Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (ERCP – Enkopresis)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (ERCP – Enkopresis) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Endoftalmitis – Endorfin). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (ERCP - Enkopresis)

– ERCP (Endoscopic Retrograde Cholangio Pancreatography)
Definisi Endoscopic Retrograde Cholangio Pancreatography  adalah
prosedur endoskopi yang memungkinkan dokter untuk mendiagnosis, mengevaluasi dan terkadang menyembuhkan masalah di liver, kadung empedu, saluran empedu dan pankreas. Prosedur ini mengombinasikan sinar-X dan endoskop yang di masukkan melalui mulut ke esofagus, lambung dan duodenum. Dari duodenum kateter bisa ditempatkan ke saluran empedu dari kandung empedu, liver dan pankreas untuk memeriksa dan menangani area tersebut.

– Pengertian Endoskop
Definisi Endoskop adalah
perangkat berupa tabung fleksibel yang berisi kamera dan senter yang terhubung dengan layar komputer untuk dimasukkan ke dalam tubuh guna keperluan diagnosis. Prosedur penggunaan endoskop disebut endoskopi.

– Pengertian Endoskopi
Definisi Endoskopi adalah
metode untuk melihat bagian di dalam tubuh menggunakan tabung fleksibel yang memiliki kamera kecil di ujungnya. Alat ini disebut endoskop..Ada banyak jenis endoskopi. Masing-masing alat diberi nama sesuai dengan organ atau daerah yang diperiksa, misalnya:
> artroskop: untuk melihat sendi secara langsung
> bronkoskop: untuk melihat saluran udara dan paru-paru
> sitoskop: untuk melihat bagian dalam kandung kemih
> laparoskop: untuk melihat langsung indung telur, usus buntu, atau organ perut lainnya
> Endoskopi dilewatkan melalui lubang tubuh alami atau sayatan kecil. Sebagai contoh, laparoskop dimasukkan melalui pemotongan bedah kecil di daerah panggul atau perut. Pada pria, endoskopi saluran kemih dilewatkan melalui lubang uretra. Endoskopi pencernaan dapat dimasukkan melalui mulut atau anus. Bila pemeriksaan USG ditambahkan ke endoskopi pencernaan maka disebut USG endoskopi. Instrumen kecil juga dapat dimasukkan melalui endoskopi dan digunakan untuk mengambil sampel jaringan yang mencurigakan.

– Pengertian Endoskopi Atas
Definisi Endoskopi atas (upper endoscopy)
atau dikenal juga sebagaiesophagogastroduodenoscopy (EGD) adalah tes diagnostik dengan menggunakan endoskop untuk memeriksa kerongkongan, lambung dan usus bagian atase. Dokter mungkin juga mengambil sampel tisu untuk pemeriksaan lebih lanjut.

– Pengertian Endoskopi Kapsul
Definisi Endoskopi kapsul (capsule endoscopy) adalah
endoskopi yang tidak menggunakan endoskop tetapi menggunakan kapsul kecil yang memiliki kamera nirkabel di dalamnya. Saat kapsul berjalan melalui saluran pencernaan pasien, kamera mengambil ribuan gambar esofagus, perut dan usus. Dengan endoskopi kapsul, dokter bisa memeriksa sampai ke usus kecil, yang biasanya tidak terjangkau oleh endoskopi biasa.

– Pengertian Endotelialisasi
Definisi Endotelialisasi adalah
proses yang terjadi setelah penempatan stent di arteri koroner, di mana lapisan tipis dari jaringan yang melapisi dinding pembuluh (endotelium) kembali tumbuh di atas logam stent dan melindungi sel-sel darah yang beredar.

– Pengertian Endotelium
Definisi Endotelium adalah
lapisan sel yang melapisi pembuluh darah dan getah bening, hati, dan berbagai rongga tubuh.

– Pengertian Endotelium Iridial
Definisi Endotelium iridial adalah
satu lapisan sel asal mesoblastik yang melapisi permukaan anterior iris.

– Pengertian Endotelium Kornea
Definisi Endotelium kornea adalah
satu lapisan sel asal mesoblastik yang melapisi permukaan posterior kornea.

– Pengertian Endotelium Vaskular
Definisi Endotelium vaskular adalah
lapisan tunggal sel yang melapisi permukaan dala pembuluh darah. Fungsi endotelium yang sehat mempromosikan vasodilatasi dan menghambat agregasi platelet (pembentukan bekuan darah).

– Pengertian Enema
Definisi Enema adalah
cairan yang dimasukkan ke dalam rektum untuk membersihkan usus.

– Pengertian Energi Kinetik
Definisi Energi kinetik adalah
energi dari sebuah benda yang bergerak; sama dengan satu setengah massa kali kuadrat kecepatan.

– Pengertian Engkel Keseleo
Definisi Engkel keseleo adalah
penarikan berlebihan atas ligamen lateral (luar) dari sendi pergelangan kaki.

– Pengertian Enkopresis
Definisi Enkopresis (encopresis) adalah
gangguan eliminasi yang ditandai dengan berulang kali mengalami buang air besar (BAB) tidak pada tempatnya setelah usia ketika kontrol BAB seharusnya sudah bisa diharapkan..Enkopresis bisa terjadi secara tidak disengaja atau Enkopresis bisa terjadi secara tidak disengaja atau disengaja. Enkropresis yang tidak disengaja biasanya disebut inkontinensia fekal. Seseorang dengan enkopresis sukarela memiliki kontrol BAB tetapi memilih untuk melakukannya di tempat-tempat yang tidak semestinya, baik di tempat yang jelas atau tersembunyi di sekitar rumah. Kondisi ini dapat disebabkan oleh masalah kejiwaan seperti gangguan pembangkangan memberontak (oppositional defiant disorder) dan lainnya.

To top