Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Epidemi – Epilepsi)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Epidemi – Epilepsi) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Ensefalitis – Eosinofil). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Epidemi - Epilepsi)

– Pengertian Epidemi
Definisi Epidemi adalah
wabah penyakit yang secara signifikan lebih tinggi dari kejangkitan normal untuk penyakit itu. Terjadinya epidemi sebuah penyakit mungkin terkonsentrasi di suatu wilayah geografis tertentu atau di antara populasi tertentu.

– Pengertian Epidemiologi
Definisi Epidemiologi adalah
studi tentang seberapa sering suatu penyakit terjadi pada kelompok orang yang berbeda dan mengapa. Informasi epidemiologi digunakan untuk merencanakan dan mengevaluasi strategi untuk mencegah penyakit dan sebagai panduan untuk pengelolaan pasien yang telah mengembangkan penyakit tersebut..Epidemiologi menggunakan beragam alat-alat ilmiah, dari kedokteran dan statistik sampai sosiologi dan antropologi. Banyak penyakit mengikuti arus migrasi penduduk, sehingga pemahaman tentang bagaimana penduduk bergerak mengikuti musim sangat penting untuk memahami penyebaran penyakit tertentu pada populasi tersebut. Epidemiologi tidak hanya berkutat pada masalah penyebaran penyakit, tetapi juga dengan cara penanggulangannya.

– Pengertian Epidemiologi Deskriptif
Definisi Epidemiologi deskriptif adalah
studi tentang jumlah dan distribusi penyakit pada populasi tertentu menurut orang, tempat, dan waktu.

– Pengertian Epidermis
Definisi Epidermis adalah
kulit ari, lapisan terluar epitel kulit di atas dermis. Epidermis terdiri dari lapisan tanduk, sel-sel skuamosa (keratinosit), dan sel-sel basal yang membentuk penghalang untuk melindungi lapisan sel terhadap infeksi, sinar matahari, dehidrasi, dan bahaya lingkungan lainnya. Bagian ini juga memiliki sebagian besar sel pembuat pigmen (melanosit).

– Pengertian Epididimis
Definisi Epididimis adalah
struktur di dalam skrotum yang melekat di bagian belakang testis dan memanjang sampai ke vas deferens..Epididimis berfungsi untuk menahan testis di tempatnya dan menyimpan sperma selama proses pematangan. Struktur epididimis terdiri dari kaput (kepala), korpus (badan) dan kauda (ekor). Sperma yang diproduksi testis masuk ke kaput epididimis melalui korpus dan berhenti di kauda untuk disimpan. Ketika sperma keluar dan berjalan ke kauda, mereka belum bisa berenang dan membuahi sel telur. Pada saat mencapai kauda, mereka telah dapat membuahi sel telur. Sperma akan ditransfer ke vesikula seminalis melalui vas deferens. Sperma belum bisa berenang sehingga membutuhkan kontraksi otot untuk mendorong mereka ke vesikula seminalis, di mana mereka mencapai kematangan penuh.

– Pengertian Epidural
Definisi Epidural adalah
metode umum administrasi anestesi selama persalinan di mana obat bius dengan jarum dan kateter berulir ke dalam ruang dura dekat sumsum tulang belakang.

– Pengertian Epifisis
Definisi Epifisis adalah
ujung bulat dari tulang panjang di sendi.

– Pengertian Epifisitis
Definisi Epifisitis atau apofisitis adalah
cedera cakram pertumbuhan (growth plate) karena beban berlebihan seperti pada Osgood-Schlatter..Cakram pertumbuhan atau fisis adalah bagian tulang pada anak-anak yang tersusun atas kartilago. Ini adalah bagian paling lemah pada tulang anak-anak terhadap suatu trauma. Cedera pada cakram ini dapat menyebabkan deformitas.

– Pengertian Epifora
Definisi Epifora (epiphora) adalah
air dari mata, biasanya meluber dari kelopak mata bawah, karena sekresi berlebihan air mata atau penyumbatan dari saluran lakrimal (duktus lakrimalis).

– Pengertian Epigastrium
Definisi Epigastrium adalah
bagian dari dinding perut di atas pusar

– Pengertian Epigenesis
Definisi Epigenesis
 berasal dari bahasa Yunani “epi” (di, pada, di atas) dan “genesis” (asal). Epigenesis adalah teori bahwa embrio tidak diprabangun di sel telur atau sperma, tetapi berkembang secara bertahap dengan pembentukan bagian-bagian baru secara berturut-turut. Konsep ini telah diperluas ke area lain dari kedokteran, dengan berbagai nuansa maknanya. Sebagian dari arti lain tersebut adalah: Setiap perubahan dalam suatu organisme yang disebabkan oleh pengaruh luar daripada yang ditentukan secara genetis. Terjadinya gejala sekunder sebagai akibat dari penyakit perkembangan faktor, dan khususnya interaksi gen dengan lingkungan yang berkontribusi terhadap perkembangan munculnya fungsi baru yang tidak diprediksi berdasarkan pengetahuan tentang bagian proses yang telah digabungkan dan munculnya fitur khusus pada setiap tahap perkembangan, seperti tujuan dan risiko yang berbeda.

– Pengertian Epigenetik
Definisi Epigenetik adalah
modifikasi kimia DNA yang tidak mengubah urutan gen, tetapi berdampak pada ekspresi gen dan dapat diwariskan. Modifikasi epigenetik pada DNA sangat penting untuk pencetakan dan pemrograman ulang sel.

– Pengertian Epikardium
Definisi Epikardium adalah
lapisan pelindung terluar dari dinding jantung.

– Pengertian Epikondilus
Definisi Epikondilus adalah
sebuah proyeksi bulat pada ujung tulang, yang terletak pada atau di atas kondilus dan biasanya berfungsi sebagai tempat perlekatan ligamen dan tendon.

– Pengertian Epilepsi
Definisi Epilepsi adalah
suatu kondisi di mana ada aktivitas listrik yang tidak terkontrol di otak yang menyebabkan kejang-kejang.


Comments are closed.