Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Esofagitis – ESWL)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Esofagitis – ESWL) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Eritema – Erupsi Ektopik). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Esofagitis - ESWL)– Pengertian Esofagitis
Definisi Esofagitis adalah
peradangan esofagus (pipa makanan).

– Pengertian Esofagus
Definisi Esofagus
Lihat kerongkongan.

– Pengertian Esotropia
Definisi Esotropia adalah
mata juling di mana satu mata menyimpang ke dalam (ke arah hidung) sedangkan yang satunya normal.

– Pengertian Ester
Definisi Ester adalah
produk dari reaksi antara asam karboksilat dan alkohol yang melibatkan eliminasi air. Contohnya, ester kolesterol adalah produk dari reaksi antara asam lemak dan kolesterol.

– Pengertian Esterase
Definisi Esterase adalah
sebuah enzim yang memecah rantai ester, terutama yang ditemukan dalam asam nukleat (rantai fosfodiester) dan lipid; atau sebuah enzim yang mengkatalisis hidrolisis ester organik untuk melepaskan alkohol atau tiol dan asam. Istilah ini dapat diterapkan untuk enzim yang menghidrolisis karboksilat, ester fosfat dan sulfat, tetapi lebih sering terbatas pada kelas pertama dari substrat.

– Pengertian Estradiol
Definisi Estradiol adalah
estrogen alami yang paling poten secara biologis. Hormon ini terutama dihasilkan oleh ovarium dan dalam jumlah kecil oleh testis. Secara komersial, disediakan dalam berbagai senyawa seperti estradiol benzoat dan etinil estradiol..Nama lain estrogen adalah strone, estrodiol, atau estriol.

– Pengertian Estrogen
Definisi Estrogen adalah
salah satu dari kelompok hormon steroid yang diproduksi oleh ovarium, plasenta, kelenjar adrenal dan, dalam jumlah kecil, oleh testis laki-laki. Estrogen menyebabkan perkembangan karakteristik seksual sekunder (misalnya payudara, pinggul lebih besar) pada remaja putri dan terlibat dalam pembangunan kembali lapisan rahim setelah menstruasi. Estrogen juga berperan dalam penyerapan kalsium dan keseimbangan. Penurunan estrogen pasca-menopause pada perempuan mengakibatkan demineralisasi tulang dan osteoporosis, serta gejala-gejala menopause lainnya. Senyawa mirip estrogen juga dibentuk oleh tanaman-tanaman tertentu (disebut fitoestrogen).,Nama lain estrogen adalah strone, estrodiol, atau estriol.

– Pengertian Eter
Definisi Eter adalah
sebuah cairan yang mudah menguap dengan bau yang khas. Digunakan sebagai gas bius medis.

– Pengertian Ether
Definisi Ether adalah
nama umum untuk kelas anestesi inhalasi yang digunakan dalam induksi dan pemeliharaan anestesi.

– Pengertian Etiologi
Definisi Etiologi adalah
studi tentang penyebab. Misalnya, penyebab dari gangguan..Kata “etiologi” terutama digunakan dalam kedokteran sebagai ilmu yang mempelajari penyebab atau asal penyakit dan faktor-faktor yang menghasilkan atau memengaruhi suatu penyakit tertentu atau gangguan..Bila disebutkan dalam makalah kedokteran bahwa “etiologi tidak diketahui”, berarti kita tidak tahu penyebabnya. Kata etiologi berasal dari bahasa Yunani “aitia” (penyebab) + “logos” (ilmu).

– Pengertian Euforia
Definisi Euforia adalah
perasaan sangat bahagia atau gembira.

– Pengertian Eukariot
Definisi Eukariot adalah
apa yang disebut “sel klasik”. Sel eukariotik memiliki inti terorganisir dikelilingi membran. Mereka memiliki “otak” dan area di mana mereka menjaga rahasia DNA. Sel eukariotik juga memiliki organel-organel seperti mitokondria, kloroplas atau retikulum endoplasma. Selain itu, sel eukariotik dapat memiliki bagian lain seperti flagela (struktur ekor seperti untuk membantu bergerak) atau silia (rambut kecil yang membantu sel berlari cepat melalui air).

– Evakuasi Vakum Manual
Definisi Evakuasi vakum manual adalah
metode bedah abortus (abortus provokatus). Prosedur ini melibatkan penggunaan perangkat genggam plastik seperti tabung untuk menyedot keluar isi rahim, termasuk embrio dan dinding rahim. Prosedur ini hanya dilakukan pada kehamilan yang sangat awal, biasanya sebelum delapan minggu.

– Pengertian Eversi Serviks
Definisi Eversi serviks adalah
istilah lain dari ektropion serviks.

– Pengertian Exotropia
Definisi Exotropia atau eksotropia adalah
mata juling di mana satu mata menyimpang keluar (menjauh dari hidung) sedangkan yang satunya normal.

– Pengertian Expandable Stent
Definisi Expandable stent adalah
stent yang memiliki komponen yang bisa diperluas, sehingga memungkinkannya untuk memanjang dan memendek.

– Pengertian ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy)
Definisi Extracorporeal shock wave lithotripsy adalah
penghancuran batu ginjal dengan menggunakan mesin untuk mengirim gelombang kejut langsung dari luar tubuh ke batu ginjal sehingga batu besar pecah menjadi batu-batu yang lebih kecil yang akan melewati sistem saluran kemih.

loading...

Comments are closed.