Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Dislipidemia – Displasia Ventrikel Kanan Aritmogenik)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Dislipidemia – Displasia Ventrikel Kanan Aritmogenik) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Disfungsi – Disleksia). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Dislipidemia - Displasia Ventrikel Kanan Aritmogenik)

– Pengertian Dislipidemia
Definisi Dislipidemia adalah
gangguan metabolisme lipoprotein.

– Pengertian Dislokasi
Definisi Dislokasi adalah
gangguan lengkap dalam hubungan normal dua tulang di mana tidak ada lagi kontak dari permukaan artikular. Dislokasi biasanya disebabkan oleh trauma, biasanya ada kerusakan pada ligamen, kapsul sendi dan jaringan lunak. Arah dislokasi digambarkan oleh posisi tulang distal (misalnya, pada dislokasi anterior bahu, humerus dislokasi anterior terhadap skapula).

– Pengertian Dislokasi Tendon Bisep
Definisi Dislokasi tendon bisep (biceps tendon dislocation) adalah
dislokasi pada salah satu dari dua tendon bisep, yaitu tendon yang melekat pada rongga tulang belikat dan merentang melalui sendi bahu ke sulkus di sisi depan kepala tulang lengan atas (humerus). Tendon mengalami dislokasi ketika terkilir/ tergeser dari sulkusnya.

– Pengertian Dismenore
Definisi Dismenore adalah
nyeri menstruasi yang mungkin disertai kram perut, kejang (spasme), dan nyeri punggung.

– Pengertian Dismenore Primer
Definisi Dismenore primer (primary dysmenorrhea) adalah
kram menstruasi umum. Kram biasanya dimulai satu sampai dua tahun setelah seorang wanita mulai mendapatkan menstruasi (menarke). Nyeri biasanya dirasakan di perut bagian bawah atau punggung dan dapat berkisar dari ringan sampai parah. Kram menstruasi umum biasanya menjadi kurang menyakitkan dengan semakin dewasanya usia wanita, dan dapat berhenti sepenuhnya jika wanita memiliki bayi.

– Pengertian Dismenore Sekunder
Definisi Dismenore sekunder (secondary dysmenorrhea) adalah
rasa sakit yang disebabkan oleh gangguan pada organ reproduksi wanita. Sakit dari dismenore sekunder biasanya dimulai lebih awal dalam siklus menstruasi dan berlangsung lebih lama dari kram menstruasi umum (dismenore primer).

– Pengertian Dismotiliti Kolonik
Definisi Dismotiliti kolonik adalah
gangguan fungsi saraf atau otot pada kolon yang menyebabkan konstipasi kronis.

– Pengertian Dismutase Superoksida
Definisi Dismutase Superoksida (SOD) adalah
enzim yang memperbaiki sel-sel dan mengurangi kerusakan mereka yang disebabkan oleh superoksida, radikal bebas yang paling umum dalam tubuh.

– Pengertian Dismutasi
Definisi Dismutasi adalah
proses oksidasi sekaligus reduksi, terutama pada senyawa yang mengambil bagian dalam proses biologi.

– Pengertian Disomnia
Definisi Disomnia adalah
gangguan primer tidur atau terjaga yang ditandai dengan insomnia atau hipersomnia sebagai gejala yang utama. Disomnia adalah gangguan jumlah, kualitas, atau waktu tidur.

– Pengertian Dispareunia
Definisi Dispareunia adalah
nyeri di vag1na atau pinggul yang dialami selama hubungan seksual. Dispareunia lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria, tetapi dapat menjadi penghambat aktivitas seksual genital pada kedua jenis kelamin..Pada wanita, dispareunia dapat disebabkan oleh vaginismus atau trauma urogenital lokal atau kondisi peradangan seperti robekan hymen, laserasi labial, uretritis, atau kondisi peradangan pada kelenjar labial atau vag1na (vaginitis). Kadang-kadang, reaksi alergi terhadap spermisida atau kondom juga dapat mengganggu hubungan seksual. Pada wanita, penyebab dispareunia biasanya fisik dan berhubungan dengan infeksi pada kelenjar prostat (prostatitis), saluran kencing (sistitis), atau testis. Ereksi menyakitkan mungkin akibat penyakit Peyronie, yang ditandai oleh perubahan fibrotik pada batang penis yang mencegah tercapainya ereksi normal.

– Pengertian Dispepsia
Definisi Dispepsia mengacu
pada suatu kondisi di mana terdapat keluhan pada perut bagian atas seperti kembung, cepat kenyang (sebah), mual, atau bersendawa. Gejalanya seringkali dipicu oleh makan…Dispepsia adalah penyakit fungsional, seperti halnya sindrom iritasi usus (IBS). Penyakit fungsional adalah penyakit di mana tidak ada kelainan anatomis yang dapat dilihat, misalnya dengan pemeriksaan sinar-x atau histologis di bawah mikroskop. Gangguan ini diyakini karena adanya perubahan fungsi, terutama pada otot-otot dan saraf di saluran pencernaan.

– Pengertian Displasia
Definisi Displasia (kata sifat:displastik) adalah
pertumbuhan sel atau jaringan abnormal.

– Pengertian Displasia Bronkopulmonari
Definisi Displasia Bronkopulmonari (BPD) adalah
perkembangan abnormal dari paru-paru yang dihasilkan dari toksisitas oksigen pada bayi prematur yang menerima bantuan pernapasan berkepanjangan untuk penyakita membran hialin. Juga disebut Penyakit Paru Kronis (CLD).

– Pengertian Displasia Fibrosa
Definisi Displasia fibrosa (fibrous dysplasia) adalah
kondisi kronis pada kerangka di mana sebagian dari tulang berkembang tidak normal. Kondisi ini dimulai sebelum kelahiran dan disebabkan oleh mutasi gen yang mempengaruhi sel-sel yang memproduksi tulang. Meskipun bentuk tulang abnormal sebelum lahir, kehadirannya sering tidak ditemukan sampai masa kanak-kanak, remaja, atau bahkan dewasa.

– Pengertian Displasia Panggul
Definisi Displasia panggul (hip dysplasia) adalah
kondisi kongenital di mana sendi panggul yang lemah menyebabkan pinggul keluar dari tempatnya. Kondisi ini kadang-kadang disebut sebagai “dislokasi pinggul.”

– Pengertian Displasia Ventrikel Kanan Aritmogenik
Definisi Displasia ventrikel kanan aritmogenik (arrhythmogenic right ventricular dysplasia/ AVRD) adalah
jenis kardiomiopati yang tidak diketahui penyebabnya. Kondisi ini tampaknya terkait gen yang diwariskan dalam keluarga. ARVD menyebabkan aritmia ventrikel kanan. Gejala yang paling umum adalah jantung berdebar-debar, pingsan atau kehilangan kesadaran (sinkop), dan, kadang-kadang, kematian mendadak.

To top