Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Efusi – Eksfoliasi)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Efusi – Eksfoliasi) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (E. Coli – Efikasi). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Efusi - Eksfoliasi)

– Pengertian Efusi
Definisi Efusi adalah
koleksi cairan dalam rongga tubuh, biasanya antara dua jaringan yang berdekatan. Sebagai contoh, efusi pleura adalah pengumpulan cairan di antara dua lapisan dari pleura (selubung paru-paru).

– Pengertian Efusi Pleura
Definisi Efusi pleura adalah
koleksi abnormal cairan di ruang antara lapisan tipis yang menyelubungi paru dan melapisi dinding rongga dada (pleura).

– Pengertian Eikosanoid
Definisi Eikosanoid adalah
utusan bahan kimia yang berasal dari asam lemak tak jenuh ganda karbon-20, seperti asam arakidonat dan asam eikosapentanoik. Eikosanoid berperan penting dalam respon imun dan inflamasi.

– Pengertian Ejakulasi
Definisi Ejakulasi adalah
kontraksi berirama yang mendorong air mani tersemprot keluar dari penis.

– Pengertian Ejakulasi Dini
Definisi Ejakulasi dini (ED) atau ejakulasi prematur
mengacu pada keluarnya cairan mani (ejakulasi) yang persisten atau berulang dengan stimulasi seksual minimal sebelum, pada, atau sesaat setelah penetrasi, sebelum orang menginginkannya, dan lebih awal dari yang diharapkannya..Ejakulasi dini adalah keluhan umum dan umumnya dikaitkan dengan gejala psikologis, terutama kecemasan kinerja dan rasa bersalah. ED jarang yang disebabkan oleh masalah fisik atau struktural. Dalam kasus ini, penyebab biasanya berhubungan dengan gejala fisik lain, misalnya rasa sakit. Dalam kasus yang jarang, ejakulasi dini mungkin terkait dengan kondisi neurologis, infeksi kelenjar prostat, atau uretritis (radang saluran yang membawa urin dan air mani ke luar tubuh) dan penyalahgunaan zat.

– Pengertian Ejakulasi Retrogade
Definisi Ejakulasi retrograde (ER) adalah
 curahan air mani yang salah arah dari uretra posterior ke dalam kandung kemih bukannya antegrade yaitu melalui uretra anterior dan keluar uretra meatus. ER dapat terjadi lengkap, dengan tiadanya ejakulasi total, atau sebagian, di mana ada sejumlah minimal ejakulasi antegrade. Pasien ER sering menemui seorang urolog dengan keluhan infertilitas atau azoospermia. Di antara semua pasien yang datang untuk masalah infertilitas, ER ditemukan sebagai penyebab pada kurang dari 2 persen kasus, tetapi lebih sering pada pasien dengan azoospermia (mencapai 18 persen kasus).

– Pengertian EKG
Definisi EKG adalah
singkatan populer untuk elektrokardiogram, yang merupakan mesin yang mencatat aktivasi listrik dari denyut jantung. Kadang-kadang elektrokardiogram dapat menunjukkan apakah serangan jantung telah terjadi, tetapi seringkali EKG menujukkan normal meskipun penyakit arteri koroner berat sudah hadir.

– Pengertian Ekimosis
Definisi Ekimosis adalah
istilah lain untuk memar.

– Pengertian Eklampsia
Eklampsia adalah
kejang pada wanita yang disebabkan oleh hipertensi yang disebabkan kehamilan (hipertensi gestasional), sebuah penyebab signifikan kematian ibu melahirkan.

– Pengertian Ekokardiografi
Definisi Ekokardiografi adalah
tes diagnostik yang menggunakan ultrasound untuk membuat gambar dari jantung. Pantulan gelombang suara dari jantung direkam oleh sensor elektronik yang ditempatkan di dada. Sebuah komputer memproses informasi untuk menghasilkan gambar bergerak dua atau tiga dimensi yang menunjukkan kondisi katup jantung dan fungsi jantung..Tes ini dapat digunakan untuk menilai kesehatan katup dan bilik jantung, serta untuk mengukur output jantung.

– Pengertian Ekosistem
Definisi Ekosistem adalah
sebuah komunitas organisme dan lingkungan fisik mereka yang berinteraksi sebagai unit ekologis.

– Pengertian Ekrin
Definisi Ekrin adalah
kelenjar yang ditemukan jauh di dalam dermis. Mereka menghasilkan keringat, larutan encer air, garam dan limbah, yang diekskresikan ke dalam saluran melingkar yang membuka langsung ke permukaan kulit. Kepadatan ekrin tertinggi pada telapak tangan, telapak kaki, ketiak dan dahi. Berkeringat berlebihan dikenal sebagai hiperhidrosis.

– Pengertian Eksantema
Definisi Eksantema adalah
erupsi kulit yang terjadi sebagai gejala dari suatu penyakit virus akut, seperti pada demam berdarah atau campak.

– Pengertian Eksentrik
Definisi Eksentrik adalah
latihan di mana otot memanjang, meskipun menahan sebuah tekanan, seperti ketika menurunkan sebuah beban.

– Pengertian Eksfoliasi
Definisi Eksfoliasi adalah
pengelupasan kulit.

To top