Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (E. Coli – Efikasi)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (E. Coli – Efikasi) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (DPT – DX). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (E. Coli - Efikasi)

– Pengertian E. Coli
Definisi E. coli (Juga disebut E. coli O157: H7 atau Escherichia coli) adalah
spesies bakteri yang ditemukan dalam usus manusia dan hewan sehat dan diperlukan untuk membantu dalam pemecahan selulosa dan penyerapan vitamin K (yang membantu pembekuan darah). Namun, bakteri ini seringkali juga menjadi penyebab infeksi saluran kemih, diare pada bayi, dan infeksi luka.

– Pengertian Ebola
Definisi Ebola adalah
virus mematikan yang ditularkan melalui kontak langsung dengan darah atau cairan tubuh dari orang yang terinfeksi, jarum yang tidak steril atau hewan yang terinfeksi. Gejalanya termasuk demam tinggi, sakit kepala, nyeri otot, sakit perut, kelelahan, dan diare. Gejala awal terjadi 4-16 hari setelah infeksi, dan jika tidak ditangani tepat waktu dapat memburuk dengan cepat. Pada akhirnya, virus menyebabkan semua organ utama gagal, mengakibatkan kematian. Pada tahun 1976 di Zaire, penyakit ini muncul dari tempat yang tidak diketahui dan menewaskan 340 orang. Asal virus adalah di Zaire, pindah ke Sudan, ke Pantai Gading, dan yang terbaru pada tahun 1996 di pedesaan Gabon. Ada 4 jenis virus Ebola: Ebola Zaire, Reston, Tai, dan Sudan. Ebola Reston, yang merupakan satu-satunya virus yang tidak menyerang manusia, hanya pada monyet. Karakteristik paling menakutkan dari virus ini adalah penularannya lewat udara. Diagnosis dini sangat penting dalam mengobati virus ini, dan metode pengendalian ekstrim infeksi seperti isolasi adalah cara satu-satunya untuk mencegah penyebaran virus.

– Pengertian Edema
Definisi Edema adalah
koleksi cairan, biasanya di rongga paru-paru atau ekstremitas bawah (yaitu, sekitar pergelangan kaki), karena volume air yang berlebihan. Edema sering memburuk setiap kali asupan natrium atau garam berlebihan dan sering ditemui pada pasien gagal jantung kongestif atau penyakit ginjal.

– Pengertian Edema Dependen
Definisi Edema dependen adalah
pembengkakan di lengan atau kaki yang terjadi pada pasien gangguan mobilitas karena penyebab seperti kelumpuhan, multiple sclerosis, penyakit Parkinson, atau efek dari stroke.

– Pengertian Edema Makula
Definisi Edema makula (macular edema) adalah
pembengkakan (edema) pada makula, daerah dekat pusat retina mata yang bertanggung jawab untuk penglihatan rinci atau membaca. Edema makula merupakan komplikasi umum yang terkait dengan retinopati diabetik.

– Pengertian Edema Otak
Definisi Edema otak (cerebral edema) adalah
kondisi yang ditandai oleh adanya sejumlah besar air di otak. Hal ini menyebabkan otak membengkak, yang menekan aliran darah ke otak dan menyebabkan kerusakan otak atau kematian.

– Pengertian Efebofilia
Definisi Efebofilia (ephebophila) atau febofilia (phebophilia)
berasal dari bahasa Yunani: “efebos” pemuda di masa pubertas dan “filia” cinta. Sebuah kondisi di mana orang dewasa atau pemuda yang lebih tua, biasanya laki-laki, yang secara khusus tertarik secara seksual kepada remaja di tengah masa remaja akhir – biasanya perempuan berusia 14 sampai 16 dan atau laki-laki usia 14 sampai 17. Beberapa penulis mendefinisikan efebofilia sebagai preferensi seksual terhadap anak laki-laki memasuki masa puber dan remaja.

– Pengertian Efek Aditif
Definisi Efek aditif adalah
efek gabungan dari beberapa obat yang merupakan jumlah efek yang akan dihasilkan oleh masing-masing obat tanpa kehadiran yang lain.

– Pengertian Efek Antagonis
Definisi Efek antagonis adalah
sebuah respon biologis terhadap paparan beberapa jenis obat yang kurang dari efek-efek individual zat yang digabungkan (bandingkan dengan efek aditif dan efek sinergis).

– Pengertian Efek Massa
Definisi Efek massa adalah
kerusakan struktural akibat lesi massa (misalnya, tumor, infark, atau perdarahan), penyumbatan gerakan cairan (misalnya, kompresi ventrikel), atau akumulasi cairan yang berlebihan.

– Pengertian Efek Plasebo
Definisi Efek plasebo adalah
perubahan fisik atau emosional yang terjadi setelah seorang peserta dalam studi penelitian mengambil plasebo. Perubahan ini, yang dapat meliputi berkurangnya gejala, bukan hasil dari efek kimia dari plasebo karena plasebo tidak mengandung bahan aktif apa pun. Perubahan ini seringkali disebabkan oleh ekspektasi peserta atau peneliti bahwa perubahan akan terjadi.

– Pengertian Efek Samping
Definisi Efek samping adalah
efek yang tidak diinginkan dari pengobatan seperti rambut rontok disebabkan oleh kemoterapi dan kelelahan yang disebabkan oleh terapi radiasi, dll.

– Pengertian Efek Sinergis
Definisi Efek sinergis adalah
ketika efek dari beberapa obat yang diambil bersama-sama lebih besar daripada jumlah efek masing-masing secara individual.

– Pengertian Efek Somogyi
Definisi Efek somogyi
, juga disebut ayunan hiperglikemia adalah ketika tingkat glukosa darah meningkat setelah hipoglikemia. Efek Somogyi dapat mengikuti sebuah episode hipoglikemik yang tidak diobati pada malam hari dan disebabkan oleh pelepasan hormon stres.

– Pengertian Efikasi
Definisi Efikasi adalah
efektifitas, kemampuan untuk mencapai hasil yang diinginkan.

To top