat yang persisten atau berulang untuk menghindari semua, atau hampir semua, kontak seksual genital dengan pasangan seksual. Sinonim untuk HSDD adalah keengganan seksual, hambatan gairah seksual, apatisme seksual, frigiditas dan anoreksia seksual. Ini adalah salah satu gangguan seksual yang paling umum dan lebih sering pada wanita..HSDD dicirikan oleh kegagalan untuk memulai atau merespon inisiasi pasangan untuk aktivitas seksual. HSDD menjadi gangguan. HSDD dapat situasional (semata-mata terhadap satu pasangan), atau umum, yaitu pada siapa pun. Pada bentuk ekstrim HSDD, pasien tidak hanya tidak memiliki hasrat seksual, tetapi juga menganggap seks menjijikkan, memuakkan, dan jorok. Tanggapan fobia atau panik mungkin terjadi pada kasus HSDD ekstrim. HSDD mungkin disebabkan faktor baik fisik maupun emosional.

– Pengertian Gangguan Kecemasan Umum
Definisi Gangguan kecemasan umum (generalized anxiety disorder/ GAD) adalah
gangguan yang ditandai oleh kecemasan yang luas dan kronis. Berbeda dengan pada gangguan fobia atau pasca-trauma, kecemasan pada gangguan ini tidak diprovokasi oleh pemicu tertentu dan bisa mencakup hampir semua hal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Adalah hal yang lazim pada penderita gangguan kecemasan umum untuk menggeser fokus kecemasan dari satu masalah ke yang lain mengikuti perubahan keadaan sehari-hari. Misalnya, dia mungkin mulai cemas dengan keuangannya ketika menerima surat tagihan dari pos, dan kemudian mencemaskan kondisi kesehatannya ketika menyadari bahwa tagihan itu adalah untuk asuransi kesehatan. Belakangan di hari yang sama, dia dapat berganti fokus kecemasan ke masalah ketiga setelah menonton berita di televisi.

Comments are closed.