Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Fibula – Fitonutrien)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Fibula – Fitonutrien) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Fetal Distress – Fibrovaskular). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Fetal Distress - Fibrovaskular)

– Pengertian Fibula
Definisi Fibula (tulang betis) adala
h dua tulang di kaki di bawah lutut.

– Pengertian Fiksasi
Definisi Fiksasi adalah
sebuah prosedur di mana tulang disambung dan distabilkan menggunakan perangkat logam seperti bar, pin, cakram, mur, sekrup, atau kawat. Fiksasi internal berada dalam tubuh. Fiksasi eksternal memiliki satu atau lebih bagian dari perangkat fiksasi di luar kulit.

– Pengertian Filariasis Limfatik
Definisi Filariasis limfatik (FL) atau penyakit kaki gajah adalah
infeksi yang disebabkan oleh cacing mikroskopis yaitu nematoda filaria wuchereria bancrofti, brugia malayi dan b. timori. Penularan cacing ini melalui gigitan spesies nyamuk aedes, culex, anopheles, dan mansonia yang terinfeksi. Kebanyakan infeksi FL tidak menunjukkan gejala, tetapi cacing dewasa yang bersarang di sistem limfatik menyebabkan pelebaran dan disfungsi pembuluh limfatik progresif. Disfungsi limfatik ini dapat menyebabkan limfedema di kaki (kondisi yang disebut kaki gajah/elefantiasis) serti di skrotum, penis, lengan atau payudara, yang dapat meningkat keparahannya akibat infeksi sekunder.,,Meskipun mudah disembuhkan dengan obat cacing modern, filariasis dapat melumpuhkan jika tidak ditangani. FL mempengaruhi 120 juta orang di seluruh dunia di 80 negara, kebanyakan negara-negara miskin di Asia Selatan dan Tenggara (termasuk Indonesia), Afrika, dan Pasifik dan menjadi penyebab utama cacat tetap ke-4 (WHO, 1998).

– Pengertian Filiform
Definisi Filiform adalah
materi seperti benang dalam kutil.

– Pengertian Filoquinon
Definisi Filoquinon adalah
nama lain vitamin K.

– Pengertian Fimbria
Definisi Fimbria adalah
ujung-ujung luar seperti jari di saluran telur.

– Pengertian Fimosis
Definisi Fimosis adalah
ketidakmampuan untuk menarik kulup ke belakang. Hal ini adalah sangat umum pada semua bayi, agak umum pada anak-anak dan jarang pada orang dewasa. Pada orang dewasa, biasanya disebabkan oleh infeksi, yang perlu diobati..Sebagian dokter membatasi istilah hanya untuk ketidakmampuan untuk menarik kebelakang (retraksi) yang disebabkan oleh jaringan parut, seperti hasil dari Balanitis xerotica obliterans.

– Pengertian Fisting
Definisi Fisting adalah
memasukkan seluruh jari tangan ke vag1na atau anus.

– Pengertian Fistula
Definisi Fistula adalah
koneksi abnormal antara pembuluh darah, usus, organ, atau struktur lainnya. Fistula biasanya terjadi akibat dari cedera, pembedahan, infeksi atau peradangan..Penyakit inflamasi usus, seperti kolitis ulserativa atau penyakit Crohn, adalah contoh penyakit yang mengarah ke fistula antara satu lekukan usus dengan yang lain. Cedera dapat menyebabkan fistula antara arteri dan vena.
Fistula dapat terjadi di banyak bagian tubuh. Beberapa di antaranya adalah:
> Arteriovenosa (antara arteri dan vena)
> Bilier (terjadi selama operasi kandung empedu, saluran empedu terhubung ke permukaan kulit)
> Serviks (celah yang abnormal ke dalam atau di leher rahim)
> Craniosinus (antara ruang dalam tengkorak dan sinus hidung)
> Enterovag1nal (antara usus dan vag1na)
> Kotoran atau anus (tinja dibuang melalui pembukaan selain anus)
> Lambung (dari perut ke permukaan kulit)
> Metroperitoneal (antara rahim dan rongga peritoneal)
> Arteriovenosa paru (dalam paru-paru, arteri paru-paru dan vena yang terhubung, memungkinkan darah untuk melewati proses oksigenasi di paru-paru (pulmonary fistula arteriovenosa)
> Umbilical (koneksi antara pusar dan usus)

– Pengertian Fistula Anus
Definisi Fistula anus (anal fistula) adalah
jalur abnormal seperti tabung yang menghubungkan anus ke permukaan kulit di sekitarnya.

– Pengertian Fistula Arteriovenosa
Definisi Fistula arteriovenosa adalah
jalur bedah dari arteri langsung ke vena, biasanya di lengan bawah, yang diciptakan pada pasien yang akan memerlukan hemodialisis. Fistula AV menyebabkan pembuluh darah tumbuh lebih tebal, yang memungkinkan pemasukan jarum secara berkala untuk keperluan hemodialisis.

– Pengertian Fistula Oroantral
Definisi Fistula oroantral adalah
lubang antara prosesus alveolaris dan sinus maksilaris yang tidak menutup dan mengalami epitelisasi. Fistula oroantral dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti pencabutan gigi posterior rahang atas (terutama pada molar pertama, molar kedua, dan premolar kedua dimana akarnya dekat dengan antrum) dan kecelakaan penggunaan alat seperti penggunaan elevator dengan tekanan yang berlebihan.

– Pengertian Fisura
Definisi Fisura adalah
retakan tipis dalam epidermis atau epitel, dan disebabkan oleh kekeringan yang berlebihan.

– Fisura Anus
Definisi Fisura anus (anal fissure) adalah
luka memanjang yang terbuka pada kulit anus.

– Pengertian Fitoestrogen
Definisi Fitoestrogen adalah
senyawa berbasis tanaman, kacang kedelai khususnya, yang memiliki aksi estrogenik maupun anti-estrogenik. Fitoestrogen dapat melindungi terhadap kanker yang tergantung hormon dan osteoporosis. Ada dua jenis fitoestrogen: isoflavon dan lignan.

– Pengertian Fitonutrien
Definisi Fitonutrien adalah
nutrisi nabati yang diyakini memiliki efek mendukung kesehatan, tetapi tidak dianggap penting untuk kelangsungan hidup manusia. Buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan dan teh memiliki fitonutrien yang sedang diteliti oleh komunitas ilmiah mengenai potensi efek-efek positifnya pada kesehatan.

To top