Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Epinefrin – Erisipelas)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Epinefrin – Erisipelas) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Epidemi – Epilepsi). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Epinefrin - Erisipelas)

– Pengertian Epinefrin
Definisi Epinefrin adalah
agen yang cepat menghasilkan bronkodilatasi untuk membalikkan efek dari alergen pada saluran napas pasien.

– Pengertian Episiotomi
Definisi Episiotomi atau disebut juga perineotomi adalah
prosedur di mana kulit antara vagina dan anus dipotong (daerah ini disebut perineum) untuk memperbesar jalan lahir sebelum persalinan. Episiotomi dilakukan untuk mencegah sobekan vagina selama melahirkan..Pemotongan dapat dilakukan dengan dua cara:
> Pemotongan mediolateral miring turun menjauh dari vagina dan ke dalam otot.
> Pemotongan garis tengah dibuat lurus ke bawah antara vagina dan anus. Luka episiotomi kemudian dijahit/ditutup kembali setelah bayi dan plasenta keluar.

– Pengertian Episiotomi Median
Definisi Episiotomi median adalah
episiotomi pada garis tengah. Pemotongan dilakukan dengan gunting bedah dari pembukaan vagina lurus ke belakang ke arah rektum. Episiotomi ini dilakukan jika tampaknya ibu melahirkan akan robek di daerah di mana perbaikan akan sulit dilakukan, seperti di klitoris, atau jika detak jantung bayi lemah dan kita tidak bisa menunggu jaringan untuk meregang secara alami karena bayi harus keluar lebih cepat.

– Episiotomi Mediolateral
Definisi Episiotomi mediolateral adalah
episiotomi yang menyudut lebih ke arah kaki daripada lurus ke punggung.

– Pengertian Epispadia
Definisi Epispadia adalah
kelainan anatomi di mana meatus uretra berada pada sisi atas penis atau klitoris. Kondisi ini jauh lebih jarang daripada hipospadia.

– Pengertian Epistaksis
Definisi Epistaksis adalah
perdarahan hebat dari hidung (mimisan). Mimisan biasanya hanya terjadi pada satu lubang hidung saja. Kebanyakan mimisan terjadi pada bagian depan dari septum hidung. Septum berisi banyak pembuluh darah rapuh yang mudah rusak. Lebih jarang, mimisan dapat terjadi pada bagian septum yang lebih tinggi atau lebih dalam.

– Pengertian Epitel
Definisi Epitel adalah
jaringan yang terdiri dari sel-sel yang melapisi permukaan tubuh internal (misalnya mulut) atau eksternal (misalnya kulit).

– Pengertian Epitelium
Definisi Epitelium adalah
lapisan dalam dan jaringan luar yang menutupi organ-organ saluran pencernaan.

– Pengertian Epitenon
Definisi Epitenon adalah
membran berkilau seperti membran sinovial yang menyelubungi permukaan tendon.

– Pengertian Epizootik
Definisi Epizootik adalah
 Pola temporal dari kejadian penyakit pada populasi hewan di mana penyakit itu terjadi dengan frekuensi lebih dari yang diharapkan dalam populasi tersebut selama interval waktu tertentu. Sebuah wabah (epidemi) penyakit pada populasi hewan; sering dengan implikasi yang dapat mempengaruhi populasi manusia.

– Pengertian ER Assay
Definisi ER Assay (uji reseptor estrogen) adalah
sebuah tes yang menentukan apakah kanker payudara dirangsang oleh hormon estrogen.

– Pengertian Erector Spinae
Definisi Erector spinae adalah
kelompok otot di dalam punggung yang berfungsi menegakkan leher dan kolom tulang belakang. Juga dikenal sebagai ekstensor spinae atau otot “anti-gravitasi”.

– Pengertian Ereksi
Definisi Ereksi adalah
peregangan penis. Ereksi penis terjadi bila penis menjadi penuh dengan darah. Kompartemen anatomis dari penis (dua korpora kavernosa dan satu korpus spongiosum) mampu membesar dengan jumlah darah tujuh kali kondisi biasa. Ketika hal ini terjadi dan otot-otot penis terelaksasi, hasilnya adalah ereksi..Urutan peristiwa yang mengakibatkan ereksi penis cukup kompleks. Hal ini biasanya diawali dengan rangsangan gairah seksual yang timbul di otak sebagai akibat dari sensasi visual, auditori atau perabaan atau fantasi erotis. Birahi mengakibatkan pelepasan zat kimia (nitrat oksida) dari sel-sel khusus. Nitrat oksida menyebabkan pembentukan zat (glutamin monofosfat siklik) yang bertanggung jawab untuk dilatasi pembuluh darah penis dan relaksasi otot, sehingga memungkinkan untuk peningkatan aliran darah dan ereksi penis. Kompresi dari pembuluh-pembuluh darah yang melebar terhadap lapisan luar penis mencegah darah untuk lolos dan melanggengkan ereksi.

– Pengertian Ergonomi
Definisi Ergonomi adalah
ilmu untuk mendapatkan kesesuaian yang tepat antara tubuh manusia, tugas-tugas pekerjaan dan alat-alat kerja.

– Pengertian Erisipelas
Definisi Erisipelas adalah
infeksi kulit yang biasanya mempengaruhi lengan, kaki, atau wajah, ditandai dengan kulit yang mengkilap, merah, melepuh kecil, dan pembengkakan kelenjar getah bening.

loading...

Comments are closed.