Kesehatan

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Dikhotik – Disfonia Spasmodik)

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Dikhotik – Disfonia Spasmodik) – Pengertian Kesehatan adalah kondisi dimana seseorang jiwa dan raganya dalam keadaan yang stabil sehingga memungkinkan untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan definisi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari yang berarti sesuatu yang dapat bekerja secara normal. Berkaitan dengan itu kita sering mendengar istilah kesehatan jasmani yang artinya dimana koordinasi organ-organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal. Adapun arti kesehatan lainnya, yaitu kesehatan rohani adalah merupakan kesehatan jiwa manusia atau bisa dikatakan sebagai makhluk hidup yang memiliki jiwa dan pikiran.

Disini saya membuat daftar pengertian kesehatan yang dimana banyak definisi atau istilah-istilah kesehatan yang kita kurang dipahami artinya. Untuk referensi arti kesehatan lainnya, bisa anda baca artikel Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Diastasis – Dihidrotestosteron). Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami arti dari istilah dunia medis.

Pengertian, Definisi Dan Arti Istilah Kesehatan (Dikhotik - Disfonia Spasmodik)

– Pengertian Dikhotik
Definisi Dikhotik (dichotic) adalah
rangsangan yang diberikan secara bersamaan pada kedua telinga, masing-masing telinga menerima rangsangan yang berbeda.

– Pengertian Dilaserasi
Definisi Dilaserasi (dilaceration) adalah
gigi abnormal yang memiliki mahkota dan akar memelintir.

– Pengertian Dilatasi
Definisi Dilatasi adalah
pelebaran atau peregangan struktur tubular. Contoh dilatasi adalah pembukaan serviks dalam proses melahirkan (parturisi) atau dilatasi pembuluh darah oleh obat-obatan yang bekerja untuk menurunkan tekanan darah.

– Pengertian D1ldo
Definisi D1ldo adalah
sebuah benda yang terbuat dari plastik atau karet, berbentuk seperti penis, berfungsi sebagai pengganti penetrasi.

– Pengertian Dimer
Definisi Dimer adalah
sebuah kompleks dua molekul, biasanya protein. Heterodimer adalah kompleks dari dua molekul yang berbeda, sementara homodimer adalah kompleks dari dua molekul yang sama.

– Pengertian Diopter
Definisi Diopter (D) adalah
satuan ukuran kekuatan bias lensa atau mata (sama dengan kekuatan lensa dengan jarak fokus satu meter). Satu diopter adalah kebalikan (resiprokal) dari panjang fokus lensa atau sistem optik mata dalam meter. Lensa 1,00 D memfokuskan cahaya dari sumber yang tak terbatas, 1 ÷ 1,00 D = 1 meter dari lensa (dan memperbaiki mata hiperopia 1D), lensa 2,00 D memfokuskan cahaya yang tak terbatas 1 ÷ 2,00 D = ½ meter (dan memperbaiki mata hiperopia 2D), dll..Sebuah nilai diopter negatif (seperti-3D) menandakan mata miopia dan nilai diopter positif (seperti +3D) menandakan mata hiperopia.

– Pengertian Diotik
Definisi Diotik (diotic) adalah
rangsangan yang diberikan secara bersamaan pada kedua telinga, di mana kedua telinga menerima rangsangan yang sama atau hampir sama. Kontras dengan dikhotik.

– Pengertian Diplopia
Definisi Diplopia adalah
suatu kondisi di mana satu objek dianggap sebagai dua, juga disebut sebagai penglihatan ganda.

– Pengertian Disartria
Definisi Disartria (dysarthria) adalah
berbicara mendengung karena ketidakmampuan untuk mengontrol artikulasi.

– Pengertian Diseksi Aorta
Definisi Diseksi aorta adalah
pecahnya pembuluh darah aorta. Pada tahap awal diseksi aorta, lapisan dalam aorta mengembangkan robekan yang memungkinkan darah untuk keluar dan berkumpul di dinding luar aorta. Jika tidak ditangani dengan cepat, dinding luar dapat pecah, mengakibatkan kehilangan darah yang cepat. Kurangnya intervensi medis segera juga dapat menyebabkan robekan menyebar dan menutupi arteri koroner, yang menyebabkan infark miokard..Para lansia memiliki risiko lebih besar untuk diseksi aorta, terutama jika mereka memiliki riwayat hipertensi, tetapi orang muda juga dapat mengembangkan kondisi ini jika mereka memiliki cacat bawaan tertentu. Salah satu cacat bawaan tersebut adalah sindrom Marfan, yang menyebabkan kelemahan dinding aorta yang memudahkan diseksi aorta. Diseksi aorta adalah kedaruratan medis dan biasanya memerlukan pembedahan.

– Pengertian Diseksi Leher
Definisi Diseksi leher adalah
pembedahan untuk mengangkat kelenjar getah bening dan jaringan lain di leher.

– Pengertian Diseksi Nodul Getah Bening Laparoskopik
Definisi Diseksi nodul getah bening laparoskopik adalah
operasi kelenjar getah bening panggul untuk mengambil sampel melalui tiga sayatan kecil yang dibuat di perut, seperti prosedur yang digunakan untuk menghapus kantong empedu.

– Pengertian Disentri Amoeba
Definisi Disentri amoeba (amoebiasis) adalah
infeksi usus yang disebabkan oleh bakteri Entamoeba histolytica yang dapat menyebabkan diare parah. Serangan amoeba merusak dinding usus besar, menyebabkan pendarahan ulserasi. Gejala-gejala lainnya adalah: Kram perut (kolik), BAB menyakitkan (tenesmus), Tinja berdarah dan berlendir yang sering berbau busuk, Ada banyak spesies amoeba yang berbeda, tapi yang paling berbahaya adalah Entamoeba histolytica. Spesies ini dapat bersembunyi melalui dinding usus dan menyebar melalui aliran darah untuk menginfeksi organ lain, seperti hati, paru-paru dan otak. Entamoeba histolytica bisa eksis pada makanan dan minuman yang terkontaminasi dalam dua bentuk, sebagai amoeba bebas (dikenal sebagai tropozoit) dan sebagai kista yaitu kelompok amoeba yang dikelilingi oleh dinding pelindung, yang dikeluarkan dalam tinja manusia atau hewan. Dalam jangka panjang, amoeba dapat membentuk kista besar dalam hati dan organ lainnya, yang terkadang hanya dapat ditemukan pada pemeriksaan oleh dokter untuk kondisi lain, misalnya penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan.

– Pengertian Disfagia
Definisi Disfagia adalah
kesulitan dalam menelan.

– Pengertian Disfonia
Definisi Disfonia adalah
istilah medis untuk gangguan produksi suara. Orang yang menderita disfonia dapat mengeluarkan suara serak atau tidak ada suara sama sekali. Ada banyak penyebab disfonia, baik karena keganasan atau non-keganasan (non- kanker).

– Pengertian Disfonia Spasmodik
Definisi Disfonia spasmodik adalah
gangguan sesaat suara yang disebabkan oleh gerakan tak terkendali dari satu atau lebih otot-otot laring atau kotak suara.

To top