Menurut Para Ahli.com

Kumpulan Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Elektroda – Embolisme Udara)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Elektroda – Embolisme Udara) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Ekstraksi – Elefantiasis). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Elektroda - Embolisme Udara)

– Pengertian Elektroda
Definisi Elektroda pada sistem saraf adalah
sebuah konduktor tipis yang terisolasi kecuali di ujungnya, yang ditempatkan baik di dekat atau di dalam sel saraf. Elektroda apat mengambil sinyal yang dihasilkan oleh aktivitas listrik sel, atau merangsang aktivitas tersebut.

– Elektrodesiksasi
Definisi Elektrodesiksasi adalah
penggunaan arus listrik untuk menghancurkan jaringan kanker dan mengontrol perdarahan.

– Pengertian Elektroensefalogram
Definisi Elektroensefalogram (electroencephalogram/EEG) adalah
rekaman aktivitas listrik otak, yang digunakan untuk mendiagnosis kondisi neurologis seperti gangguan kejang (epilepsi). Tes elektroensefalografi dilakukan dengan menyisipkan elektroda lempengan logam di kulit kepala.

– Pengertian Elektrokardiogram
Definisi Elektrokardiogram (EKG) adalah
rekaman aktivitas listrik jantung, yang digunakan untuk mendiagnosa aritmia jantung, iskemia miokard dan infark miokard.

– Pengertian Elektrokemoterapi
Definisi Elektrokemoterapi adalah
prosedur yang menggunakan kombinasi kemoterapi dan arus listrik untuk mengobati kanker.

– Pengertian Elektrokutofilia
Definisi Elektrokutofilia (electrocutophilia) adalah
sebuah parafilia di mana gairah seksuoerotik dan orgasme tergantung pada penggunaan stimulasi listrik dari tubuh, misalnya ke puting susu, uretra, penis / skrotum, vulva / klitoris / vagina dan anus / dubur. Parafilia ini lebih sering pada wanita dibandingkan pada pria dan sering mengakibatkan kematian karena kecelakaan. Kegiatan elektrokutofilia mungkin eksplorasi atau variasi permainanseks dan bukan parafilia. Hal ini juga dapat menjadi bagian dari kegiatan sadomasokis. Perangkat untuk elektrostimulasi seksuoerotik yang “aman” sekarang tersedia secara komersial. Lihat juga kematian autoerotik.

– Pengertian Elektrolit
Definisi Elektrolit adalah
garam yang terionisasi (terurai menjadi ion positif dan negatif) dalam cairan tubuh. Elektrolit utama dalam tubuh termasuk natrium, kalium, magnesium, kalsium, klorida, bikarbonat dan fosfat.

– Pengertian Elektromiografi
Definisi Elektromiografi (EMG) adalah
sebuah tes yang mengukur respon listrik dari kontraksi otot.

– Pengertian Elektromiogram
Definisi Elektromiogram (EMG) adalah
sebuah tes yang mengukur aktivitas listrik dari otot atau sekelompok otot. Sebuah EMG dapat mendeteksi aktivitas otot abnormal listrik karena penyakit dan kondisi neuromuskuler.

– Pengertian Eliminasi
Definisi Eliminasi adalah
pelepasan air seni atau tinja (BAK/BAB).

– Pengertian Emboli
Definisi Emboli (tunggal: embolus) adalah
koleksi bekuan darah atau materi partikulat (seperti kolesterol) yang tercerabut dari jantung atau pembuluh darah utama (seperti aorta perut atau vena femoralis) dan memasuki aliran darah. Setelah bebas mengalir dalam sistem vaskular, emboli dapat melakukan perjalanan ke setiap organ dalam tubuh dan menyebabkan berbagai masalah, termasuk stroke, gagal ginjal, dan / atau emboli paru.

– Pengertian Embolisasi
Definisi Embolisasi adalah
penempatan kateter kecil di pembuluh darah dan suntikan partikel untuk memblokir aliran darah. Prosedur ini digunakan oleh ahli radiologi intervensi untuk mengendalikan malformasi atau perdarahan arteri-vena.

– Pengertian Embolisme
Definisi Embolisme adalah
bekuan darah yang bergerak melalui aliran darah dan kemudian bersarang di pembuluh darah, menyebabkan penyumbatan.

– Pengertian Embolisme Paru
Definisi Embolisme paru (pulmonary embolism) adalah
penyumbatan pada arteri yang menyuplai darah ke bagian paru-paru, sehingga berpotensi menyebabkan kematian jaringan (infark) paru-paru. Kondisi ini biasanya terjadi karena bekuan darah yang terlepas dari pembuluh darah besar dan beredar ke paru-paru. Lebih dari 90% dari kasus embolisme paru adalah komplikasi trombosis vena dalam dari pembuluh darah kaki atau panggul. Embolisme juga dapat berasal dari lemak, udara, atau jaringan tumor.

– Pengertian Embolisme Udara
Definisi Embolisme udara adalah
penyumbatan arteri oleh gelembung udara, yang mungkin memasuki tubuh selama pembedahan atau setelah cedera.


Comments are closed.