Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Disfungsi – Disleksia)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Disfungsi – Disleksia) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Dikhotik – Disfonia Spasmodik). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Disfungsi - Disleksia)

– Pengertian Disfungsi
Definisi Disfungsi adalah
kekurangan atau kehilangan fungsi normal.

– Pengertian Disfungsi Eliminasi
Definisi Disfungsi eliminasi adalah
gangguan dalam menahan atau melepaskan air seni atau tinja.

– Pengertian Disfungsi Ereksi
Definisi Disfungsi ereksi (DE) adalah
ketidakmampuan yang konsisten untuk mencapai atau
mempertahankan ereksi yang cukup untuk memungkinkan hubungan seksual yang memuaskan. Kata “konsisten” termasuk dalam definisi tersebut karena kebanyakan pria mengalami episode DE yang bersifat sementara dan biasanya berhubungan dengan kelelahan, depresi, kemarahan, stres atau emosi lainnya. Istilah impotensi yang sebelumnya digunakan kini telah hampir ditinggalkan karena stigma yang melekat berupa kelemahan dan kekurangan daya…Pria yang berbeda mengalami pola DE yang berbeda. Sebagian pria melaporkan ketidakmampuan ereksi sejak awal kontak seksual, sementara yang lain tidak dapat mempertahankan ereksi untuk penetrasi. Pria lain mungkin kehilangan ereksi selama hubungan seksual, dan lainnya hanya dapat mengalami ereksi ketika bangun tidur atau saat masturbasi. Disfungsi ereksi dapat terjadi sebagai bagian dari gangguan mental atau merupakan gejala dari gangguan lain, seperti disfungsi seksual karena kondisi medis umum atau disfungsi seksual yang dipengaruhi obat.

– Pengertian Disfungsi Kognitif
Definisi Disfungsi kognitif adalah
penurunan fungsi mental dan kemampuan untuk melaksanakan tugas-tugas yang memerlukan pemikiran, perencanaan, dan memori.

– Pengertian Disfungsi Ovulasi
Definisi Disfungsi ovulasi adalah
sebuah kategori diagnostik yang digunakan saat ovarium seorang wanita tidak memproduksi telur normal. Kondisi ini termasuk sindrom ovarium polikistik.

– Pengertian Disfungsi Seksual
Definisi Disfungsi seksual adalah
masalah dalam aktivitas seksual yang terkait dengan keinginan, gairah atau 0rgasme. Pada pria, biasanya berarti memiliki masalah dengan ereksi (disfungsi ereksi).

– Pengertian Disinfektan
Definisi Disinfektan adalah
zat yang diterapkan pada benda mati untuk menghancurkan mikroorganisme patogen seperti virus, bakteri, jamur (fungus), atau protozoa.

– Pengertian Diskektomi
Diskektomi (diskectomy) adalah
sebuah prosedur bedah dekompresi di mana diskus intervertebralis dihapus.

– Pengertian Diskinesia
Definisi Diskinesia adalah
gangguan pengendalian gerakan sukarela. Distonia, atetosis, dan korea adalah bentuk-bentuk diskinesia.

– Pengertian Diskografi
Definisi Diskografi (diskography) adalah
sebuah prosedur di mana bahan radiopak disuntikkan ke diskus intervertebralis lumbal atau servikal untuk menandai diskus. Prosedur ini digunakan bersama dengan CT Scan untuk membantu mengidentifikasi sumber nyeri punggung. Rasa sakit yang dihasilkan oleh suntikan berkorelasi dengan gejala pasien.

– Pengertian Diskogram
Definisi Diskogram adalah
jenis sinar-x diagnostik yang memeriksa diskus intervertebralis dengan memasukkan zat kontras ke dalam ruang diskus.

– Pengertian Diskus
Definisi Diskus adalah
kependekan dari diskus intervertebralis, potongan tisu khusus berbentuk cakram yang memisahkan ruas-ruas tulang belakang.

– Pengertian Diskus Intervertebralis
Definisi Diskus intervertebralis adalah
cakram yang membentuk sendi tulang rawan di antara vertebra, memberikan peredam kejut yang sangat efisien. Diskus intervertebralis terdiri dari anulus fibrosus, nukleus pulposus dan tulang rawan di ujung lempengnya. Struktur ini sering rusak dan menjadi penyebab paling umum gangguan tulang punggung bawah.

– Pengertian Diskus Optikus
Definisi Diskus optikus (papilla n. opticus) adalah
bagian dari nervus optikus di mana sel-sel ganglion mata keluar untuk membentuk saraf optik. Bagian ini tidak memiliki sel-sel batang atau kerucut yang peka cahaya sehingga membentuk bidang visual yang disebut “blind spot” atau “blind spot fisiologis”. Diskus optikus merupakan awal dari saraf optik dan juga titik masuk pembuluh darah utama yang menyuplai retina.

– Pengertian Disleksia
Definisi Disleksia adalah
ketidakmampuan atau kesulitan dalam membaca, termasuk buta kata dan kecenderungan untuk membalikkan huruf dan kata dalam membaca dan menulis.

To top